AS Akui Dokter Pakistan Bantu Tangkap Osama

0
21

Washington – Menteri Pertahanan Amerika Serikat Leon Panetta mengakui secara terbuka bahwa seorang dokter Pakistan memberikan informasi intelijen kepada pasukan AS dalam operasi penangkapan Osama bin Laden tahun lalu.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi Amerika CBS yang akan disiarkan hari minggu (29/1), Leon Panetta mengatakan seorang dokter Pakistan, Shikal Afridi, memberikan informasi intelijen bagi penangkapan bin Laden.

Peran sang dokter antara lain adalah mengumpulkan data DNA untuk mencari kepastian tentang keberadaan pemimpin jaringan al Qaida, Osama bin Laden.

Dokter Afridi disebutkan tinggal di Abbottabad, kota persembunyian Osama bin Laden. Osama tewas dalam operasi penyerbuan pasukan Amerika di rumah persembunyiannya pada 2 Mei 2011.

Menteri Pertahanan Leon Panetta mengatakan dokter Afridi memberikan informasi “sangat berguna” untuk keperluan penangkapan Osama.

Pengkhianatan

Informan Amerika itu ditangkap pihak berwenang Pakistan tidak lama setelah operasi Amerika di Abbottabad berakhir.

Dr Shikal Afridi dituduh menjalankan program Badan Intelijen Amerika Serikat (CIA) di Abbottabad. Afridi menjalankan program vaksinasi untuk mengumpulkan DNA dan memastikan keberadaan Osama bin Laden

Pihak berwenang Pakistan mengatakan dia harus disidangkan dalam kasus pengkhianatan.

Menurut Panetta, penangkapan itu “benar-benar keliru”. Dia juga menyatakan keprihatian atas penangkapan dokter Shikal Afridi.

“Dia adalah individu yang sebenarnya memberikan informasi intelijen yang sangat berguna bagi operasi ini dan dia tidak berkhianat kepada Pakistan,” kata Panetta.

Panetta menegaskan Pakistan dan Amerika sama-sama berkepentingan memerangi terorisme.

Washington sebelumnya menyerukan kepada Pakistan untuk membebaskan dokter Afridi dan mengizinkannya pindah ke Amerika. [bbc]