Calon Gubernur Tak Hadiri Rapat Teknis Uji Al Quran

0
16

Banda Aceh – Tiga bakal calon gubernur (cagub) Aceh tidak menghadiri rapat teknis uji baca Al Quran di Sekretariat Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Kamis (20/10).

“Ketidakhadiran mereka sebenarnya tidak berpengaruh terhadap pencalonan. Tapi, rapat ini penting agar mereka paham tata cara uji baca Al Quran,” kata Ketua Tim Fasilitasi Uji Baca Al Quran KIP Aceh Tgk Akmal Abzal.

Ketiga bakal calon gubernur yang tidak hadir tersebut, yakni Irwandi Yusuf, Tgk Ahmad Tajuddin, dan Muhammad Nazar. Dalam rapat tersebut mereka diwakili utusannya.

Sedangkan pasangan ketiga bakal calon wakil gubernur hadir dalam rapat tersebut, yakni Muhyan Yunan yang berpasangan dengan Irwandi Yusuf. Teuku Suriansyah, pasangan Tgk Ahmad Tajuddin, dan Nova Iriansyah, pasangan Muhammad Nazar.

Menurut dia, rapat teknis ini menjelaskan kapan pelaksanaan dan tempat uji baca Al Quran. Kemudian, apa saja yang dinilai, serta waktu yang diberikan kepada masing-masing bakal calon.

Ia mengatakan, uji baca Al Quran tersebut dijadwalkan berlangsung di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, pada 26 Oktober 2011. Uji baca Al Quran tersebut disiarkan langsung melalui radio dan televisi.

Sedangkan dewan juri, katanya, terdiri dari unsur Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ).

Tgk Akmal Abzal menyebutkan, tata cara pengujian dibagi tiga kategori, pertama bakal calon wajib membaca tiga ayat yang terkandung dalam juz satu hingga 15.

“Kategori kedua, bakal calon diharuskan membacakan tiga ayat yang terkandung dalam juz 16 hingga 30. Dan terakhir setiap bakal wajib membacakan satu surat juz Amma. Waktu diberikan selama 15 menit,” katanya.

Aspek yang diuji, sebut dia, yakni tajwid atau cara membaca Al Quran dengan lafal atau ucapan yang benar. Kemudian, kefasihan dalam membaca dan serta adab atau kehalusan dalam melafazkan Al Quran.

“Selain itu, dalam rapat teknis tersebut juga dilaksanakan pencabutan nomor urut yang akan tampil pertama dalam uji baca Al Quran,” kata kata Tgk Akmal Abzal.

Adapun urutan tampil dalam uji baca Al Quran tersebut, yakni pertama Teuku Suriansyah, kedua Irwandi Yusuf, diikuti Muhyan Yunan, Muhammad Nazar, Nova Iriansyah dan terakhir Tgk Ahmad Tajuddin. [Antara]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here