Ini Dia Empat Pasangan Calon Gubernur Aceh

0
20

Banda Aceh – Seperti sudah dijadwalkan, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh akhirnya menetapkan empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur konstestan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 16 Februari 2012.
Keempat pasangan tersebut, yakni Irwandi Yusuf dan Muhyan Yunan, Tgk Ahmad Tajuddin dan T Surianyah, Muhammad Nazar dan Nova Iriansyah, serta Darni M Daud dan Ahmad Fauzi.Ketua Kelompok Kerja Pencalonan KIP Aceh Nurjani Abdullah, Jumat (30/12) mengatakan, keempat pasangan yang memenuhi syarat tersebut tiga di antaranya mencalonkan diri lewat jalur perseorangan, sedangkan pasangan Muhammad Nazar dan Nova Iriansyah dicalonkan Partai Demokrat dan PPP.

Nurjani menyebutkan, pasangan Irwandi Yusuf dan Muhyan Yunan menyertakan syarat dukungan berupa fotokopi KTP sebanyak 176.767 lembar.Dari jumlah tersebut, yang dinyatakan sah 152.803 dukungan. Jumlah ini melebihi syarat minimal, yakni 148 ribu atau tiga persen 4,9 juta penduduk Aceh, katanya.

Sedangkan pasangan Ahmad Tajuddin dan T Surianyah, menyerahkan syarat dukungan sebanyak 207.132. Yang dinyatakan berdasarkan verifikasi faktual sebanyak 162.844.

Pasangan Darni M Daud dan Ahmad Fauzi menyerahkan syarat dukungan mencapai 332.147 lembar dan yang dinyatakan sah sebanyak 186.742 dukungan.

Sementara, pasangan Muhammad Nazar dan Nova Iriansyah dari partai politik, menyampaikan syarat dukungan berupa jumlah kursi di DPRA. Jumlah yang disampaikan sebanyak 14 kursi.

“Jumlah dukungan pasangan ini melebih syarat minimal, yakni 11 kursi DPRA atau 15 persen 69 kursi di lembaga legislatif tersebut,” ungkap Nurjani Abdullah.

Setelah penetapan calon, kata dia, KIP Aceh akan melakukan penarikan nomor urut pasangan calon. Penarikan nomor urut dilakukan dalam rapat pleno terbuka pada 2 Januari 2012.

“Kami mengajak semua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh dapat menghadirinya di Hotel Hermes di Banda Aceh. Penarikan nomor urut ini merupakan momen penting dalam tahapan pilkada Aceh,” ujar Nurjani Abdullah.

Irwandi Yusuf saat ini menjabat Gubernur Aceh dan pasangan Muhyan Yunan merupakan mantan Kepala Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Aceh.

Tgk Ahmad Tajuddin berasal dari kalangan pesantren dan pasangannya, Teuku Suriansyah pernah menjabat sebagai anggota DPR RI periode 1987-1992, 1992-1997, dan 1997-1999 dari Golongan Karya.

Calon Gubernur Aceh Muhammad Nazar merupakan Wakil Gubernur Aceh periode 2007-2012 dan pasangannya, calon wakil gubernur, Nova Iriansyah tercatat sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014.

Sedangkan calon gubernur Darni M Daud merupakan Rektor Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Sementara, pasangannya Ahmad Fauzi merupakan dosen IAIN Ar Raniry, Banda Aceh. [red/Ant]