Korut Umumkan Kim Jong-Un Sebagai Komandan Militer

0
17

Seoul – Korea Utara Sabtu mengatakan Kim Jong-Un, putra mendiang pemimpin Kim Jong-Il, telah diangkat sebagai “komandan tertinggi” militer negara tertutup yang memiliki jutaan tentara itu, kata media pemerintah Sabtu.

Kim Jong Un

Kim Jong-Un sudah dinyatakan “pemimpin tertinggi” negara selama upacara peringatan untuk ayahnya pada Kamis, pada saat berakhirnya hari berkabung ke-13 untuk Kim Jong-Il.

“Yang terhormat Kim Jong-Un … diangkat sebagai komandan tertinggi Tentara Rakyat Korea atas perintah pemimpin Kim Jong-Il pada 8 Oktober,” menurut pernyataan kantor berita KCNA Sabtu pagi.

Laporan-laporan setelah kematian ayahnya menyarankan Kim muda untuk mengendalikan angkatan bersenjata, namun pernyataan Sabtu adalah konfirmasi resmi pertama peningkatan peran.

Dengan dunia mengamati suksesi untuk setiap tanda-tanda perubahan, Korea Utara Jumat menyampaikan peringatan bahwa itu tidak akan mengubah arah di bawah Kim Jong-Un.

Kim, yang berusia di akhir 20-an, mewarisi tentara berkekuatan 1,2 juta – yang keempat terbesar di dunia – dan suatu kebijakan nasional, yang dikenal sebagai Songun, yang mengutamakan kesejahteraan angkatan bersenjata atas warga sipil.

Selama peringatan kepala negara Kamis, Kim Yong-Nam mengatakan kepada massa yang besar di ibu kota Pyongyang bahwa Korea Utara di bawah Kim Jong-Un akan “berbaris tegas sepanjang jalan Songun yang diajarkan oleh pemimpin besar Kim Jong-Il”. [Antara]