Peneliti Kakao AS ke Unimal

0
60

Banda Aceh-Ketua Peneliti Kakao dunia, Prof DR. Dapeng Zhang dari Lembaga SPCL (Sustainable Perenial Crop Laboratory) dan USDA (Unitet state Development Agriculture) Amerika Serikat, kunjungi Kampus Universitas Malikussaleh, Senin (12/3).

Sebelum kehadiran peneliti senior kakao dunia ini, pihak Unimal dengan Swisscontact tanggal 24 Nopember 2011 telah menanda tangani piagam kerjasama dan Nota kesepahaman untuk kegiatan penelitian, guna menghasilkan klon unggul Kakao Aceh.

“Beberapa hasil awal yang sudah dilakukan dalam kerjasama ini meliputi identifikasi klon kakao unggul Aceh  dan analisis molokuler di USDA Amerika Serikat, sehingga perlu penelitian lanjutan untuk menguji ketahanan klon tersebut terhadap penyakit serta adaptasi lingkungan,” ujar Peneliti Kakao Aceh, Lukman melalui releasnya.

Klon kakao yang terpilih dengan ciri produksi tinggi, kualitas bagus dan tahan terhadap hama dan penyakit perlu dipelihara dalam kebun klon kakao yang sedang dipersiapkan di FP Unimal.

Kerja sama tersebut, tidak berhenti pada peningkatan SDM dosen saja, termasuk juga fasilitasi 5 mahasiswa FP Unimal oleh Swisscontact untuk mengikuti ToT (Training of Trainerr) kegiatan Agribisnis Kakao.

Kegiatan tersebut mulai dari penyediaan sarana produksi, budidaya, pengolahan pascapanen sampai pada pemasaran.

“Kami berharap kedepan kebun klon kakao unggul Aceh yang dinakhodai oleh Lukman, SP, M.Si dan Team Mahasiswa Pencinta Kebun Kakao yang dibinanya akan dapat berkontribusi positif untuk penyediaan bibit unggul dalam pengembangan Kakao sebagai komoditi unggulan Aceh disektor pertanian dimasa yang datang,” jelas Pembantu Dekan Bidang Akademik Unimal, Setia Budi SP, M.Si dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, kunjungan Dapeng Zhang selama 2 hari, selain kunjungan ke kebun pusat penelitian Kakao Aceh FP Unimal juga memberikan Kuliah umum yang dibuka langsung oleh Rektor Unimal.[rel]