Tak Hanya di UN, Jawaban Soal di Alam Kubur juga Bocor

1
97

ACEHPUNGO.COM – Rupanya tak hanya soal Ujian Nasional saja yang bocor. Soal dan kunci jawaban di alam kubur juga sudah duluan bocor. Demikian kelakar seorang guru blogger Indonesia, Wijaya Kusumah alias Omjay dalam Seminar dan Workshop ‘Excite Indonesia Roadblog 10 Cities di Grand Lambhuk Hotel, Banda Aceh, Sabtu [26/3]

Orang yang berjasa membocorkan soal di alam kubur, kata Omjay, adalah para ustaz dan ustazah. Tak pelak, ulah para ustaz dan ustazah pun membuat para malaikat sewot. Bocoran itu membuat rahasia dari alam kubur itu tak lagi misteri karena sudah duluan dibocorkan.

Jika malaikat ingin menangkap sosok yang bertanggung jawab atas bocornya soal di alam kubur, kata Omjay, maka orang itu kini ada di majelis taklim atau di pesantren. “Mereka para ustaz itu yang membocorkan soal di alam kubur,” katanya.

Hal ini membuat para malaikat pun berembuk. Mereka tak boleh lagi menanyakan soal yang sama kepada ahli kubur karena semua sudah dibocorkan. Sia-sia saja menanyakan soal yang jawabannya sudah dibocorkan. Toh, mereka sudah tahu jawabannya.

“Ini bisa gawat, tak ada lagi yang masuk neraka,” kata seorang malaikat pada temannya. Soalnya para ahli kubur sudah tahu jawabannya. Seperti kita tahu, para ustad/teungku sering mengajarkan para murid-muridnya tentang pertanyaan yang akan ditanyakan malaikat di alam kubur, seperti siapa Tuhanmu, siapa Nabimu, Apa kitabmu, di mana kiblatmu, dan seterusnya. Para murid pun kemudian menghafal jawaban-jawaban yang diberikan oleh ustadz dan teungku mereka.

“Ya. Selama masih ada ustad dan ustazah pasti soal dari kita bisa dijawab,” sambung temannya.
“Nah, kita harus ganti soal, biar tak ada lagi yang bisa jawab,” saran malaikat yang pertama.

“Bagaimana kalau nanti dibocorkan lagi?” tanya seorang dari mereka.
“Tidak akan dibocorkan…ustaz dan ustazah yang sering bocorin soal dari kita sudah jadi politisi dan timses. Mereka tak sempat lagi membocorkannya.”
“Jadi, kita harus ganti dengan soal apa biar mereka tak tahu jawabannya?”
“Mudah saja, tanya saja apakah Apa Karya jadi maju dalam Pilkada Aceh 2017 nanti!” Semua mereka lalu terdiam. Pungo kali, kan?[]

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here