Tomas Tranströmer Menangkan Nobel Sastra

0
58

Stockholm – Penyair Swedia, Tomas Tranströmer, memenangkan hadiah Nobel 2011  dalam bidang sastra dalam pemilihan yang digelar Akademi Swedia, Kamis (6/10) waktu setempat. “Karya-karya Tranströmer, 80, sangat kental dengan gambaran yang menembusi realitas,” demikian pernyataan dari Akademi Swedia seperti dikutip Los Angeles Times, Kamis (6/10) waktu setempat.

Di sela-sela pekerjaannya sebagai psikolog, Tranströmer rajin menulis puisi. Setelah namanya diumumkan sebagai pemenang hadiah Nobel, Transtromer menjadi sangat terkenal di Swedia. Sekretaris tetap Akademi Swedia, Peter Englund, mengatakan puisi Transtromer telah diterbitkan dalam lebih dari 60 bahasa.

Di AS, baru-baru ini puisi Tranströmer telah diterbitkan oleh media independen. “Langit Half-Selesai” (Graywolf) adalah kumpulan puisi terpilih diterbitkan pada tahun 2001. Kumpulan puisi besarnya,”The Enigma Besar,” diterbitkan oleh New Directions pada tahun 2006. Sementara “Selected Poems” diterbitkan oleh Ecco, sebuah divisi dari HarperCollins, pada tahun 2000.

Penghargaan untuk Transtromer tersebut menjadi yang pertama setelah 40 tahun sejak seorang penulis Swedia memenangkan Hadiah Nobel bidang sastra.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here