Peran Website dalam Bisnis Online

986
mengapa domain penting untuk bisnis

Dalam postingan singkat ini, saya akan mengisahkan sebuah cerita tentang peran website dalam bisnis online. Saya tidak peduli jika ulasan ini dianggap klise, saking seringnya soal beginian diulang-ulang.

Saya punya seorang teman yang memulai bisnis usaha rental mobil. Ia, Ajir, melihat peluang bisnis ketika Pemerintah Aceh sedang giat-giatnya menggaet wisatawan. Semangat dan gairahnya begitu luar biasa, melihat bagaimana jasa rental mobil dan hotel tumbuh subur di Aceh. Tanda bahwa Aceh mulai berbenah dan bersolek tampak dari antusiasme masyarakat memunculkan wajah Aceh yang ramah kepada orang luar.

Pelbagai kelebihan dan pesona Aceh ditampilkan dengan cara yang cukup elegan. Slogan “Cahaya Aceh” atau The Light of Aceh dikemas sedemikian rupa untuk meninggalkan kesan menggoda. Promosi gegap gempita itu mampu membius orang-orang untuk datang ke Aceh, sebagai daerah tujuan wisata baru yang menjanjikan.

Ajir menyambut kesempatan itu dengan riang, dengan merintis usaha rental mobil. Ia memulainya dari nol dengan modal dan armada seadanya, hanya beberapa unit mobil.

Untuk mendapatkan pelanggan, ia memanfaatkan jasa media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Tak cuma itu, dia pun aktif mempromosikan bisnis rental mobilnya itu melalui group WhatsApp.

Tiap hari ia melakukan promosi bisnis barunya itu dengan membuat postingan di Facebook dan Instagram, serta menulis kicauan di Twitter dengan respons minim: hanya mendapatkan beberapa like dan komentar, serta hanya ada satu-dua yang melakukan retweet kicauannya itu. Kalian bisa bayangkan bagaimana berat dan lelahnya sang kawan mempromosikan usahanya.

Memang, media sosial sangat efektif sebagai medium promosi bisnis. Selain gratis, juga sangat mudah digunakan. Tapi jika engagement (keterlibatan audiens) rendah, hasilnya percuma saja. Belum lagi kalau tidak ada feedback sama sekali.

Dengan model promosi ‘amatiran’ begitu, dia memang bisa mendapatkan satu-dua pelanggan, untuk menggunakan jasa rental mobil miliknya. Namun, hasilnya tidak sebanding dengan kerja dan waktu yang dihabiskan. Belum lagi, para pengguna jasa rental mobil kebanyakan hanya teman dekat saja.

Keberadaan media sosial jelas cukup vital. Di era digital ini, banyak brand begitu gencar mempromosikan produk dan jasa dengan memanfaatkan media sosial. Pemilik brand bahkan memperkerjakan para influencer untuk meningkatkan awarenes perusahaan, serta memperluas jangkauan promosi bisnis.

Masalahnya, teman saya tidak memiliki kemewahan seperti itu, selain juga karena sumber daya yang terbatas. Ia pun memiliki jumlah pengikut di media sosial yang masih sedikit. Sementara bisnis online menuntut kepercayaan, dan kepercayaan itu tidak cukup diraih hanya melalui media sosial.

Itulah alasan mengapa brand besar rela menggelontorkan uang yang tidak sedikit untuk membangun sebuah website demi meraih kepercayaan dari publik. Membangun citra perusahaan dan meraih kepercayaan publik adalah dua hal yang tidak boleh ditawar di era digital.

Suatu hari, di sela-sela menyeruput kopi, saya menawarkan ide kepada Ajir untuk beli domain demi membangun sebuah website. Awalnya dia sempat ragu, karena menurutnya membangun website membutuhkan dana yang tidak sedikit. Lagi pula dia tidak punya cukup tenaga pengelola website nantinya.

Saya jelaskan padanya, bahwa membangun website itu tidaklah mahal, tidak sampai menghabiskan uang hingga puluhan juta. Dengan modal ratusan ribu, kita sudah bisa memiliki sebuah website sederhana, dengan fitur lengkap dan bisa berfungsi layaknya sebuah website profesional.

Ada banyak penyedia domain murah dengan pelayanan optimal yang bisa dimanfaatkan. Cukup dengan membayar biaya berlangganan Rp150.000,- per tahun maka kita sudah punya domain/website. Tidak cuma itu, kita masih bisa mendapatkan layanan dari penyedia hosting Indonesia dengan harga terjangkau.

Saya sampaikan padanya, dengan adanya website, dia tidak perlu lagi bersusah payah mempromosikan bisnis rental mobilnya di media sosial. “Website itu bisa memperkuat brand. Sekali publik sudah menaruh kepercayaan, mereka tidak akan berpaling lagi,” kata saya meyakinkannya.

Di bawah brand Shafira Rent Car, Ajir menggunakan domain https://sewamobilaceh.net untuk bisnis rental mobilnya. Tampilan website itu memang tampak sederhana, tapi sudah dioptimasi sedemikian rupa agar muncul di halaman pertama Google. Dia misalnya membidik beberapa kata kunci seperti “rental mobil aceh”, “sewa mobil aceh”, dan “jasa rental mobil di aceh”.

Domain yang dibeli itu tidak hanya menambah kepercayaan publik tapi juga meningkatkan citra bisnis miliknya. Ia bisa memposting banyak informasi penting di website alih-alih memposting di media sosial, seperti tipe mobil, harga rental hingga cara melakukan pemesanan.

Hanya dengan beberapa klik, pemesanan mobil rental langsung masuk ke layanan WhatsApp, dan ia bisa merespons-nya dengan segera. Kini pengguna jasa rental miliknya lebih banyak datang dari Google. Ia pun dapat menghemat waktu dan tenaga.

Itulah alasan mengapa peran website sangat penting untuk bisnis! Dan, dia mulai percaya. Soalnya, melalui website, bisnis rental mobil miliknya tumbuh pesan dan mulai dikenal. Pelanggannya tidak cuma berasal dari Aceh, karena orang luar Aceh pun mulai menggunakan layanan rental mobil milik dia. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here