5 Tren SEO 2021 yang Perlu Diketahui Para Blogger

0
1941
tren seo 2021

Jika ada satu hal yang kita tahu pasti dan konstan tentang SEO, itu adalah perubahan. Google melakukan hampir selusin pembaruan algoritma-nya pada tahun 2020. Dan, di tahun 2021, diperkirakan akan dolakukan beberapa pembaruan.

Apa artinya ini untuk SEO di tahun 2021? Ini memberi tahu kita bahwa Google akan terus menyempurnakan dan menyesuaikan algoritma untuk memasukkan teknologi baru dan menyesuaikan dengan perilaku pengguna. Inilah mengapa ia terus mendominasi industri pencarian dan saat ini menguasai 92 persen pangsa pasar.

Seiring algoritma Google tumbuh dan berkembang, begitu pula patennya. Google memiliki lebih dari 50.000 paten, dengan banyak di antaranya akan melindungi algoritma-nya yang berharga. Dalam paten ini, kita bisa melihat dengan jelas apa yang ingin dicapai oleh Big G. Pun begitu, masih banyak dari kita yang tidak membaca salah satu paten algoritma Google, apalagi semuanya.

Sebagai orang yang menaruh minat pada search engine optimization (SEO), saya selalu tertarik untuk mengetahui apa saja tren SEO yang akan terjadi. Di bawah ini, ada lima tren SEO yang perlu kita tahu dan kuasai untuk tetap merajai mesin pencari di tahun 2021.

1. UX Menjadi Faktor Peringkat Teratas

UX adalah kependekan dari pengalaman pengguna (user experience). Ini berkaitan dengan SEO, tentang bagaimana pelanggan atau pengguna menjelajahi situs web Anda. UX akan menjadi faktor peringkat yang sangat kuat di tahun 2021 dan seterusnya.

Google dapat mengukur UX, dan jika situs Anda tidak memilikinya, maka menurut Google, Anda tidak pantas mendapatkan tempat teratas–dan itu benar.

Pikirkan tentang itu.

Misalnya, pengguna Pulan menavigasi ke Google, mengetik kueri dan mengklik ke situs web A. Setelah beberapa detik, Pulan menekan tombol “kembali” dan kembali ke Google. Setelah kembali ke Google, Pulan mengklik ke situs B, di mana dia tetap di sana dan tidak pernah kembali ke Google.

Situs web B adalah hasil yang lebih baik bagi pengguna yang dilihat Pulan dan Google. Tindakan ini dikenal dengan istilah pogo sticking (pelekatan pogo). Pelekatan Pogo adalah ketika pengguna mengunjungi beberapa situs sampai mereka menemukan hasil yang sesuai dengan keinginan mereka. Penempelan pogo adalah sinyal yang sangat kuat bagi Google bahwa pengguna tidak senang dengan hasilnya.

Dan coba tebak? Jika pengguna tidak senang, Google juga tidak senang. Ketika berbicara tentang SEO pada tahun 2021, hal terakhir yang Anda inginkan adalah Google tidak senang dengan situs Anda.

Berikut beberapa cara cepat yang dapat meningkatkan pengoptimalan UX situs Anda:

• Buat situs Anda memuat dengan cepat, lalu percepat. Masalah ini menjadi alasan utama seseorang mengklik kembali ke Google.

• Pastikan situs Anda ramah seluler. Jika situs Anda tidak ditampilkan dengan benar untuk pengguna seluler, mereka akan terpental dan kembali ke Google.

• Uji tautan dan tombol untuk memastikannya berfungsi. Jangan biarkan ada link yang mati.

• Memanfaatkan analitik dan peta untuk mendalami perilaku pengguna Anda. Lihat apa yang mereka lakukan di situs Anda dan mengapa mereka keluar.

2. Backlink Masih Dibutuhkan

Ini mungkin sudah jelas, tetapi masih perlu ada di buku pedoman Anda untuk SEO pada tahun 2021. Dengan semua hal yang sama, mengevaluasi tautan balik adalah satu-satunya cara bagi Google untuk membedakan antara dua situs.

Menurut sebuah penelitian, backlink adalah faktor kontribusi nomor 1 untuk peringkat tinggi. Saya yakin backlink akan terus menjadi faktor peringkat utama di tahun 2021 dan tahun-tahun mendatang.

Berikut adalah dua taktik yang dapat Anda gunakan ketika membangun backlink di tahun 2021.

• Jelajahi backlink pesaing. Memanfaatkan alat seperti Ahrefs.com, Anda dapat melihat siapa yang menautkan ke pesaing Anda dan bukan Anda. Ekspor daftar itu, dan jangkau situs-situs itu untuk mencoba mendapatkan tautan dari mereka.

• Bangun hubungan. Cara terbaik untuk menghasilkan dan membangun backlink yang luar biasa dan otoritas tinggi adalah membina hubungan baik dengan pemilik situs lain. Mulailah sekarang, dan seiring waktu Anda dapat membangun infrastruktur hubungan Anda dengan pemilik situs yang akan bersedia mengirimi Anda backlink berkualitas kapan saja.

Dapatkan beberapa backlink untuk mendominasi di 2021.

3. EAT Terus Berkembang

EAT adalah singkatan dari expertise, authoritativeness and trustworthiness (keahlian, otoritas, dan kepercayaan). Google ingin memastikan bahwa sebuah informasi akurat ditulis oleh para ahli kepada penggunanya, dan EAT adalah jawabannya.

Jika ada yang bisa mulai menggerogoti pentingnya backlink, itu adalah EAT. Salah satu cara mudah untuk mengoptimalkan EAT adalah menemukan penulis kredibel yang memiliki keahlian dalam topik yang akan dibahas situs Anda. Minta mereka menulis konten yang diteliti dengan baik dan mendalam. Sangat mudah.

4. Mobile Search Melambung Lagi

Google beralih ke pengindeksan yang memprioritaskan seluler untuk semua situs web pada bulan September 2020, dan sedikit lebih awal, diperjelas bahwa seluler sekarang adalah raja – dan raja yang tidak akan dicopot dalam waktu dekat.

Seluler terus tumbuh pada tahun 2020 dengan pangsa pasar 55% di seluruh dunia dan akan berlanjut pada tingkat yang lebih tinggi pada tahun 2021.

Seluler tampaknya terjebak dalam dua tren SEO untuk tahun 2021 dan memang demikian. Keduanya sangat penting untuk SEO 2021.

5. Voice Search Terus Bergerak

Ini terdengar seperti hubungan cinta-benci. Saya ngeri saat mendengar yang ditakuti, “Hai Google, bla bla bla,” dari orang-orang di sekitar saya. Namun kenyataannya, semakin banyak orang yang menggunakan penelusuran suara (voice search) setiap hari. Terkadang lebih mudah. Tambahkan perangkat rumah pintar seperti Amazon’s Alexa yang menjadi lebih populer, dan penelusuran suara semakin meningkat.

Kabar baiknya adalah tidak ada bedanya dengan pencarian biasa dalam hal pengoptimalan SEO. Anda benar-benar tidak perlu melakukan apa pun yang berbeda dengan kata kunci, UX, tautan balik, dll.

Itulah lima tren SEO di tahun 2021 yang akanmemberi Anda keunggulan dalam mendominasi hasil pencarian. []

FORBES

Berita sebelumyaTanya Veronika Asisten Virtual dari Telkomsel yang Siap Menjawab Anda
Harlan
Lelaki yang suka berpindah dari satu warung kopi ke warung kopi lain. Dulunya, pernah terlintas cita-cita menjadi preman terminal. Takdir menuntunnya menekuni profesi lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here