Dapatkan Reward dari Steempress Plugin for WordPress

1
116
Steempress Plugin for Wordpress

Kabar gembira untuk blogger cum steemian yang menggunakan platform wordpress self-hosting. Kehadiran Steempress Plugin for WordPress memberi peluang kepada blogger cum steemian untuk memperoleh reward dari konten yang dipublikasikan melalui plugin steempress.

Steempress (@steempress-io) mengumumkan bahwa mereka baru saja menerima delegasi 1.000.000 steem power, yang digunakan untuk mengkurasi konten yang dipublikasikan ke blockchain steem menggunakan Steempress Plugin for WordPress. Plugin yang dibangun oleh @howo dan @fredrikaa ini memang masih tergolong baru, dan hingga posting ini ditulis pembaharuannya sudah mencapai versi 1.2.1. Sejauh ini baru ada 600 blogger yang menggunakan plugin ini.

Bagi blogger yang selama ini mengeluh bahwa blog-nya (self domain & hosting) terbengkalai sejak aktif menulis di steemit, maka steempress adalah solusi agar blog tersebut tetap terupdate seperti biasa. Steempress memungkinkan para blogger memposting tulisannya melalui blog WordPress dan secara otomatif dikonversi dan diposting ke blockchain Steem. Ini seperti perumpamaan, sekali mendayung satu-dua pulau terlampaui. Tulisannya muncul di blog WordPress dan juga di Steemit.

Untuk Anda yang pertama kali mendengar Steempress Plugin for WordPress, bisa langsung mempelajari plugin ini di halaman deskripsi yang terdapat di WordPress. Di situ tertulis:

>SteemPress is a wordpress plugin to allow you to automatically publish your articles on the STEEM blockchain whenever you publish them on your blog.

Berdasarkan pengalamanku menggunakan plugin ini, bisa kukatakan inilah plugin yang memberikan kesempatan ganda untuk blogger mendapatkan reward dari setiap konten yang ditulisnya di blog WordPress: melalui upvote di Steemit dan layanan iklan yang dipasang di blog WordPress (seperti Google Adsense, Media.net atau iklan dari WordPress sendiri). Pun begitu, kalau Anda hanya blogger biasa saja, dalam artian aplikasi Google Adsense Anda belum disetujui, maka Steempress Plugin for WordPress ini bisa menjadi pelipur hati untuk mendapatkan reward dari konten yang dihasilkan.

Oh ya, plugin Steempress untuk WordPress ini sangat ramah pengguna. Anda tidak harus melakukan setting tambahan untuk menggunakan plugin ini. Bahkan, Anda yang bukan seorang developer website dan tidak memahami bahasa HTML bisa menggunakan plugin ini dengan mudah. Cukup install di blog WordPress Anda, dan masukkan username akun Steemit dan posting key, maka bereslah semua urusan. Karena plugin ini dibuat untuk WordPress maka fiturnya juga dibuat untuk berjalan di platform WordPress: penjadwalan posting, optimasi SEO dan banyak lagi. Di antaranya, Anda bisa mengatur apakah sebuah postingan mau terposting otomatis ke blockchain Steem atau tidak. Di fitur “terbitkan” di halaman posting WordPress, ada pilihan: posting to steem. Anda bisa mencontreng jika menginginkan postingan Anda muncul di steemit.

Seperti kita tahu, fungsi tags di Steemit sangatlah penting dalam mengklasifikasi postingan Anda, maka Anda bisa mengaturnya di halaman posting wordpress: melakukan kustominasi tags untuk setiap artikel. Namun, jika tak mau ribet, Anda bisa mengaturnya di bagian setting plugin untuk tags default. Plugin Steempress juga dibuat untuk membantu blogger mendapatkan audience/pemirsa/pengunjung untuk blognya. Maka, Anda bisa mengatur agar link original selalu muncul di dalam postingan yang terpublish ke steemit.

Upvote dari Steempress
Salah satu keuntungan menggunakan Steempress Plugin for WordPress adalah kita akan mendapatkan upvote otomatis dari @steempress-io yang kini memiliki 1.000.000 Steem Power. Pun begitu, mereka tidak akan asal-asalan dalam memilih, mengkurasi dan meng-upvote sebuah konten. Hal ini untuk kesempatan yang sama kepada para steemian agar mendapat upvote yang adil. Seperti dijelaskan dalam postingan @steempress-io, mereka menetapkan tiga pilar penting saat melakukan voting (upvote).

1. Voting Tinggi untuk Konten Berkualitas
Mereka akan mencari konten-konten berkualitas untuk mendapatkan kurasi. Mereka memprioritaskan mengkurasi konten yang dihasilkan oleh blogger yang selalu menjaga kualitas konten, tidak menyebarkan spam atau melakukan plagiasi. Mereka membuat sebuah alat pencarian khusus untuk menemukan konten yang berkualitas.

2. Voting untuk pengguna baru
Pengguna baru Steempress yang memiliki blog dengan usia tertentu akan mendapatkan sambutan awal yang menyenangkan, dengan syarat konten mereka haruslah asli dan tidak mengandum spam. Ini sebagai bentuk penghargaan mereka kepada para pembuat konten berkualitas. Sambutan yang baik ini diharapkan memberi semangat kepada blogger agar terus menghasilkan konten berkualitas.

3. Random vote
Pengguna blog WordPress biasanya memposting banyak tulisan di blognya. Namun, untuk mencegah hadirnya posting yang terindikasi spam, plagiasi dan berkualitas rendah, maka Steempress memberlakukan sistem voting secara acak, satu upvote per hari per pengguna. Mereka memberlakukan sistem penilaian internal untuk menilai sebuah konten berkualitas tinggi dan rendah, di mana hal ini akan membantu mereka agar tidak salah dalam memberi vote kepada konten berkualitas rendah dengan bobot vote tinggi. Jadi, selama Anda mampu menghasilkan konten berkualitas, maka Anda tidak perlu takut tak mendapat upvote dari Steempress.


Aku pikir, kehadiran steempress ini untuk membantu para para pengguna blog yang ragu-ragu memulai blogging di Steemit. Dengan adanya insentif berupa vote otomatis dari Steempress diharapkan akan menarik banyak pengguna baru atau pemilik 76 juta blog WordPress untuk bergabung dalam ekosistem Steem Blockchain, dan tetap merasa nyaman mengelola blog WordPress sendiri.

Jadi, tunggu apalagi, inilah saatnya Anda mendapat reward dari aktivitas blogging. Saya pikir, Steempress ini dapat menjadi alternatif Google Adsense untuk para blogger yang menambang dollar melalui blog. Untuk menggunakan Steempress, Anda bisa mendownloadnya di Steemprees Plugin for WordPress.

Semoga membantu.

Image source: 1, 2, 3

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here