Bagaimana Cara Membedakan Penyakit Tifus dan Demam Berdarah?

0
626

Gejala demam tinggi akan dirasakan oleh penderita tifus dan juga demam berdarah dengue (DBD). Sepintas, dua penyakit tersebut terlihat mirip karena penderitanya sama-sama akan merasakan demam yang sangat tinggi dalam waktu lama. Hanya saja, cara mengobati demam berdarah dan tifus berbeda sehingga Anda perlu mengetahui penyakit apa yang sebenarnya diderita. Untuk mengetahuinya, berikut ini beberapa perbedaan antara tifus dan demam berdarah.

Perbedaan Pola Demam
Baik tifus maupun DBD sama-sama ditandai oleh demam tinggi kepada para penderitanya. Hal inilah yang seringkali membuat banyak orang terkecoh dan salah mendiagnosa. Ada yang mengganggap remeh demam yang diderita karena dianggap hanya tifus, namun ada pula yang mendiagnosa dirinya menderita demam berdarah hingga akhirnya memilih obat yang kurang tepat.

Salah satu ciri untuk membedakan antara penyakit demam berdarah dengan tifus yakni berdasarkan pola demamnya. Pola dari gejala demam berdarah yakni demam tinggi yang berlangsung hingga sepanjang hari. Sementara itu, jika Anda menderita tifus, demam akan cenderung naik dan turun dengan memiliki pola tertentu. Pola ini bisa dilihat dalam satu hari, misal demam tinggi pada malam hari atau pagi hari saja selama beberapa hari.

Musim Gejala
Kita semua tentu tahu bahwa demam berdarah dengue atau DBD disebabkan oleh gigitan nyamuk aides aegypti. Nyamuk tersebut bisa menjadi perantara virus yang menyerang tubuh kita dan tergolong mematikan. Hanya saja, nyamuk DBD bukanlah nyamuk yang bisa kita temui sehari-hari. Karena, nyamuk ini tergolong hadir pada musim-musim tertentu saja, seperti pada saat musim hujan.

Saat musim penyebaran DBD tiba, maka penyakit yang satu ini perlu benar-benar diwaspadai. Terlebih jika ada salah satu orang disekeliling Anda yang menderita DBD, maka nyamuk ini bisa dengan cepat membawa virus penyakit ke orang-orang lain disekitarnya. Inilah yang membuat DBD dikatakan sebagai penyakit musiman karena hanya hadir pada saat musim-musim tertentu saja. Sementara itu, penyakit tifus tidaklah demikian karena bisa hadir kapan saja dan menyerang siapa saja.

Demikian dua perbedaan antara tifus dan demam berdarah yang perlu Anda pahami. Selalu perkaya pengetahuan Anda dengan info kesehatan terbaru dari Guesehat.com. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here