MJC Kembali Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk SMU

0
16
Suasana Pelatihan | Ist

Banda Aceh – Muharram Journalism College (MJC) menggelar pelatihan dasar jurnalistik untuk pelajar di SMU 1 Meulaboh, Kamis (8/12).  Pelatihan diikuti 25 peserta dari 12 SMU di Aceh Jaya, Meulaboh dan Nagan Raya.

Para siswa diajarkan bagaimana menulis berita, mengenal jenis-jenis berita, belajar teknik wawancara dan mengenal kode etik jurnalistik.  Setelah pelatihan ini diharapkan para siswa mampu menulis berita dan menghidupkan majalah dinding di sekolahnya.

 

“Kita berharap agenda ini terus berlanjut, kalau blog sudah terbentuk ini akan mengurangi dampak negatif internet untuk pelajar,” kata Drs Syarifuddin B, Kepala Sekolah SMU 1, dalam pidato pembukaan.

Dedy Iskandar, wartawan Serambi Indonesia, turut membuka acara yang berlangsung hingga Sabtu (10/12) itu. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat penting untuk menumbuhkan bakat siswa dalam tulis menulis. Selain itu juga upaya pembibitan calon wartawan-wartawan masa depan.

“Kalau bisa acara seperti ini berlangsung setahun dua kali, sehingga semakin banyak siswa yang tertarik dengan ilmu jurnalistik,” paparnya.

Menurut Maimun Saleh, Kepala Sekolah MJC, dalam rilis yang diterima The Aceh Corner, pelatihan ini digelar untuk kedua kalinya. Sebelumnya dilaksanakan di SMU 1 Muara Batu, Aceh Utara yang pesertanya dari Bireun, Aceh Utara dan Lhokseumawe. Kali ini MJC menurunkan pemateri Muhammad Riza Nasser (VIVAnews), Daspriyani Y Zamzami (Indosiar), dan Ardiansyah (Nara Fm).

“Pelatihan dasar untuk siswa akan berlanjut di kabupaten lain selepas musim ujian, sebagai sekolah jurnalistik MJC bertanggungjawab memajukan dunia jurnalistik di Aceh,” ujarnya.[]