DUA Luncurkan Program S3KumLod

0
22

BANDA ACEH – Komunitas Darah Untuk Aceh (DUA) meluncurkan program donasi bagi pasien penderita thalassemia. Program donasi ini bernama S3KumLod dengan hastag #s3kumlod. Peluncuran dilakukan di laboratorium pemeriksaan kesehatan Prodia Banda Aceh, ada Selasa Pagi.

“Kenapa kami memutuskan untuk meluncurkan program ini di Laboratorium Prodia, karena para karyawan di Prodia sudah melakukan donasi seorang seribu, dan setelah terkumpul donasi tersebut diserahkan kepada DUA pada hari ini,” Jelas Founder Darah Untuk Aceh (DUA) Nurjannah Husien, Selasa (16/2/2016).

S3KumLod, sendiri sebut Nurjannah, adalah singkatan dari “Seribu Seorang Sebulan Kumpulan Loyal Donasi”. Ini merupakan sebuah program donasi yang menyisihkan uang seribu rupiah seorang perbulannya dan uang yang dikumpulkan in akan digunakan untuk membantu biaya transportasi para pasien thalassemia yang kurang mampu yang berasal dari luar Kota Banda Aceh.

“Artinya ini merupakan bentuk kepedulian untuk mereka dan membantu para pasien khusus untuk transportasi dan makan keluarga pendamping. Kita tahu untuk melakukan pengobatan, kebanyakan keluarga sering terkendala oleh biaya transportasi, padahal para pasien harus rutin menjalani pengobatan dan transfusi ke rumah sakit,” jelas perempuan yang akrab disapa Nunu ini.

DUA juga akan menempatkan beberapa dropbox untuk donasi seribu rupiah ini di beberapa tempat tertentu yang merupakan jaringan kerja dari komunitas DUA. “ Dan ini tidak menutup kemungkinan untuk semua orang berpartisiasi, kalau kita harus menjemput donasi, pasti kita akan emput juga. Jadi mari kita peduli dengan uang seribu yang kit apunya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Cabang laboratorium Prodia Banda Aceh, Indah Dwi Syahputri, mengatakan dia tertarik dengan program yang digagas oleh DUA dan menganjurkan kepada setiap karyawan untuk bisa menyisihkan uang seribu rupiah.

Hingga program ini diluncurkan, Lab Prodia Banda Aceh berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 457 ribu.

“Kami senang bisa berpartisipasi, dan ini akan terus rutin kita lakukan di kantor bersam semua karyawan, bahkan para warga yang datang ke Prodia,” ujar Indah.

Ketua Komunitas Darah Untuk Aceh, Auliya Rohendi, mengatakan program S3KumLod yang digagas DUA merupakan rangkaian dari aneka program peduli thalassemia yang dilakukan DUA dalam pendampingan bagi para pasien thalassemia.

“Ini juga merupakan bagian dari proses edukasi yang kita lakukan kepada masyarakat dan keluarga pasien yang targetnya adalah bagaimana bisa meminimalisir thalassemia di Aceh. Dengan rutin melakukan pengobatan dan transfusi tepat waktu, ini akan meningkatkan kualitas hidup para pasien,” kata Auliya.

Selain itu kita juga mengingatkan kepada generasi muda, bahwa jangan lupa cek darah sebelum menikah, sehingga bisa menciptakan generasi penerus yang sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here