3 Parpol Raup Keuntungan Dari Isu Kenaikan BBM

0
173

Jakarta-Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebut ada tiga partai oposisi yang akan bermain di balik isu kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) per 1 April mendatang.

Peneliti LSI, Adjie Alfaraby, mengatakan tiga partai tersebut akan habis-habisan menentang kenaikan BBM demi meraup keuntungan. Pasalnya isu kenaikan BBM bisa membangun citra positif di mata rakyat.

“Karena ini bagus juga untuk citra mereka di mata rakyat,” kata Adjie di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Utara, Minggu, (11/3).

Menurut Adjie, tiga partai penentang kebijakan kenaikan harga BBM adalah PDI-Perjuangan, Partai Hanura, dan Partai Gerindra.

Dia mengatakan isu BBM memang terkait sangat erat dengan politik pencitraan. “Ada political game di balik program BBM. Blunder atau salah langkah bersikap segera mendapat hukuman dari mayoritas pemilih dalam pemilu 2014,” ungkap Adjie.

Adjie mengatakan sikap partai-partai dalam menanggapi isu BBM beragam. Partai Demokrat menjadi pendukung utama dari rencana pemerintah tersebut. “Partai koalisi PAN, Golkar, PKB, dan PPP berada di tengah,” beber Adjie.

Menurut Adjie, PKS kemungkinan besar menolak kenaikan harga BBM, namun tidak selantang PDIP. “PAN ada kecenderungan mendukung tapi tak selantang Partai Demokrat,” ungkap Adjie.[okz]