Google Hentikan Dukungan untuk Android 4.0 Ice Cream Sandwich

0
135
Android 4.0
Ilustrasi (Foto: Engadget.com)

Anda seorang pengguna Android versi lawas 4.0 Ice Cream Sandwich? Bersiap-siaplah untuk melakukan upgrade ke versi yang lebih tinggi. Soalnya, Google Play akan menghentikan layanan untuk OS versi lama saat merilis versi yang lebih terbaru.

Baru-baru ini, Google telah memperingatkan pengembang terkait penghentian dukungan untuk versi Ice Cream Sandwich dari layanan Google Play Store. Jadi, kalau Anda masih bergantung pada ponsel yang menjalankan Android 4.0 Ice Cream Sandwich, sudah saatnya menyiapkan anggaran untuk membeli ponsel baru atau melakukan pembaruan pada versi Android lawas Anda. Soalnya, Google Play tidak menyediakan lagi fitur utama yang memerlukan pembaruan sistem operasi penuh. 

Pengembang elemen kit yang ada akan terus berfungsi, dan masing-masing komponen dapat terus mendukung OS ke depan, tetapi “banyak” pengulangan toolkit yang lebih baru akan membutuhkan setidaknya Android 4.1 Jelly Bean. Demikian dikutip dari laman engadget.com, Minggu (9/12/2018).

Kabar ini memang tidak membuat pengguna Ice Cream Sandwich panik, tetapi ini akan mendorong beberapa keputusan serius. Banyak pengembang harus mengirimkan setidaknya dua versi dari aplikasi mereka (dengan dan tanpa dukungan legacy) atau menerima bahwa mereka kehilangan sebagian dari pemirsa potensial mereka, betapapun kecilnya itu. Ini secara efektif menunjukkan dukungan untuk Android 4.0 berakhir, pun perangkat lunak tetap berguna pada tingkat tertentu untuk sementara waktu.

Google tidak terlalu khawatir dengan keputusan baru ini. Tercatat kurang dari 1 persen pengguna Android di Google Play menjalankan platform era 2011 (0,3 persen pada akhir Oktober 2018). Mereka kesulitan mendukung perangkat lunak versi yang lebih lawas, terutama jika ada fitur terencana yang mungkin menciptakan konflik. Ketika ada lebih dari 2 miliar pengguna Android aktif, keputusan tersebut akan mengakibatkan jutaan orang secara bertahap kehilangan akses ke aplikasi dan layanan Google terbaru. [Engagdet.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here