Porsche Luncurkan Seri ‘Macan’

0
149

Jakarta-Perusahaan mobil mewah Porsche akan meluncurkan mobil seri Sport Utility Vehicle, SUV, atau jenis jip dengan nama yang disadur dari Indonesia, Macan, tahun depan.

Porsche SUV Cayenne termasuk yang paling laku di Indonesia.

“Kami yakin dapat menjual mobil seri Macan ini, dengan jauh lebih baik dari seri Cayenne,” kata Cyntia Ratna, bagian pemasaran Porsche Indonesia.

“Tipenya adalah SUV dan untuk Indonesia pasaran mobil jenis ini lebih bagus karena kondisi jalan dan banyak orang yang senang memakai mobil yang lebih tinggi,” kata Cyntia kepada BBC Indonesia.

Ia mengatakan mobil jenis yang sama Cayenne juga bagus pemasarannya di Indonesia. Cyntia tidak merinci lebih lanjut namun menurutnya pasaran mobil SUV Cayenne sekitar 40% dari penjualan Porsche di Indonesia.

Namun Cyntia mengatakan pihaknya belum mengetahui lebih lanjut kelebihan mobil ini.

“Porsche masih menutup informasi namun kita yakin pasarannya bagus karena nama yang disadur dari Indonesia,” tambahnya.

Asosiasi Positif

Mobil baru ini diharapkan mulai diproduksi dari pabrik Porsche di Leipzig, Jerman pada 2013.

Pabrik mobil ini tengah diperluas mencakup asembling dan tempat pengecatan mobil, dengan investasi 500 juta euro, dan merupakan proyek pembangunan terbesar dalam sejarah Porsche.

Porsche mengatakan nama Macan ini menunjukkan “kekuatan, ketakjuban dan dinamika yang merupakan karakteristik mobil off-road.”

“Macan memadukan karakteristik mobil mewan dengan tambahan jenis SUV dan merupakan jenis Porsche asli,” kata Bernhard Maier, bagian penjualan dan pemasaran kepada sejumlah majalah otomobil.

“Nama Porsche baru ini harus pas dengan merek dan terdengar bagus dalam banyak bahasa dan dialek serta memberikan asosiasi positif,” tambahnya.

Porsche merencanakan Macan dapat mengimbangi keberhasilan mobil SUV pertama, Cayenne.

Seperti hanya Cayenne -dengan sejumah suku cadang sama dengan VW Touareg dan Audi Q7- Macan akan didasarkan pada Audi Q5.[bbc]