loading...

10 Trik Pencarian Google yang Wajib Kamu Ketahui

Google adalah mesin pencari terpopuler saat ini. Berikut ini 10 Trik Pencarian Google yang Wajib Kamu Ketahui. Rahasia pencarian google ini jarang diketahui, sehingga banyak orang kadang-kadang tidak mendapatkan informasi yang mereka cari sesuai harapan. Dengan menggunakan trik sederhana ini, kita bisa memperoleh informasi sebagaimana yang kita harapan.

Dilansir dari laman grid.id, Sabtu (25/11/2017), 10 trik pencarian google berikut ini bisa membantu Anda para pemburu informasi di internet untuk memperoleh hasil maksimal. Jadi, tunggu apalagi, segera gunakan trik pencarian google ini untuk memudahkan Anda mencari informasi apapun sesuai kebutuhan.

1. Kata-kata yang sama
Kalau kamu mau memasukkan kata dalam pencarian sekaligus memasukkan hasil yang mengandung kata-kata yang sama, pakai tanda ~ di depan kata tersebut.

Contoh: “best selfie phone” ~mobile

2. Pencarian terkait
Kalau kamu ingin menemukan situs baru dengan konten serupa dengan situs yang telah kamu ketahui, maka ketik related: diikuti nama situs terkait

Contoh: related: www.acehpungo.com

3. Terjemahan
Biasanya, jika kita ingin menerjemahkan beberapa kata tertentu, kita membuka google translate. Rupanya, untuk menerjemahkan kata atau frase sederhana dari satu bahasa ke bahasa lain tak perlu pakai Google Translate.

Cukup ketik translate (kata yang akan diterjemahkan) to (bahasa).

Contoh: translate kawasan to english

4. Dokumen khusus
Kita kadang-kadang butuh informasi dalam format tertentu seperti docx, excel atau pdf. Nah, kalau kamu mencari hasil berupa file-file tertentu, ketik topik yang dicari diikuti kata filetype: ketik jenis file.

Contoh: “indonesia market” filetype:ppt

5. Kata yang hilang
Mungkin kamu pernah ingat hanya satu atau dua kata dari suatu frase khusus, lirik lagu, kutipan film atau hal lain.

Kamu bisa pakai tanda asterisk (*), untuk membantu mencari kata yang hilang dalam suatu frase.

Contoh: Another One * Dust

6. Arti kata
Kalau kamu ingin melihat arti suatu kata atau frase secara cepat, ketik define: diikuti dengan kata yang akan diartikan.

Pelafalan kata tersebut juga bisa didengarkan.

Contoh: define: witchwicky

7. Kata dalam link
Kalau mau menemukan halaman dengan permintaan pencarian yang disebutkan dalam link, maka ketik allinurl: diikuti dengan permintaan pencarian.

Contoh: allinurl: bezel-less phone

8. Halaman yang terhubung ke halaman lain
Contohnya kamu ingin mencari setiap website yang mengutip artikel Acehpungo.com di website mereka, maka ketik link: perintah yang diikuti dengan nama halaman tersebut.

Google akan memberikan seluruh halaman yang terhubung ke situs resmi Aceh Pungo.

Semakin spesifik tautan, hasil yang lebih tepat makin berkurang.

Contoh : link: gam acehpungo.com

9. Melakukan pencarian di dalam suatu website
Kotak pencarian di sebuah website mutlak harus ada, biar kita bisa mencari topik apapun di situs tersebut. Bisa jadi kamu sering mencari website khusus dengan konten yang sesuai dengan kata khusus.

Meski tak ada fitur pencarian di situs tersebut, kamu bisa pakai Google untuk mencari istilah di situs tersebut.

Caranya dengan mengetik site:nama situs.com diikuti dengan istilah yang akan dicari.

Contoh: “Megawati” site:acehpungo.com

10. Berita dalam lokasi tertentu
Kalau kamu mencari berita terkait lokasi tertentu, pakai perintah location: diikuti nama lokasi, untuk mencari Google News tentang cerita dari lokasi tersebut.

Contoh: Selebgram location:Aceh

Mudah-mudahan 10 trik pencarian google di atas bisa membantu Anda mendapatkan hasil pencarian seperti yang diharapkan. Yuk kita coba sama-sama trik mencari di google ini. []

0 2
Harlan
Harlan

Lelaki yang suka berpindah dari satu warung kopi ke warung kopi lain. Dulunya, pernah terlintas cita-cita menjadi preman terminal. Takdir menuntunnya menekuni profesi lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas