Apa Faedahnya Kita Liburan?

0
200

Bagiku liburan bermakna menggangu jadwal rapi sesungguhnya. Misalnya kita berangkat kerja jam 07,00 sekarang bisa berangkat ngopi jam 10,00. Lalu bisa membaca buku lama-lama di atas kasur sebelum jam 10.00 itu.

Sekolahku Sukma Bangsa punya agenda Family Gathering namanya, jadi guru-guru mendaftar untuk liburan resmi sekolah. Selama beberapa hari baik dekat maupun jauh. Tahun lalu di Sabang, tahun ini di Medan. Ke Sabang aku tak tahu tahun lalu karena sibuk dengan liburan sendiri.

Liburan bermakna kita bisa bersama teman-teman lebih lama, bisa bercengkarama dan bisa ke tempat-tempat wisata, atau mengadakan kegiatan berfaedah. Menurut penelitian di Klibeut, liburan yang efektif itu 7 hari, selebih itu tak bagus?

Buah simalakama juga sih, saat sekolah kita rindu liburan, saat liburan lindu sama sekolah. Huhu. Maka dari itu supaya tidak stress dalam bekerja terus, Allah menghadiahkan hari untuk dirayakan. Dari libur tidak bekerja sampai libur tidak makan minum.

Liburan itu adalah punya waktu untuk lebih lama di rumah, membersihkan kamar, merapikan lemari, bermain dengan istri, dan menggendong anak-anak. Maka istri dan suami sudah akrab lagi di masa liburan.

Kalau tidak liburan lebih akrab dengan selingkuhan di kantor, maka liburan saatnya kembali ke semula. Tempat wisata akan bertambah omsetnya selama hari libur.  Pada saat lebaran, Tangse adalah jalan yang padat seperti simpang Surabaya, pada saat tidak, jalan ke Tangse adalah jalan kabupaten biasa.

Seharusnya sih begini, seperti bulek kadang mereka bekerja setahun, lalu liburan jalan-jalan setahun. Enak kali hidup kek gitu, tapi kita tak ada kerja yang boleh setahun. Kontrak, honor dan PNS kadang kerja sepanjang tahun, liburnya hanya sebentar.

Aneh kali kutengok kadang para pekerja dan lebih aneh lagi bosnya. Apa tak pikir para pekerja apa. Kadang para pekerja dipaksa kerja sampai larut malam. Atau pekerjanya mau aja kerja sampe malam.

Untunglah kami sekolah ada libur semester, tak seperti orang kantoran.

Tinggalkan komentar Anda