Program Mitra Quora: Ketika Bertanya Bisa Menghasilkan Dollar

0
2343
program mitra quora

Program Mitra Quora di Indonesia masih tergolong baru. Tidak semua pengguna mendapatkan undangan untuk mengaktifkan fitur monetisasi untuk mendapatkan dollar dari Quora. Karenanya, melalui postingan Program Mitra Quora: Ketika Bertanya Bisa Menghasilkan Dollar, saya akan mengulas (sejauh yang saya tahu saja) bagaimana cara menghasilkan pundi-pundi dollar melalui bertanya di Quara.

Bagi yang belum tahu apa itu Quora, penjelasan dari laman Wikipedia.com bisa membantu kita memahami apa itu platform yang mendadak populer ini. Di laman ensiklopedia virtual itu dijelaskan bahwa “Quora adalah situs pertukaran pengetahuan yang didirikan pada Juni 2009 dan diluncurkan pada tahap beta privat di bulan Desember 2009.” Kini, Quora menjadi salah satu forum populer di internet seperti era keemasan Yahoo! Answer, tempat orang-orang menemukan jawaban atas sejumlah pertanyaan.

Banyak pengguna internet menggunakan Quora untuk mencari dan menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang paling banyak ditanyakan. Sementara para blogger kerap memanfaatkan Quora untuk mendapatkan backlink (tautan balik) ke blog. Soalnya, tautan dari Quora tergolong berkualitas, seperti halnya tautan dari Wikipedia atau Medium. Namun, kini rupanya Quora tak hanya sekadar untuk mencari backlik dan trafik ke blog melainkan juga bisa dijadikan salah satu alternatif mencari pendapatan dari aktivitas online.

Lalu, bagaimana awalnya saya mengenal program mitra quora? Ceritanya, saya sedang mencari blacklink berkualitas untuk blog saya, demi kepentingan mengikuti kontes lomba SEO. Soalnya, untuk bersaing di mesin pencari Google, kita memang butuh lebih banyak backlink berkualitas untuk mendongkrak halaman konten postingan kita di hasil pencarian Google. Salah satu tautan blog di internet mengarahkan saya untuk aktif di forum Quora. Mulailah saya mempelajari Quora dan kemudian segera membuat akun di sana. Saya juga mulai mengajukan pertanyaan, dan tidak lupa mencantumkan blog saya ketika menjawab pertanyaan dari pengguna lain. Sialnya, salah satu pertanyaan saya dicurigai oleh moderator Quora berisi spam, dan terpaksa dihapus.

Sejak itu, saya menjadi lebih berhati-hati ketika menjawab pertanyaan dari pengguna. Sebisa mungkin saya menjawab pertanyaan pengguna dan mencantumkan tautan ke blog milik saya secara natural. Rupanya banyak pengguna yang mendukung naiknya (upvote) jawaban yang saya berikan. Saya jadi bersemangat aktif di Quora, padahal sebelumnya saya jarang aktif di forum sejenis. Keaktifan saya memberi manfaat, karena postingan yang saya ikutlan dalam kontes lomba SEO mulai menampakkan hasil: rangking blog saya mulai membaik secara perlahan-lahan.

Tidak sampai dua minggu sejak mendaftarkan akun di Quora, tiba-tiba pada tanggal 11 Desember 2018 lalu, saya menerima kiriman email dari pihak Quora. Isi subjek email membuat saya penasaran sekaligus deg-degan. “Taufik, you’re invited to join the Quora Partner Program,” begitu bunyi subjek email yang saya terima. “Ada apa gerangan saya diundang ke program mitra guara?” begitu gumam saya dalam hati, penasaran.

Agak lama saya membaca isi email kiriman dari pihak Quora dan mencobe mamahami isinya. “Taufik, you’ve been invited to the Quora Partner Program. Partners get paid to ensure that the most interesting and useful questions are on Quora. The most successful Partners are making more than $1,000.00 a month.” Ayo, siapa yang tidak ngiler membaca angka yang tertera.

Kemudian saya mencoba mencari informasi terkait program monetisasi dari Quora ini. Rupanya informasi tentang program mitra ini masih sedikit. Soalnya, program mitra quora untuk Indonesia tergolong baru, dan program tersebut baru tersedia untuk Quora bahasa Inggris dan beberapa bahasa asing lainnya. Setelah merasa yakin, saya kemudian meng-klik tombol ‘accept’.

undangan program mitra quora

Sebagai informasi, kita para pengguna akan dibayar atas setiap pertanyaan berkualitas yang kita ajukan di Quora. Biasanya pertanyaan yang kita ajukan itu bisa mewakiliki pertanyaan banyak orang, dan orang-orang mencari jawabannya. Pun begitu, aktivitas kita dalam menjawab pertanyaan dengan jawaban berkualitas juga akan dihargai. Soal berapa jumlah dollar yang bisa kita dapatkan dari setiap pertanyaan itu hanya pihak Quora saja yang tahu. Namun, dari informasi yang saya baca di forum, ada pengguna yang mendapatkan $50 dollar untuk satu pertanyaan. Saya sendiri termasuk belum begitu beruntung, karena hanya satu pertanyaan saja yang sudah melampaui angka $2. Pendapatan yang kita dapatkan akan diperbaharui setiap hari, biasanya sore hari.

Bagaimana kita menerima pembayaran dari reward yang kita peroleh dari hasil aktivitas bertanya di Quora?
Taufik, Anda diundang untuk berkontribusi dan menghasilkan uang dalam Program Mitra Quora.
Sebagai mitra, Anda bisa menghasilkan uang dengan mengajukan pertanyaan yang jawabannya banyak dicari oleh masyarakat luas. Semakin banyak pertanyaan bermanfaat yang diajukan di Quora, maka semakin banyak jawaban bermutu tinggi yang ditulis, dan semakin bermanfaat Quora bagi masyarakat luas. Melalui Program Mitra, kami memberikan kompensasi kepada para pengguna yang menjadikan Quora tempat yang lebih baik, dan kami senang mengundang Anda untuk bergabung dalam program tersebut
.

Kapan kita akan dibayar? Pembayaran akan dilakukan pada Hari Senin setiap bulan, dengan syarat saldo sudah mencapai $10.

Metode pembayaran dalam program mitra quora ada dua. Pertama, sebagai pengguna kita harus menghubungkan akun Stripe atau Paypal terlebih dahulu. Harap dicatat, bagi pengguna yang berdomisili di Amerika, pembayaran akan dilakukan melalui akun Stripe. Kedua, bagi pengguna di luar Amerika, akan menerima pembayaran melalui akun Paypal.

Untuk mendapatkan dollar dan menerima pembayaran tiap bulan dari Quora, segera bikin akun di Quara dan mulai ajukan pertanyaan bagus serta aktif membantu orang-orang menemukan jawaban atas setiap pertanyaan. Bayangkan, betapa menariknya program mitra quora, di mana dengan bertanya saja kita sudah bisa menghasilkan dollar. []