Apple iPhone 5G Pertama Akan Hadir pada 2020

0
64
Apple iPhone 5G
Apple iPhone 5G (foto: thenextweb)

ACEHPUNGO.COM – Raksasa teknologi bermarkas di Cupertino, Apple, sedang mempersiapkan Apple iPhone 5G pertama. Namun, Apple tidak akan merilis ponsel yang menggunakan chip modem Intel 8161 hingga tahun 2020. Kabarnya, Apple masih menunggu cakupan jaringan 5G menjadi lebih baik sebelum meluncurkan produk prestisiusnya itu.

Sumber yang memiliki pengetahuan tentang rencana Apple, seperti dikutip dari PCMag.com, Senin (5/11/2018) menyebutkan bahwa perusahaan yang didirikan Steve Jobs itu akan memilih Intel sebagai pemasok tunggal modem eksklusif. Intel akan mendapat banyak manfaat jika benar akhirnya dipilih sebagai pemasok tunggal modem 5G untuk Apple.

Saat ini, Intel tengah bekerja dengan chip yang disebut 8060, yang akan digunakan untuk menguji 5G pada iPhone. Namun, pembuat chip tersebut berencana untuk memproduksi modem berkapasitas 10nm 5G, yang dinamai 8161, yang akan membuat kinerja iPhone jadi lebih cepat dan efisien.

Dikutip dari Thenextweb.com, Senin (5/11/2018), Apple berencana untuk menggunakan modem 5G dari Intel secara eksklusif, selama pembuat chip itu dapat menyelesaikan masalah kelebihan panas dan baterai yang cepat terkuras oleh modem 5G pertamanya, 8060. Sebagai cadangan (Plan-B), Apple juga telah berdiskusi dengan MediaTek tentang kemungkinan menggunakan chip 5G-nya. Selama ini, MediaTek, dikenal kerap menghasilkan modem untuk telepon berbiaya rendah dan menengah.

Meskipun operator mulai meluncurkan 5G, tapi Apple tidak akan tergoda merilis Apple iPhone 5G miliknya dalam waktu dekat. Menurut laporan FastCompany, pada 2020 iPhone Apple mungkin akan memiliki kemampuan 5G, namun perusahaan itu akan memilih menunggu jangkauan 5G menjadi lebih baik.

Bulan lalu, Qualcomm mengumumkan rencananya untuk merilis modem 5G bernama X50. Presiden perusahaan, Cristiano Amon, mengatakan bahwa pengguna harus mengharapkan setidaknya dua 5G flagship di tahun depan. Pengumuman juga menyebutkan nama-nama mitra seperti LG, OnePlus, Xiaomi, Vivo, dan Sony.

Apple mungkin tidak akan memilih modem buatan Qualcomm. Modem X50 dilaporkan menciptakan pembuangan panas untuk pembuat ponsel lain, yang mendukung spektrum gelombang milimeter. Ini jelas memunculkan masalah, karena spektrum gelombang milimeter (antara 28 GHz dan 39 GHz) adalah bandwidth penyedia jaringan AS akan bergantung pada koneksi 5G.

Pada tahun 2019, banyak pembuat ponsel pintar akan merilis ponsel berkemampuan 5G. Namun, hanya pengguna di wilayah tertentu di dunia yang dapat menikmati konektivitas 5G.

Pengguna Apple kemungkinan akan mendapatkan iPhone berkemampuan 5G pada akhir 2020. Saat ini, mereka baru selesai pada tahap pengujian awal, dan baru benar-benar merilis Apple iPhone 5G ketika jaringan jaringan memiliki cakupan yang layak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here