Jumat, Mei 29, 2020
Beranda blog

Kursus Bahasa Jerman Daring Kini Dapat Diakses dari Mana Pun di Indonesia

0

Kursus bahasa Jerman Goethe-Institut Indonesien kini berlangsung secara daring (online) dan dapat diakses dari mana pun di Indonesia. Kelas-kelas diadakan dalam format belajar mengajar digital, sehingga peserta kursus dapat belajar dari rumah demi menjaga jarak interaksi fisik di tengah pandemi COVID-19.

Peralihan dari pembelajaran di dalam kelas ke ruang kelas virtual dimulai sejak 23 Maret 2020 dalam rangka menjamin progres pembelajaran bahasa Jerman para peserta kursus saat itu. Langkah tersebut diambil menyusul penutupan sementara fasilitas Goethe-Institut di Jakarta dan Bandung sebagai upaya meredam penyebaran wabah COVID-19.

Di tengah pandemi yang masih berlangsung, Goethe-Institut Indonesia memutuskan melanjutkan penerapan ruang kelas virtual untuk jadwal kursus yang akan datang. Keputusan ini membuka kesempatan belajar bagi orang-orang di semua provinsi di Indonesia.

“Sudah bertahun-tahun lamanya, Goethe-Institut menerima permintaan dari orang-orang dari luar Jakarta dan Bandung, sering kali dari luar Jawa, untuk mengadakan kursus bahasa Jerman di sana. Sekarang, setelah kami mengalihkan pembelajaran bahasa Jerman menjadi online sepenuhnya, semua orang dapat ikut serta dan menikmati manfaatnya,” ujar Kepala Bagian Bahasa Goethe-Institut Indonesia Sonja Stoll dalam rilis yang diterima Acehpungo.com, Selasa (19/5/2020).

Ruang kelas virtual yang ditawarkan menyerupai kelas tatap muka Goethe-Institut. Melalui sebuah platform konferensi video berbasis web, para peserta kursus dapat berinteraksi dengan guru serta sesama peserta, dan mengerjakan tugas kelompok dari rumah masing-masing. Para peserta dapat melatih keterampilan membaca, menulis, berbicara dan mendengarkan dalam bahasa Jerman.

#30MinDeutsch

Goethe-Institut Indonesia juga menerapkan format baru konsultasi melalui email, WhatsApp, serta konsultasi tatap muka via platform daring. Selain itu, Goethe-Institut Indonesia menginisiasi program interaktif bertajuk #30MinDeutsch. Program yang bertujuan memperkenalkan bahasa Jerman ini disiarkan secara langsung setiap Senin pukul 16.00-16.30 WIB di kanal Instagram @goetheinstitut_indonesien.

Dalam #30MinDeutsch, guru bahasa Goethe-Institut memandu program selama 30 menit. “Para guru akan menyajikan satu atau dua permainan interaktif yang seru dan berkaitan dengan tata bahasa Jerman untuk memberi gambaran mengenai bahasa ini. Kami juga memberi berbagai masukan mengenai cara belajar bahasa Jerman,” kata Keeke Rieuwpassa, satu di antara para guru yang menjadi pemandu program.

Dalam waktu dekat, Goethe-Institut akan meluncurkan “Lernberatung”, bimbingan belajar bahasa Jerman di mana peserta kursus dapat memperoleh bantuan mengenai teknik belajar, pekerjaan rumah, dan konten kursus.

Belajar bahasa Jerman di masa pandemi

Di tengah pandemi, Sonja Stoll menambahkan, menginvestasikan waktu untuk belajar bahasa Jerman bisa membawa manfaat. Dengan melatih keterampilan berbahasa Jerman, pembelajar bahasa Jerman berkesempatan memperoleh akses ke salah satu sistem pendidikan tinggi terbaik di dunia. Pembelajar bahasa Jerman juga bisa memenuhi syarat untuk ikut ambil bagian dalam pelatihan vokasi di Jerman yang diakui secara internasional dan dikenal sebagai “Ausbildung”.

“Dengan belajar bahasa Jerman, orang dapat memperoleh kualifikasi profesi yang akan menjadi aset di dunia kerja pasca-corona, khususnya bekerja untuk salah satu dari sekian banyak perusahaan Jerman, Swiss, dan Austria di Indonesia. Ini juga hobi yang patut ditekuni dan akan menghubungkan pembelajar bahasa Jerman dengan 130 juta penutur bahasa Jerman di Eropa,” kata Sonja Stoll.

Onleihe, Perpustakaan Digital Goethe-Institut

Publik di rumah juga dapat mengakses perpustakaan digital Onleihe yang ekstensif dan bebas biaya milik Goethe-Institut guna memoles kemampuan berbahasa Jerman masing-masing selama isolasi diri.

Layanan ini menyediakan koleksi dengan lebih dari 35.000 buku elektronik, buku audio, film, bahan-bahan modern untuk pembelajar bahasa, majalah dan surat kabar berbahasa Jerman, yang dapat dibuka kapan pun dan di mana pun di seluruh Indonesia. Keanggotaan perpustakaan Goethe-Institut tidak diperlukan untuk memanfaatkan layanan digital ini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kursus ini, klik Goethe Institut.[]

YouTube Luncurkan 4 Fitur Baru untuk Kreator Video

0

YouTube mengumumkan peluncuran 4 fitur baru yang dirancang untuk membantu kreator meningkatkan video dan memoderasi saluran mereka.

Setiap fitur baru dipratinjau dalam edisi terbaru dari video ‘Creator Insider’ perusahaan.

Beberapa di antaranya tersedia sekarang, sementara yang lain akan diluncurkan selama beberapa minggu ke depan.

Berikut ini beberapa fitur baru untuk kreator video.

Ketahui Kapan Audiens Anda Online

Salah satu fitur baru yang diluncurkan YouTube pada bulan lalu awalnya diluncurkan dalam pratinjau terbatas.

Sekarang sedang diluncurkan untuk 100% saluran/channel.

Untuk pertama kalinya, YouTube memberi para pembuat akses ke data yang membuat mereka tahu kapan audiens mereka online.

Data ini akan memperlihatkan jam berapa selama seminggu pemirsa saluran paling aktif.

Berikut adalah contoh tampilan data untuk pembuat ketika dilihat di YouTube Studio:
Fitur YouTube
YouTube merekomendasikan untuk menggunakan data ini ketika menentukan waktu terbaik menyiarkan streaming langsung.

Channel juga dapat memilih untuk menjadwalkan penerbitan video ketika sebagian besar pemirsa mereka sedang online.

Namun, YouTube mengatakan tidak ada bukti konklusif yang menunjukkan bahwa itu taktik yang bagus.

Tinjau Komentar yang Tidak Pantas

Pengaturan yang sebelumnya opsional untuk menyimpan komentar tidak pantas untuk ditinjau sekarang akan diaktifkan sebagai default.

Pengaturan ini membantu pembuat konten mengelola komentar mereka dalam skala dan meningkatkan kualitas percakapan di saluran mereka.
Fitur Komentar YouTube
Beralih untuk mengaktifkan pengaturan secara default akan siap dalam beberapa minggu ke depan.

Pembuat akan melihat pesan di YouTube Studio ketika pengaturan telah diaktifkan untuk saluran mereka.

Pengaturan sudah tersedia untuk semua saluran, dan dapat dinyalakan atau dimatikan kapan saja.

Ketika fitur ‘tahan komentar yang tidak pantas untuk ditinjau’ diluncurkan pertama kali, saluran dengan pengaturan yang diaktifkan mengalami penurunan 75% dalam komentar yang ditandai.

Selama dua tahun terakhir sejak fitur diluncurkan, ada tim yang berfokus pada pengembangannya untuk mencakup 13 bahasa, serta meningkatkan akurasinya.

Menjadwalkan Posting Komunitas

Kemampuan untuk menjadwalkan posting komunitas sekarang tersedia di aplikasi utama web desktop.

Fitur ini memungkinkan pembuat membuat konsep posting komunitas sebelumnya dan menentukan tanggal penerbitan di masa depan.

YouTube menekankan bahwa ia mendengarkan umpan balik pembuat, karena ini adalah fitur yang sangat diminta.

Pembagian Video

Dalam beberapa minggu, semua kreator akan mendapatkan akses ke fitur bab/pembagian video baru.

Ini memungkinkan pembuat untuk memecah video mereka menjadi beberapa bab yang dapat dilewati oleh pemirsa.

Untuk memanfaatkan fitur ini, yang harus Anda lakukan adalah menambahkan cap waktu pada deskripsi video dan memastikan yang pertama dimulai pada “0:00”.

Selain itu, video harus memiliki setidaknya 3 bab, dengan setiap bab 10 detik atau lebih.

Berikut ini contoh dari video YouTube sendiri:
Pembagian Video

Jika pembuat ingin keluar dari fitur ini, tetapi masih menawarkan cap waktu dalam deskripsi video mereka, gunakan apa pun selain “0:00” sebagai cap waktu pertama.

Itulah 4 fitur baru yang bisa dicoba oleh kreator video YouTube. []

SEJ

Yuk, Ubah Tulisan jadi Teks Digital dengan Google Lens

0

Bayangkan Anda didapuk jadi notulen dalam suatu pertemuan atau rapat. Para pembicara memutuskan menulis catatan di papan tulis, dan Anda harus mencatatnya di komputer atau notebook.

Atau mereka memutuskan menggunakan slide presentasi, dan sebagai notulen, bahan presentasi itu harus Anda catat di komputer atau notebook menjadi teks digital. Anda harus bekerja lebih ekstra, bukan?

Anda harus berterima kasih kepada Google, karena ini semua akan menjadi hal di masa lalu.

Perusahaan mesin pencari itu memiliki aplikasi bernama Google Lens, yang memungkinkan Anda mengarahkan kamera ponsel Anda ke suatu objek, dan itu akan melakukan pencarian atau memberi Anda lebih banyak informasi tentang objek tersebut dengan menggunakan pengenalan gambar dan mesin pencarian Google. Itu juga dapat menerjemahkan bahasa secara real-time.

Fitur baru sedang ditambahkan ke aplikasi yang akan memungkinkan Anda untuk mengubah tulisan tangan menjadi teks digital.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengarahkan Google Lens ke arah teks tertulis, dan itu akan memberi Anda dua opsi baru: Menyalin teks atau mengirimnya ke komputer Anda.
Aplikasi Google Lens
Opsi pertama cukup jelas. Ini akan menyalin teks ke clipboard ponsel Anda dan memungkinkan Anda untuk menempelkannya ke catatan ponsel Anda atau di mana saja yang memungkinkan menempelkan teks.

Opsi kedua akan mengirim teks yang disalin ke papan klip komputer Anda dan Anda dapat menempelkannya di Google Documents, Spreadsheet, atau Slide.

Kedengarannya seperti fitur yang sangat bagus, tetapi ada beberapa kelemahannya. Pertama, Anda harus menggunakan browser web Google Chrome dan masuk dengan akun yang sama seperti pada ponsel Anda. Itu tidak akan bekerja dengan browser lain, bahkan jika Anda masuk dengan akun Google.

Kedua, Tulisan Anda tidak bisa seperti goresan ayam. Itu harus rapi dan mudah dikenali, atau akan mencoba mengasumsikan kata, yang salah sepanjang waktu.

Untuk sementara waktu, Google Lens dapat mengenali kata-kata dan melakukan pencarian Google pada trks. Jadi sudah saatnya memungkinkan Anda untuk menyalin teks dan menempelkannya di tempat lain dengan mudah dan nyaman.

Jika Anda ingin mencoba fitur ini, pastikan Google Chrome Anda diperbarui ke versi terbaru, dan Anda harus mengunduh atau memperbarui aplikasi Google Lens di Android atau aplikasi Google di iOS di mana Lens sudah terintegrasi.

MASHABLE

Robot Ini bisa Membunuh Coronavirus dalam Waktu Kurang 5 Menit

0

Sebuah kabar menggembirakan datang dari Texas. Sebuah robot dapat membunuh coronavirus dalam waktu kurang dari lima menit.

Menggunakan sinar ultraviolet (UV), robot LightStrike sekarang dipandang sebagai harapan dalam mendisinfeksi ruang publik.

Dibuat oleh Xenex Disinfection Services yang berbasis di Texas, robot itu berhasil diuji dan hasilnya menunjukkan bahwa itu dapat membunuh virus corona yang juga dikenal sebagai COVID-19.

Robot LightStrike, yang dijual di Jepang oleh Terumo, pembuat dan distributor peralatan medis, memancarkan 200 hingga 315 nanometer sinar UV untuk mendekontaminasi benda dan permukaan.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa radiasi ultraviolet membuat patogen terlalu rusak untuk berfungsi setelah dua hingga tiga putaran lima menit sinar UV. Sementara itu, robot membutuhkan waktu 20 menit untuk membunuh kuman di seluruh ruangan.

Dikutip dari laman Mashable, mesin ini juga telah berhasil memerangi bakteri yang resistan terhadap beberapa obat dan bahkan Ebola.

Pada masker N95, robot sinar UV juga telah menghancurkan 99,9 persen kuman dan bakteri, termasuk COVID-19, menurunkan risiko infeksi ketika menggunakan kembali peralatan pelindung.

Yang luar biasa adalah robot tersebut menggunakan teknologi berbasis cloud untuk mengirimkan laporan supaya dapat dianalisis.

Melalui tes yang berhasil, robot LightStrike kini telah didistribusikan kepada 500 fasilitas kesehatan di seluruh dunia.

Menurut Nikkei Asian Review, satu unit robot LightStrike ini dijual dengan harga sekitar US $140.000 atau setara Rp2,11 miliar. Haruskah rumah sakit Anda mendapatkannya?

Penemuan robot ini menjadi secercah harapan di saat vaksin anti corona belum ditemukan.

Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

0
kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen

Kali ini saya amenulis tentang Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen dan hubungannya dengan aksi 1 juta cup kopi gratis, bagian dari kampanye #kopijujurlawancorona.

Ada penggalan kalimat dari sebuah iklan yang menarik disimak, “kopi itu terasa nikmat saat pahitnya kau telan.” Saya pikir itulah filosofi dari kopi jujur yang sebenarnya. Bagi kita, kalimat tersebut begitu kuat, namun tidak demikian menurut pemahaman anak-anak. Anak saya, misalnya, menganggap iklan itu begitu membosankan, dan dia akan selalu mengganti channel radio tiap iklan ini diputar.

Apa yang dilakukan anak saya juga juga menunjukkan betapa dia jujur dengan sifat kanak-kanaknya.

Kopi dan Hal-hal yang Perlu Diketahui

Kopi dikenal dan diyakini sebagai minuman yang memiliki banyak manfaat serta baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung, penyakit diabetes tipe 2, dan bahkan dipercaya bisa memperpanjang usia. Para penikmat kopi akan mencari sejuta referensi untuk membenarkan dalil ini.

Penikmat kopi sering mendakwahkan bahwa kopi mampu mengurangi risiko depresi dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, ada satu hal yang perlu diwaspadai dari si hitam ini, yaitu kandungan kafein yang terdapat di dalamnya. Kadar kafein memiliki batas aman untuk dikonsumsi oleh tubuh. Artinya, kopi tidak bisa dikonsumsi secara berlebihan alias harus dibatasi.

Kadar polifenol, antioksidan dan mineral yang tinggi yang terkandung di dalam kopi adalah rahasia terbesar di balik manfaat kopi. Ada yang melakukan improvisasi dengan cara menambahkan es ke dalam kopi. Rupanya hal ini juga tidak mengubah manfaat dari kopi sama sekali.

Nutrisi pada kopi tidak akan berkurang, berapa pun suhu penyajiannya coba kita siasati. Kabar baiknya, kopi yang dicampur es alias kopi dingin ternyata sedikit lebih bermanfaat dibanding kopi panas. Kopi dingin memiliki tingkat keasaman 67 persen lebih rendah dibandingkan kopi panas.

Dengan fakta ini, kopi yang disajikan dalam keadaan dingin menjadi pilihan bijaksana bagi mereka yang memiliki masalah dengan lambung. Kopi dingin juga menjadi pilihan yang baik bagi orang yang punya lidah sensitif terhadap panas.

Bagi orang Aceh, mereka punya cara agar kopi tidak bermasalah dengan lambung, yaitu dengan menciptakan kopi sanger: jenis minuman yang diolah menggunakan sedikit kopi dan susu. Jenis kopi ini paling banyak diburu pecinta kuliner ketika berkunjung ke Aceh.

Kopi dingin juga memiliki kekurangan jika dibandingkan kopi yang disajikan dalam keadaan panas, karena memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi panas. Beginilah sifat asli dari kopi jujur, karena ia begitu jujur dengan apa yang dikandungnya.

Sebenarnya baik itu kopi dingin maupun kopi panas sama sekali tidak masalah, asalkan kandungan kafein yang masuk ke dalam tubuh bisa dikontrol. Sedangkan batas aman konsumsi kopi dalam sehari adalah 2 gelas. Para peneliti mengatakan bahwa kandungan kafein yang terkandung dalam segelas kopi adalah sebesar 200 mg dan tubuh dalam sehari hanya aman mengkonsumsi 400 mg atau setara dengan 2 gelas kopi.

Apa itu Kopi Jujur

Aksi 1 juta kopi jujur gratisKopi Jujur adalah aksi 1 juta cup kopi gratis yang diolah menggunakan 100 persen kopi asli dan aman dikonsumsi oleh tenaga medis, tenaga kesehatan dan seluruh karyawan dan staff yang menjadi garda depan penanggulangan wabah COVID 19 di Jakarta.

Aksi 1 juta cup kopi jujur gratis ini melibatlan komunitas kopi, para barista indonesia, pengusaha, para-millenial influencer, selebgram, youtuber, blogger, tiktokers, public figure dan seluruh masyarakat luas sebagai bentuk solidaritas dalam melawan wabah virus corona di Jakarta. Mereka bisa membantu dalam bentuk share, like, support penyebarluasan informasi kegiatan.

Gerakan sosial ini berlangsung selama dua bulan, terhitung dari tanggal 30 Maret 2020 sampai dengan 30 Mei 2020. Kampanye kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen itu sangat efektif di tengah wabah virus Corona atau covid-19. Kampanye itu menunjukkan bahwa segelas kopi dapat menjadi aksi sosial yang demikian berdampak untuk melawan virus corona.

Aksi sosial ini menunjukkan bahwa kita berbagi semesta bersama-sama, karena virus corona tidak pernah memandang usia, jenis kelamin, suku atau dari belahan bumi mana kamu tinggali. Siapa saja rentan terpapar virus yang berasal dari Wuhan, Cina ini. Tidak ada yang dapat kita lakukan selain saling menjaga dan memberi support terutama kepada para medis yang berada di garda terdepan dalam usaha memutus-rantai penyebaran corona.

Siapa pun dapat berpartisipasi dalam menyukseskan aksi kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen, misalnya melalui cara sebagai berikut:

– Tenaga Barista Pejuang;
– Kopi dan peralatanya dan juga gula sachet, hot paper cup, stirer, tenaga dan kendaraan untuk logistik;
– Roti atau makanan berat lainnya;
– Masker untuk mencegah penularan penyebaran COVID 19;
– Uang atau bentuk lainnya untuk menunjang aksi ini;

Dukungan dalam bentuk uang juga boleh dan dapat ditransfer langsung ke rekening BCA dengan nomor 5045113245 atas nama PT. Cybers Global Indonesia atau melalui laman Kitabisa.com atau Benihbaik.com.

Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Jenis kopi jujur yang disarankan untuk aksi 1 juta cup kopi adalah Kopi Tubruk 100% Fine Robusta Asli, Kopi Filter dan Kopi Jahe. Pun begitu, semua jenis kopi dibolehkan, apakah itu jenis kopi arabika, kopi robusta, kopi liberika atau kopi ekselsa. Kopi jujur adalah kopi yang sebenarnya tanpa campuran essen.

Ensiklopedia virtual, Wikipedia, memasukkan essen sebagai bahan yang ditambahkan dengan sengaja ke dalam makanan dalam jumlah kecil, dengan tujuan untuk memperbaiki penampakan, cita rasa, tekstur, dan memperpanjang daya simpan.

Campuran essen bisa menghilangkan kekhasan dari rasa dan aroma kopi. Para penikmat kopi dengan mudah bisa mengenali mana kopi asli dan mana kopi yang sudah ditambahkan bahan essen. Mereka dapat membedakan kopi hanya dari mencium aromanya saja. Minuman kopi yang sudah ditambahkan essen memiliki aroma yang berbeda dengan kopi asli.

Apa itu essen? Penjelasan singkat mengenai essen adalah suatu jenis cairan atau serbuk yang ditambahkan pada suatu makanan agar menyerupai bahan dan aroma aslinya. Essen ini sangat familiar di kalangan pemancing. Mereka kerap memanfaatkan essen untuk menambah nafsu makan ikan dan bisa juga berguna untuk mengundang ikan agar berdatangan dan berkumpul.

Padahal tanpa tambahan apapun kopi tetap bikin ketagihan. Bagi kami di Aceh, setiap hari bisa berpindah-pindah dari beberapa warung kopi hanya untuk menikmati kopi terbaik, kopi asli tanpa campuran apapun.

Sebagai penutup tulisan ini, saya ingin sampaikan bahwa kopi adalah tanda persahabatan. Ajaklah seseorang menikmati segelas kopi, dan mereka akan dengan senang hati menerimanya. Soalnya, segelas kopi bisa mencairkan suasana hati yang sedang beku. Bahkan segelas kopi bisa meredakan sebuah konflik yang sudah berlangsung lama.

Orang akan merasa dilecehkan jika kita memberi uang lima ribuan, tapi mereka akan menganggapnya tanda persahabatan saat kita menawarinya satu gelas kopi seharga lima ribuan.

Di Aceh, orang kerap mendakwahkan bahwa minum kopi sebagai lambang kewarasan. Ini tercermin dalam ungkapan, “Jak tajep kupi, bah bek pungo!” Artinya, yuk minum kopi biar kita tidak jadi gila. []

Independence Palace dan Jatuhnya Saigon

0

Berkunjung ke Ho Chi Minh City tidaklah lengkap jika kamu tidak menyambangi Independence Palace, bangunan yang juga dikenal sebagai Istana Reunifikasi. Dalam perang Vietnam, Istana Merdeka yang dibangun di situs bekas Istana Norodom memiliki arti penting bagi reunifikasi Vietnam Utara dan Vietnam Selatan.

Pada tanggal 23 Januari 2018 silam, saya dan teman-teman (Riadi dan Nabil) sempat melihat dari dekat istana yang dirancang oleh arsitek Ngô Viết Thụ, itu yang menjadi rumah dan tempat kerja Presiden Vietnam Selatan selama Perang Vietnam. Istana yang memiliki ruang bawah tanah itu memiliki banyak sekali dokumen dan benda-benda dari sisa perang Vietnam.

Kami berkeliling dari satu ruang ke ruangan lain di istana tersebut, melihat benda-benda peninggalan perang seperti tank, ruang kontrol radio, kamar tidur presiden, mobil dinas presiden serta dokumen foto penyerahan Saigon.

Pada tanggal 30 April 1975, perang panjang antara Vietnam Utara melawan Vietnam Selatan yang dibantu Amerika Serikat resmi berakhir. Kejatuhan Saigon, ibu kota Vietnam Selatan, ditandai dengan dikuasainya Istana Kepresidenan yang berada di tenggara Saigon oleh Tentara Rakyat Vietnam (PAVN) dan Front Pembebasan Nasional Vietnam Selatan (Viet Cong).

Tank Vietnam Utara menerobos Istana
Tank Vietnam Utara menerobos pintu gerbang Istana. AFP/GI

Ada satu foto legendaris yang menandai Kejatuhan Saigon diabadikan photografer AFP, yang memperlihatkan sebuah tank milik Tentara Vietnam Utara (NVA) menerobos gerbang istana kepresidenan Vietnam Selatan di Saigon pada 30 April 1975.

Jatuhnya Saigon tak hanya mengakhiri perang yang sudah berlangsung selama 10 tahun, tetapi sekaligus memulai proses unifikasi kedua negara, menjadi Republik Sosialis Vietnam. Satu-satunya negara komunis di Asia Tenggara.

Dalam banyak literatur yang bisa kita baca, memperlihatkan bahwa proses kejatuhan Saigon dimulai pada Desember 1974 saat PAVN dan Vietcong menggelar serangan besar-besaran terhadap provinsi Phuoc Long, wilayah yang dipertahankan dengan sangat buruk.

Provinsi ini terletak di sebelah utara Saigon tidak jauh dari perbatasan dengan Kamboja. Pasukan Vietnam Utara berhasil menduduki ibu kota provinsi, Phuoc Binh pada 6 Januari 1975.

Pemerintah AS sebenarnya sudah menjanjikan bantuan militer ketika kondisi mulai tidak terkendali. Namun, Amerika sedang mengalami masalah dalam negeri yang cukup parah, dan ketika Vietnam Selatan butuh bantuan, mereka justru tidak berbuat apa-apa.

Saat itu Presiden Nixon yang terlibat skandal Wategate baru saja berhenti dan penerusnya Gerald Ford tak mampu meyakinkan Kongres untuk mendukung janji-janji Nixon untuk menyelamatkan Saigon dari tangan komunis.

Pada Maret 1975, Vietnam Utara kembali menggelar serangan besar-besaran yang membuat militer Vietnam Selatan kocar-kacir dan sekali lagi, AS sama sekali tak membantu.

Seperti umumnya pasukan yang sedang kalah perang, tentara Vietnam Selatan kemudian membiarkan daerah-daerah pegunungan seperti Pleiki dan Kontum jatuh ke tangan komunis.
Pasukan komunis terus maju merebut Quang Tri, Hue, dan Da Nang. Selanjutnya Vietnam Utara melakukan serangan di sepanjang pesisir ke arah selatan menuju Saigon.

Di Xuan Loc, di sebelah timur Saigon, pasukan Vietnam Utara mendapatkan perlawanan sengit dari Divisi ke-18 AD Vietnam Selatan. Pasukan ini bahkan mampu menghancurkan tiga divisi AD Vietnam Utara dalam pertempuran itu. Namun, itulah perlawanan sengit terakhir Vietnam Selatan.

Setelah kehilangan dukungan udara dan kehabisan amunisi, pasukan Vietnam Selatan terpaksa meninggalkan Xuan Loc pada 21 April 1975. Pasukan Vietnam Utara kemudian mulai mempersiapkan sebuah serangan akhir.

Di Saigon, Presiden Vietnam Selatan Nguyen Van Thieu mundur dan menyerahkan kekuasaan ke tangan Wakil Presiden Tran Van Huong sebelum kabur pada 25 April 1975.

Pada 27 April, pasukan Vietnam Utara dan Viet Cong benar-benar mengepung Saigon dan mulai menggelar manuver untuk mengambil alih kota itu. Pada dini hari 30 April 1975, Vietnam Utara menyerang dan hanya mendapati perlawanan ringan dari lawan.

Kemudian sejumlah tank AD Vietnam Utara menabrak gerbang Istana Presiden dan sekaligus mengakhiri perang Vietan. Akhirnya Vietnam Selatan menyerah. Jenderal Duong Van Minh mengaku kalah dan menyerah kepada Koloner Bui Tin dari AD Vietnam Utara.

Duong Van Minh sebenarnya baru berkuasa selama sehari setelah mengambil alih kekuasaan dari Tran Van Huong. Ada momen dramatis di balik pengakuan kalah tersebut.

“Anda tak perlu khawatir. Di antara bangsa Vietnam tidak ada yang menang atau kalah. Hanya bangsa Amerika yang kalah,” kata Kolonel Bui Tin kepda Jenderal Dong Van Minh.
“Jika Anda seorang patriot, anggap saat ini sebagai saat bahagia. Perang di negara kita sudah berakhir,” tambah Bui Tin.

Seperti banyak kita baca dalam laporan-laporan tentang perang Vietnam, sebelum Saigon jatuh, AS menggelar Operasi Frequent Wind untuk mengevakuasi warga sipil dan personel militer AS di Vietnam dan puluhan ribu warga sipil Vietnam Selatan.

Setelah mengambil alih Saigon, Vietnam Utara mengganti nama Saigon menjadi Ho Chi Minh City, seperti nama pahlawan mereka. Sejak itulah proses reunifikasi kedua negara berlangsung. Kini, Ho Chi Minh City yang berpenduduk sekitar 14 juta jiwa itu dikenal sebagai salah satu kota tersibuk di dunia.

Jika kalian berlibur ke Ho Chi Minh City, jangan lupa berkunjung ke Independence Palace selain ke War Remnants Museum atau Cu Chi Tunnel. Di sejumlah tempat itu, kalian dapat melihat betapa mengerikan perang Vietnam.

Meski sudah berganti menjadi Ho Chi Minh City, bukan berarti nama Saigon tidak pernah digunakan lagi. Kalian akan menemukan Saigon menjadi nama hotel, toko atau nama jasa tour. []

Kompas.com

Google Pangkas Anggaran Pemasaran Hingga 50 Persen

0
Google pangkas anggaran pemasaran

Email internal mengungkapkan bahwa Google memotong hingga 50 persen dari anggaran pemasarannya untuk paruh kedua tahun 2020. Pemotongan anggaran pemasaran mungkin merupakan cara untuk menahan api dari berkurangnya pendapatan iklan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

Perkembangan ini terjadi kurang dari seminggu sejak Google dijadwalkan untuk membahas hasil keuangan kuartal pertama 2020 pada tanggal 28 April. Menurut email yang diperoleh oleh CNBC, Google melembagakan pemotongan anggaran pemasaran di berbagai divisi Google.

Email tersebut menyatakan: “Ada pemotongan anggaran dan pembekuan perekrutan yang terjadi di seluruh pemasaran dan di Google … Kami, bersama dengan pemasaran lainnya, telah diminta untuk memotong anggaran kami sekitar setengah untuk H2.”

Google mengonfirmasi bahwa mereka sedang “mengevaluasi kembali” upaya pemasaran mereka, seperti yang diumumkan oleh CEO Google Sundar Pichai minggu lalu.

Bloomberg News menerima salinan memo yang dikirim Pichai pekan lalu tentang pemotongan yang menjulang di mana ia menyatakan:

“Pelajaran yang jelas dari 2008 adalah bahwa mempersiapkan diri lebih awal adalah kunci untuk menghadapi badai dan muncul dalam posisi untuk melanjutkan pertumbuhan jangka panjang …

Kami sedang mengevaluasi kembali laju rencana investasi kami untuk sisa tahun 2020. Itu dimulai dengan mengambil pandangan yang lebih kritis pada laju perekrutan untuk sisa tahun ini.

…kami terus berinvestasi, tetapi akan mengkalibrasi ulang fokus dan langkah investasi kami di bidang-bidang seperti pusat data dan mesin, dan pemasaran dan perjalanan yang tidak penting bagi bisnis.”

Pengumuman Sundar minggu lalu menekankan bahwa Google tidak akan mengurangi area di mana pengguna dan bisnis terus membutuhkan dukungan Google untuk pertumbuhan dan kesuksesan mereka.

Jadi, memotong anggaran pemasaran mungkin tidak memengaruhi dukungan untuk pelanggan dan bisnis saat ini.

Periklanan Perjalanan Turun Mungkin Mempengaruhi Penghasilan

Menurut sebuah tweet oleh seorang pemasar pencarian yang akrab dengan iklan perjalanan, jatuhnya iklan terkait perjalanan mungkin menjadi salah satu dari beberapa faktor yang berkontribusi terhadap hambatan negatif pada pendapatan.

Saham Google dilaporkan turun 2 persen dalam perdagangan setelah jam kerja. Penurunan ini terkait dengan pendapatan yang diterima Google dari iklan berkurang. Perusahaan dan brand besar mulai berhati-hati dalam memasang iklan. Masa pandemi covid-19 membuat banyak perusahaan memilih berhemat. []

SEJ

Zakat Digital, Ikhtiar Memajukan Ekonomi Umat

0
zakat digital
zakat digital. foto: mnctrijaya

Edi Fadhil masih tergolong muda ketika menggagas program “Cet Langet”, sebuah inisiatif membangun rumah layak huni bagi kaum dhuafa di Aceh. Ide Cet Langet (mengecat langit, terj) tersebut bermula ketika ia menerima kiriman foto yang memperlihatkan sebuah rumah milik dhuafa di Aceh Utara. Foto hasil dari pemetaan etnografi kemiskinan itu menggugah rasa kemanusiaannya. Lalu, ia pun berinisiatif untuk membantu keluarga miskin tersebut, dengan melihat langsung kondisi rumah sekaligus menjumpai penghuninya.

Pria kelahiran Lamraya, Aceh Besar, 16 Juni 1984, itu lalu meminta izin pada sang pemilik untuk mengambil gambar rumahnya. Jepret! Gambar tersebut kemudian dia unggah ke akun profil Facebook miliknya. Sebagai aktivis dan pekerja kemanusiaan, Edi memang kerap memposting aktivitas atau foto kegiatan sosialnya di media sosial. Ia pun berharap bisa menjaring dukungan dari warganet untuk membantu pembangunan rumah dhuafa tersebut.

Fadhil menulis beberapa kalimat keterangan foto layaknya orang bercerita bahwa pemilik rumah tersebut sangat menanti uluran tangan. Tak lupa dia juga menyebutkan estimasi kebutuhan dana untuk membangun sebuah rumah sederhana. Sebagai orang yang sering menggunakan media sosial, ia sadar bahwa unggahannya akan mendatangkan banyak ‘like‘ dan ‘komentar‘. Netizen Indonesia sudah ‘terbukti’ paling cepat soal beginian.

Ia pun menulis aturan main bagi yang ingin menyukai atau berkomentar pada gambar yang diunggahnya itu: siapa saja yang ‘like’ dan ‘berkomentar’ harus bayar! Ia memasang tarif Rp100 ribu untuk like dan komentar. Apa yang terjadi? Rupanya cukup banyak orang yang ingin membantu. Tanggapan mereka rata-rata positif dan warganet tidak peduli soal ‘unggahan berbayar’ ini. Hasilnya, dalam tempo tiga hari saja sudah terkumpul dana Rp7 juta.

Saat tulisan ini ditulis, dia sudah menginisiasi pembangunan 90 unit rumah untuk kaum dhuafa di Aceh, hanya dengan menggalang dana melalui media sosial Facebook. Para donatur terus berdatangan, tidak hanya berasal dari Aceh, tapi juga dari luar Aceh. Untuk menampung dana, Fadhil menggunakan rekening pribadi, dan secara berkala melaporkan jumlah dana yang masuk, daftar penyumbang serta kebutuhan dana per unit rumah. Jika dana yang terkumpul untuk satu rumah melebihi yang diperlukan (anggaran per rumah Rp45 juta), dana sisa tersebut diakumulasikan untuk pembangunan rumah yang lain.

Sampai kini gerakan Cet Langet itu masih eksis membangun rumah dhuafa. Bahkan, gerakan filantropi ala Edi Fadhil merambah ke sektor lain, seperti Gerakan Mari Belajar (GMB) untuk membantu beasisa anak putus sekolah atau terancam tidak ada biaya melanjutkan studi, serta “Super Store” dalam bentuk pemberian modal usaha bagi masyarakat kurang mampu. Bahkan menjelang masuknya bulan ramadan 2020, Edi turut serta menggalang dana membantu warga miskin dalam bentuk pemberian sembako dan daging meugang (tradisi mengonsumsi daging tiap mau masuk bulan puasa).

Mengapa saya memulai tulisan ini dengan cerita tentang Edi Fadhil? Ya, saya langsung teringat nama pendiri Sekolah Demokrasi Aceh Utara (SDAU) ini saat menulis soal zakat dan kebaikan berbagi ini. Saya membayangkan bagaimana dana zakat yang cukup besar itu dikelola seperti cara Edi mengelola program Cet Langet, pasti akan memberi dampak yang jauh lebih besar, serta menunjukkan betapa besar dampak dari kebaikan berbagi.

Soalnya, potensi zakat di Indonesia sangat luar biasa. Suatu ketika, Presiden Joko Widodo menulis di akun Instagram miliknya, @jokowi, bahwa potensi zakat umat Islam di Indonesia mencapai 1,75 persen dari PDB atau berkisar pada angka Rp232 triliun. Meski, jumlah zakat yang terkumpul belum mampu mencapai angka tersebut, tetapi nilainya tetap besar. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyebutkan, sepanjang tahun 2019, zakat yang terkumpul mencapai Rp10 triliun lebih.

Dengan jumlah tersebut kira-kira berapa rumah dhuafa yang bisa dibangun, seberapa banyak anak-anak yang terancam putus sekolah terbantu, dan unit usaha kecil masyarakat kurang mampu yang bisa dihidupkan? Saya tidak cukup menguasai ilmu matematika untuk menghitung program potensial ini. Namun, saya tahu bahwa zakat adalah sumber kekuatan membangun ekonomi umat (zakat power).

Zakat, sebuah konsep dasar

Zakat merupakan satu dari lima rukun Islam, dan karena itu kedudukannya sangatlah penting seperti empat rukun Islam yang lain. Sudah tak terhitung pembahasan zakat yang ditulis para pakar ekonomi Islam, dan sebagian ulasannya bisa dengan mudah kita baca di internet. Dalam tulisan ini, saya hanya merujuk secara sambil lalu saja tentang konsep dasar zakat, yang saya kaitkan dengan zakat sebagai sumber kekuatan (saya menyebutnya: zakat power).

Apa yang menarik dari konsep zakat? Seperti kita tahu, sumber etimologis dari kata-kata yang menyertai zakat adalah sebuah kata kerja. Ini misalnya, tercermin dari kalimat “…dengan mengeluarkan zakat harta menjadi murni dan bersih” atau “menjadi taat dan saleh dengan berzakat“. Tidak hanya itu, dalam zakat juga melekat sifat-sifat yang baik, seperti “zakat berarti memberi atau pemberian yang berdasarkan perintah agama.

Kita sudah sering diingatkan oleh para ulama bahwa zakat dapat membersihkan dosa dan menyucikan harta. Soalnya, zakat adalah suatu mekanisme untuk mengurangi rasa mementingkan diri sendiri dan menebus dosa mementingkan diri sendiri di masa lampau. Melalui zakat, kita sedang menata perbaikan diri sendiri. Ulama juga mengingatkan bahwa membayar zakat tidak mengurangi harta, dan ini terkait dengan konsep kerja-tumbuh atau bertambah, yang kerap dikaitkan dengan tanda bersyukur: jika bersyukur (membayar zakat) Allah akan menambahkan nikmat. Jadi, dengan membayar zakat akan membawa manusia kepada pertambahan berkah (berkat), baik itu berupa kekayaan materi di dunia atau keuntungan spritual di akhirat.

Terlepas apapun penafsirannya, yang jelas zakat adalah perintah agama dan termasuk tindakan keagamaan. Inilah yang membuatnya berbeda dengan wajib pajak, misalnya. Orang membayar pajak sering mengeluh terkait pertambahan nilai pajak (pajak naik), aturan yang membelit-belit atau sering menganggap membayar pajak hanya menguntungkan pengelola pajak: dikorupsi. Ada sikap penolakan terhadap pajak, sesuatu yang tidak pernah kita temui dalam kewajiban zakat, kecuali pada masa Khalifah Abubakar: ada umat yang menolak membayar zakat dan karenanya diperangi.

Zakat sejatinya adalah untuk membantu orang-orang yang membutuhkan atau kerap disebut sebagai asnaf (Q.S. At-Taubah:60). Dari segi ini, jelas bahwa zakat dimaksudkan sebagai suatu sistem jaminan dan asuransi sosial bagi semua orang yang tidak mempunya hak milik dalam masyarakat Islam. Distribusi dan pemerataan ekonomi dalam Islam menjadi pilar dari penegakan syariat.

Al Quran memang tidak secara terperinci menjelaskan tentang harta benda yang harus dikeluarkan zakatnya. Masalah ini lebih banyak terdapat dalam hadis dan kemudian dirumuskan oleh ahli hukum Islam. Namun, semua sepakat bahwa hanya kekayaan yang terlah mencapai batas minimum tertentu (sampai nisab) dan telah dimiliki selama setahun atau lebih sajalah yang harus dikeluarkan zakatnya. Jadi, ada banyak jenis harta benda yang tidak diharuskan membayar zakat.

Zakat di era digital

Ada hal menarik yang disampaikan Presiden Jokowi terkait zakat. “…potensi pertumbuhan dan penyaluran zakat di negara kita masih sangat besar. Saya berharap, zakat akan terintegrasi secara digital dengan sistem yang lebih baik,” katanya via akun Instagram resmi @jokowi. Dengan sistem ini, Jokowi berharap penerimaan zakat tahun 2019 ini dapat meningkat. Tahun ini, Baznas menargetkan penghimpunan dana zakat Rp10 triliun.

View this post on Instagram

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan, sepanjang tahun 2018 zakat yang terkumpul sebesar Rp8,1 triliun. Ini jumlah yang terbilang sangat kecil dibanding perkiraan potensi zakat nasional tahun lalu yaitu sebesar 1,75 persen dari PDB atau sekitar Rp232 triliun! Apa artinya? Potensi pertumbuhan dan penyaluran zakat di negara kita masih sangat besar. Untuk itu, ke depan saya berharap zakat akan terintegrasi dengan digital dan database zakat, dengan sistem yang lebih baik. Dengan demikian, penyalurannya bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Zakat memiliki peranan yang sangat penting untuk menggerakan pertumbuhan ekonomi, mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan mendorong Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah dunia.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Target tersebut mungkin cukup mudah dicapai ketika sistem pengumpulan zakat beralih dari konvensional menjadi digital, melalui zakat digital atau seperti yang digagas Dompet Dhuafa melalui kegiatan berbagi. Perubahan sistem ini sangat penting untuk menjangkau para milenial, yang menginginkan sebuah kemudahan ketika ingin melakukan transaksi amal. Apalagi, transaksi zakat digital ini lebih menghemat waktu dan zakatnya bisa langsung tersalurkan.

Intervensi negara dalam upaya pengumpulan dan penyaluran zakat menjadi sebuah keniscayaan, seperti langkah yang dilakukan oleh Baznas melalui program Zakat Digital. Berubahnya metode pengumpulan zakat model tradisional ke sistem digital, diyakini akan mendongkrak nilai pengumpulan zakat, infak dan sedekah. Zakat digital seperti yang dikembangkan Baznas atau program donasi dompet dhuafa menjadi saluran yang lebih mudah bagi masyarakat untuk berzakat. Sistem ini juga akan memudahkan distribusi zakat kepada mustahik zakat.

Kehadiran zakat digital membuat proses pembayaran zakat semudah membeli pulsa atau membayar tagihan secara online. Apalagi, kini untuk membayar zakat Anda dapat melakukan melalui layanan e-commerce, Apps dan Social Media. Layanan tersebut memang sangat cocok untuk generasi milenial yang melek teknologi digital. Merek cukup menekan tombol donasi sekarang seperti yang digagas Dompet Dhuafa.

Kita sudah melihat betapa dahsyatnya kebaikan berbagi seperti dilakukan Edi Fadhil melalui media sosial. Jika Edi Fadhil mampu menggalang dana dengan memanfaatkan media sosial Facebook untuk membantu masyarakat kurang mampu, maka dengan adanya program zakat digital negara pasti dapat melakukannya dengan lebih baik. Saya membayangkan, melalui program zakat digital, kita tidak hanya mampu membangun ribuan rumah dhuafa, membantu jutaan anak putus sekolah atau membiayai ratusan ribu unit usaha kecil untuk masyarakat kurang mampu, melainkan berbagai sektor sosial dan ekonomi lainnya mampu digerakkan.

Dengan demikian, mungkin saja orang seperti Edi Fadhil tidak lagi harus melakukan tugas-tugas yang sebenarnya itu menjadi kewajiban negara. []

Souvenir Tumbler Murah, Beli Aja di Souvenirku.id

0
Produk Souvenir Tumbler Murah Beli Aja di Souvenirku.id
Display produk tumbler di souvenirku.id

Jika Anda membutuhkan Souvenir Tumbler Murah, Beli Aja di Souvenirku.id, sebuah vendor atau pusat produksi yang fokus menggarap produk souvenir atau merchandise untuk keperluan promosi perusahaan.

Sebagai perusahaan yang khusus bergelut memproduksi souvenir, Souvenirku.id menyediakan aneka macam barang-barang yang cocok dijadikan buah tangan, misalnya flashdisk souvenir, tumbler souvenir, mug souvenir, pulpen souvenir, payung souvenir, jam souvenir dan masih banyak lagi produk yang cocok dijadikan souvenir promosi.

Nah, jika anda mencari Souvenir Tumbler Murah, produk dari perusahaan souvernir asal Tangerang ini cocok menjadi pilihan. Ada banyak pilihan warna dan model menarik yang cocok dijadikan buah tangan. Teman dan kerabat Anda pasti akan menyukai produk tumbler yang Anda hadiahkan.

Apa itu Souvenir Tumbler?

Secara harfiah, tumbler berarti suatu benda yang memiliki bentuk serupa dengan tempat minum. Banyak orang menyebutnya sebagai botol air minum. Dewasa ini, sudah banyak orang menggunakan produk tumbler sebagai pengganti tempat minum mereka. Mereka selalu menyediakan tumbler saat menempuh perjalanan, atau ketika pergi memancing ke spot mancing.

Belakangan ini, saya sering melihat teman-teman saya para pecinta gowes menggunakan tumbler. Mereka merasa lebih nyaman dan praktis membawa botol minuman jenis tumbler ini daripada membeli air dalam kemasan. Produk tumbler ini bahkan dapat mereka gunakan berkali-kali. Tidak ada lagi kesan bahwa botol tumbler ini hanya untuk digunakan anak-anak sekolah.

Dewasa ini, perusahaan penyedia produk tumbler sudah menciptakan beragam model tumbler, yang cocok digunakan segala usia. Orang dewasa tidak lagi malu-malu membawanya di dalam tas, mobil atau ketika nongkrong bersama teman-teman. Apalagi, dari segi bentuknya pun sangat menarik dipandang mata.

Jadi, souvenir tumbler adalah sejenis oleh-oleh atau buah tangan berupa termos yang memiliki banyak jenis, ukuran, desain dan style yang beragam. Souvenir tumbler kini sudah banyak digunakan untuk keperluan pribadi maupun sebagai bentuk promosi brand. Perusahaan besar menyediakan tumbler sebagai hadiah untuk mempromosikan produk dan jasa mereka.​

Jenis-jenis Souvenir Tumbler


Souvenirku.id menjual beragam jenis tumbler yang bisa Anda manfaatkan sebagai souvenir. Anda boleh mengajukan permintaan sesuai dengan jenis yang Anda inginkan. Misalnya, Anda mau memberikan souvenir tumbler sebagai oleh-oleh pernikahan atau hadiah untuk event tertentu. Souvenirku.id akan memberikan diskon menarik jika Anda membeli/memesan souvenir secara grosiran atau eceran.

Berikut ini beberapa jenis souvenir tumbler yang diproduksi/dijual di souvenirku.id:
1. Tumbler Plastik
Tumbler plastik adalah jenis tumbler yang paling banyak dipakai, umumnya oleh anak-anak sekolah. Salah satu alasannya, karena tumbler jenis ini mudah saat dibawa kemana-mana dan harganya pun tidak mahal.

2. Tumbler Insert Paper
Sebenarnya tumbler insert paper hampir sama dengan tumbler plastik karena bahannya sama-sama dari plastik. Yang membedakannya hanya proses dan cara cetak logonya saja. Logi pada tumbler plastik disablon, sedangkan jenis ini dimasukkan kertas yang telah ada cetak logonya.

3. Tumbler Aluminium
Dari namanya saja sudah jelas kalau tumbler jenis ini terbuat dari aluminium. Bahannya kuat dan tahan lama. Botol minum atau tumbler jenis ini banyak dipakai dalam kegiatan olahraga/sport. Orang-orang yang hobi gowes sering menggunakan jenis tumbler ini.

4. Tumbler Stainless
Tumbler jenis terakhir ini adalah tumbler stainless. Pasti semua sudah tahu kalau jenis ini adalah yang paling bagus di antara tumbler lainnya. Tumbler stainless umumnya digunakan sebagai souvenir oleh perusahaan besar sebagai cinderamata untuk para customernya. Ada juga yang dibagikan kepada para karyawan untuk dipakai di kantor sehari-hari.

Manfaat Tumbler selain Souvenir

Ada banyak manfaat dari produk tumbler ini. Misalnya, dapat menghemat pengeluaran kita saat berada di luar rumah. Misalkan saja kita membeli air mineral sebuah merek, yang satu botolnya seharga Rp3.000. Jika dalam satu hari kita membeli 4 botol air minum dalam kemasan, berati kita sudah mengeluarkan Rp12.000. Coba hitung berapa uang yang harus kita keluarkan setiap bulan untuk membeli air minum kemasan?

Nah, alih-alih membeli air dalam kemasan, justru lebih praktis membawa minuman sendiri menggunakan tumbler. Memang sih, sudah puluhan tahun kita dimanjakan oleh produk air dalam kemasan. Dan, kita dibuat ketergantungan oleh budaya beli air dalam kemasan ini.

Selain menghemat biaya pengeluaran, menggunakan produk dari perusahaan Souvenir Tangerang ini dapat menjadi ikhtiar bagi kita dalam menjaga lingkungan. Menggunakan tumbler bisa membantu mengurangi jumlah sampah botol plastik.

Dengan menggunakan tumbler, kita tidak harus membeli air mineral sampai empat botol dalam sehari, yang artinya kita sudah mengurangi sampah plastik sebanyak 4 botol. Kalau masing-masing keluarga mampu mengurangi sedikitnya 4 botol minuman plastik, berarti ada banyak sampah plastik yang dapat dikurangi.

Jadi, tumbler itu tidak semata-mata sebagai souvenir, melainkan sebagai ikhtiar dan langkah kecil untuk peduli pada lingkungan. Mengurangi sampah plastik berarti sudah turut andil menjaga agar lingkungan kita dijauhkan dari banjir. Bukan rahasia lagi jika di sungai kita kini bertumpuk sampah plastik, di mana sebagian besar berupa botol minuman.

souvenir tumbler murah di souvenirku.id
Model tumbler dari souvenirku.id

Beli Souvenir Tumbler Murah di Souvenirku.id

Saya pernah mendapat hadiah berupa dua tumbler/termos minuman dari mengikuti kontes lomba blog. Dua tumbler itu saya dapatkan dari dua kontes berbeda, dan bentuk tumblernya pun beda-beda. Model tumbler yang saya miliki rupanya tidak jauh berbeda dengan model tumbles yang terdapat di etalasi website souvenirku.id. Saya yakin, penyedia kontes tersebut memesan atau membelinya dari situs penyedia produk souvenir ini.

Saya sempat melihat-lihat model tumbler yang dipajang di website sourvenirku.id, desain dan bentuknya begitu menarik. Mereka membuat produk tumbler dengan beradam jenis model, dari model yang cocok digunakan oleh anak-anak hingga model untuk orang dewasa. Dari tumbler berbahan stainless hingga tumbler mungil dari plastik. Melihatnya saja sudah bikin mata kita manja, apalagi saat menggunakannya.

Nah, bagi Anda yang butuh buah tangan atau souvenir tumbler murah, beli aja di souvenirku.id. Ada banyak alasan mengapa produk dari souvenirku.id ini jadi pilihan, di antaranya:

1. Harga souvenir di souvenir.id murah.
2. Souvenir yang ditawarkan berkualitas.
3. Awet dan tahan lama.
4. Pengiriman cepat.
5. Garansi

Mudah-mudahan pembahasan di atas bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pembaca yang ingin membeli souvenir tumbler murah. []

Bentrok TNI vs Polri di Papua, Tiga Personel Polisi Tewas

0

Bentrokan antara oknum TNI-Polri terjadi di Kabupaten Membramo Raya, Papua, Minggu (12/4/2020) sekitar pukul 07.40 WIT. Tiga personel polisi meninggal dalam pertikaian tersebut.

Bentrokan berdarah ini melibatkan oknum anggota Satgas Pamrahwan Yonif 755/20/3-Kostrad dengan anggota Polres Mamberamo Raya, di Jalan Pemda I, Kampung Kasonaweja, Distrik Mamberamo Tengah.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Polisi Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, pertikaian itu akibat salah paham.

Akibat pertikaian itu, tiga anggota polisi meninggal dunia, dan dua anggota polisi lainnya terluka terkena tembakan. Jenazah anggota Polres Membramo Raya yang meninggal akibat luka tembak saat bentrok dengan oknum TNI dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua, Kota Jayapura, Minggu petang.

Korban meninggal masing-masing Briptu Marselino Rumaikewi, Briptu Alexander Ndun dan Bripda Yosias. Jenazah mereka dievakuasi menggunakan helikopter milik TNI Angkatan Darat.

Sementara, dua korban luka yakni Bripka Alva Titaley dan Brigpol Robert Marien divakuasi menggunakan pesawat Cesna Caravan seri CA- 208 milik maskapai Sam Air.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel CPL Eko Daryanto seperti dikutip dari Kompas.com membenarkan peristiwa itu.

Menurutnya, pertikaian itu akibat salah paham. Namun, saat ini Kodam XVII/Cenderawasih maupun Polda Papua telah menurunkan tim untuk melakukan penyelidikan.

Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw mengimbau semua anggota baik Polri maupun TNI untuk tetap tenang, dan tidak terhasut untuk melakuan aksi balasan.

Paulus meminta seluruh perwira dapat menenangkan anggotanya.

“Kami akan konsolidasi untuk menenangkan semua anggota kami, prajurit kami, terutama perwira di lapangan untuk bisa menenangankan semuanya dan tidak keluar dari komando,” kata Paulus, di Base Ops Lanud Silas Papare, Minggu (12/4/2020) petang.

Paulus telah menginstruksikan untuk menarik senjata yang dipegang anggotanya di masing-masing satuan.

Dia juga memastikan, situasi di Mamberamo Raya sudah mulai kondusif.

“Semua yang memegang senjata kami tarik, dan kami amankan agar tidak ada aksi balasan,” kata Paulus. ()

Kompas.com

Populer