Beranda blog

Irwandi Yusuf, Pria Berkacamata Itu…

0

Suatu hari di tahun 2001, yang tak aku ingat persis hari apa dan tanggal berapa, seorang pria dengan tinggi badan pas-pasan dan berkaca-mata, memarkir vespa berwarna perak di halaman sebuah rumah yang berada di sisi kanan kantor Sentral Informasi Referendum Aceh (SIRA). Sepeda motor ‘legendaris’ itu diparkir tepat di bawah pohon kelapa setinggi lima meter, dan secara tidak langsung melindungi sepeda motor itu dari cahaya matahari langsung. Hari itu, cuaca di Banda Aceh, memang sedang terik betul.

Dengan langkah gontai, pria itu masuk ke dalam kantor di bilangan Teuku Panglima Polem Nomor 62 yang saat itu belum terpasang jendela. Di dalam kantor, dia bersalaman dengan beberapa aktivis di kantor itu, dan berbicara dengan mereka untuk beberapa menit. Dia duduk di ruang tengah kantor di mana sebuah meja seukuran dua kali tiga meter berada. Para aktivis kerap berdiskusi di ruangan ini, kadang untuk rebahan, atau menonton layar televisi. Aku tidak ingat, apakah dia sempat menghabiskan rokok 234 yang disulutnya sesaat setelah berada di dalam kantor. Soalnya, dia tampak seperti terburu-buru.

Saat pria berkaca mata itu keluar dari kantor, seorang aktivis di kantor itu menyusulnya. Pria yang juga seorang dosen membuka bagasi sepeda motornya, dan mengambil sesuatu di dalamnya. Rupanya hanya satu bundel kertas hasil fotocopy. Berkas itu segera berpindah tangan. Setelah itu, dia menghidupkan vespa bututnya, dan segera menghilang dari sana. Suara dari mesin sepeda motor itu baru menghilang setelah tiba di simpang masuk jalan T Panglima Polem.

Sepulang pria berkacamata itu, kami sempat membaca isi dari kertas yang tadi diantar tersebut. Aku sendiri hanya membaca sekilas tulisan berukuran besar di atasnya: AMARAN. Tulisan ini berada di bawah sebuah lambang buraq-singa dan tulisan Acheh Sumatera National Liberation Front. Amaran itu ditulis dalam bentuk poin bernomor 1, 2, 3 dan seterusnya. Diketik dalam bahasa Aceh ejaan lama seperti yang biasa kita baca dalam tulisan-tulisan Wali Neugara Aceh Merdeka, Hasan di Tiro. Pada bagian paling bawah, terdapat nama dan tanda tangan dari orang yang mengeluarkan amaran. Tertulis, Juru Bicara Militer ASNLF, Teungku Sofjan Dawood.

Kertas yang berisi pesan ajakan mogok itu, oleh aktivis di kantor itu, sebagiannya disimpan di bawah kasur palembang yang sudah kusam. Sementara sebagian lagi dibagi ke berapa orang agar ditempel di tempat-tempat yang dipandang perlu. Seorang abang becak yang sudah menjadi bagian dari keluarga besar SIRA, mengambil sebagian besar kertas itu dan membawa bersamanya. Esoknya, beberapa orang mengaku melihat kertas tersebut ada di halte bus, di pintu pertokoan dan di tiang listrik. Kala itu, penyampaian pesan melalui selebaran sangat efektif.

Sejak bertemu pertama kali di kantor SIRA itu, aku tak pernah lagi melihat sang dosen berkacamata itu. Bahkan, ketika aku dan beberapa teman berkunjung ke Alue Dua, Nisam saat CoHA, juga tidak bertemu dengannya. Hanya beberapa kali aku mendengar kabar tentangnya, dan hal apa saja yang dilakukannya dalam membantu propaganda GAM. Ya, sang dosen alumni sebuah kampus di Amerika itu kerap menerjemahkan pesan-pesan propaganda GAM ke dalam bahasa Inggris dan disebarkan ke kalangan wartawan dalam dan luar negeri.

***
Awal tahun 2005, sekali lagi, aku berjumpa dengan pria berkaca-mata itu. Perjumpaan ini terjadi jauh dari Aceh, di kantor Aceh Support Group (ASG) di bilangan Manggarai, Jakarta Selatan. Waktu itu, aku dari lantai dua dan hendak membeli rokok. Pria itu sedang duduk menyandar di lantai dasar dan asik bermain dengan handphone-nya.

“Oh, Teungku, pajan troh?” aku mengulurkan tangan menyalaminya.
“Ban, mantong,” jawabnya. Tatapannya masih tajam seperti pertama kali aku melihatnya di Aceh.

“Neu-ek u ateuh. Awak nyoe di ateuh mandum,” kataku. Dia segera mengambil tas dan bergegas naik ke lantai dua.

Aku tidak tahu apa yang dibicarakannya di atas, tapi dia memang ada janji bertemu dengan Faisal Ridha. Namun, ketika aku kembali ke kantor hampir setengah jam kemudian, sang pria berkaca-mata itu sudah tidak ada lagi. Aku hanya tahu dia membutuhkan laptop saat itu. Boleh jadi banyak hal yang ingin ditulis dan dikirimkannya kepada pimpinan GAM di luar negeri.

Hanya saja, dia menolak ketika ditawarkan laptop second. Dia mau laptop yang masih baru dan memiliki fitur canggih. Soalnya, meski berprofesi sebagai dosen di Aceh, dia cukup melek teknologi. “Kujok laptop bekas pakek, han geutueng,” kata Faisal Ridha, kala itu.

Setelah itu, aku mendengar kabar, dia sudah berada di Malaysia. Dan tidak lama kemudian ke Eropa, menemui petinggi GAM di sana. Dan, ketika proses pembicaraan damai antara GAM dan RI berlangsung, sang pria itu mulai dilibatkan. Kehadiran juru propaganda GAM ini dipandang penting karena dianggap lebih mengetahui kondisi terakhir di lapangan seusai tsunami. Belakangan, pihak Pemerintah RI menolak jika pihak GAM melibatkan dosen dari kampus di Darussalam itu. Soalnya, yang bersangkutan masih berstatus sebagai tahanan politik.

Namun, dalam banyak kesempatan, sosok yang memiliki banyak nama samaran itu, seperti Tgk Agam, Isnandar Al Pasee atau Jean Micheal Hara (J.M Hara) ini mengaku tidak lari dari penjara, melainkan penjara yang lari darinya. Pria berkacamata itu, Irwandi Yusuf.

***
Setelah MoU Helsinki ditandatangani pada 15 Agustus 2005, pria yang pernah menolak laptop second itu menjadi sosok penting di Aceh. Alumnus S2 pada Universitas Negeri Oregon, Amerika Serikat ini menjadi Representatif GAM untuk Aceh Monitoring Mission (AMM) yang diketuai oleh Pieter Feith. Nama dan wajahnya semakin sering masuk halaman depan koran lokal, nasional dan juga media luar negeri.

Lalu, Aceh menyambut pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2006. Dalam Duek Pakat Bansa Aceh Ban Sigom Donja di Gedung Dayan Dawood, pada 20-21 Mei 2006, nama pria berkacamata itu sama sekali tidak masuk dalam bursa. Kala itu, mayoritas peserta rapat memilih Nashiruddin bin Ahmed-Muhammad Nazar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dari GAM. Namun, hasil rapat itu belakangan justru memercik api perpecahan di kalangan orang GAM, khususnya antara kelompok muda dan tua. Pasangan yang terpilih tersebut kemudian bubar di tengah jalan. Kalian baca saja laporan Kembalinya Propagandis GAM ke Singgasana.

Singkatnya, kelompok muda GAM sibuk ke sana ke mari mencari pengganti Teungku Nashiruddin bin Ahmed, seorang juru runding GAM yang ditangkap menjelang bubarnya CoHA. Saat itu, ada dua nama yang gencar disebut-sebut yaitu Irwandi Yusuf dan Nur Djuli. Nama yang terakhir memudar dengan sendirinya setelah ditolak oleh pasukan GAM di lapangan.

Nama Irwandi Yusuf kian menguat sebagai calon gubernur Aceh, meski yang bersangkutan sempat beberapa kali menolak ikut Pilkada. Aku ingat sebuah pertemuan kecil di sebuah kamar di Sultan Hotel, Peunayong. Di dalam kamar yang aku lupa nomor berapa, sudah ada Nurdin Abdurrahman, Irwandi Yusuf, Sofjan Dawood dan beberapa orang yang mengaku dari Aceh Wall Trade Center (AWTC), kelompok pengusaha Aceh yang pulang dari Malaysia. Soal calon gubernur sempat disinggung dalam obrolan ringan dan santai itu.

Saat namanya disebut sebagai calon gubernur menggantikan Nashiruddin bin Ahmed, Irwandi yang sedang tidur tengkurap di atas kasur seketika bergerak, terduduk. “Bek kei, syi mita laen dile,” katanya, menolak. Orang-orang yang duduk di lantai kemudian menimpali bahwa saat itu hanya dirinya yang lebih dikenal di Aceh dan paling refresentatif menjadi calon dari GAM.

Dalam Rakor SIRA di Wisma Cendana pada 20-21 Agustus 2006, para aktivis referendum secara bulat menduetkan Irwandi Yusuf dengan Nazar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada 2006. Sejak itu, keduanya disosialisasikan dengan gencar ke lapangan. Mereka maju melalui jalur perseorangan. Wadah segera dibentuk. Seuramoe Irwandi Nazar (SINAR).

“Ngon modal ie babah puteh dan sembahyang, geutanyoe mampu ta peusapat 3 persen KTP dukungan dari seluruh Aceh,” kata Irwandi dalam sebuah rapat koordinasi SINAR sehari seusai pencoblosan.

Irwandi Yusuf dan Nazar maju dari jalur independen berdasarkan hasil quick-count meraup 38,20 persen. “Atas kerja keras tim, usaha yang sungguh-sungguh dan komitmen pada perjuangan, terlihat bahwa kita keluar sebagai pemenang. Secara resmi diumumkan oleh KIP pada 2 Januari 2006,” tambah Irwandi.

Aku mencatat banyak hal yang disampaikan oleh Irwandi dalam rapat koordinasi itu. Di antaranya, dia tak mau dilantik di Jakarta serta tak mau dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Memang, Irwandi tidak dilantik di Jakarta melainkan dalam rapat paripurna DPRA, dan dilantik oleh Mendagri Muhammad Nuh (kini almarhum). Padahal, Irwandi ingin sekali dilantik di Masjid Raya Baiturrahman. “Agar lebih merakyat,” katanya.

Meski terpilih sebagai Gubernur Aceh, Irwandi ingin membatasi hubungan dengan Jakarta. Memang, selama dipimpin Irwandi, hubungan Aceh dengan Jakarta sedikit naik-turun. Hal itu sangat wajar, karena Aceh baru saja terbebas dari konflik berkepanjangan. Ada saja kerikil-kerikil kecil yang mengganggu hubungan kedua pihak yang lebih 30 tahun berseteru.

Ada lagi janji Irwandi kala itu, yaitu tidak mau tinggal di pendopo. Ia akan mengusahakan agar Pendopo menjadi kediaman Wali Neugara, Hasan Tiro, sekira pulang ke Aceh. Benar, sebagai gubernur, Irwandi memang tidak tinggal di Pendopo, dia lebih memilih tinggal di sebuah rumah di Jalan Salam, Lampriet.

Aku memang tidak dekat dengan Irwandi Yusuf, tapi pernah beberapa kali bercengkrama dan bercanda dengannya, dan itu terjadi selama masa kampanye Pilkada 2006. Pernah juga beberapa kali satu mobil dengannya ketika turun ke lapangan. Selama aku mengenalnya, dia kerap bicara ceplas-ceplos dan apa adanya. Dia kadang bicara kasar kepada temannya, tapi belakangan aku tahu, begitulah dia kerap bersikap dengan sahabatnya.

“Munyoe geu tenak teuh, nyan berarti gobnyan toe ngon tanyoe,” kata beberapa teman dekatnya.

Ada satu kejadian yang hingga kini masih aku ingat baik-baik, yang menunjukkan kalau dia seorang pribadi yang jujur. Saat masa kampanye, pasangan Irwandi Yusuf dan Muhammad Nazar sama sekali tidak diperhitungkan sebagai kandidat pemenang Pilkada. Karenanya, tak banyak orang kaya yang mendukung pasangan ini. Pengusaha lebih yakin pada pasangan Humam Hamid-Hasbi Abdullah yang didukung para petinggi GAM.

Sekali waktu, ada seorang pengusaha Aceh di Medan (?) memberikan selembar cek untuk biaya operasional. Nilainya ketika itu termasuk besar untuk kandidat yang bekerja dengan ie babah puteh, Rp150 juta. Irwandi tidak mencairkan cek itu untuk dirinya, melainkan dia serahkan kepada bendahara SINAR. Padahal tidak ada seorang pun yang tahu hal ihwal cek tersebut, dan dia bisa saja mengambil untuk dirinya sendiri. Apa yang dilakukan itu, bagiku, sebuah sikap yang patut dipuji. Saat itu, aku tahu, dia seorang yang jujur!

***
Aku memang tidak menjadi pendukungnya (dalam pengertian menjadi tim sukses) dalam Pilkada 2017 lalu, dan bukan pula tim sukses kandidat lain. Aku hanya disebut-sebut sebagai pendukung Apa Karya, karena memang aku beberapa kali menulis sosok yang membuat Pilkada 2017 itu berlangsung semarak dan kocak. Namun, penangkapan Irwandi pada 3 Juli 2018 lalu oleh KPK, sempat membuat aku kaget dan heran. Aku percaya KPK tidak sembarangan menangkap orang tanpa bukti kuat, tapi aku juga percaya bahwa Irwandi tidak melakukan seperti dituduhkan itu. Pasti ada yang salah atau ada pihak yang sengaja menjebaknya.

Namun, seperti pepatah latin, temporal muntatur etnos muntatur ilis, waktu itu berubah dan kita ikut berubah di dalamnya. Sudah lama aku tidak lagi dekat dengan Irwandi atau mengetahui sepak-terjangnya, dan terakhir aku bertemu dengannya seusai konferensi pers di kantor Demokrat Aceh atau dua hari setelah Pilkada, saat itu aku sedang mempersiapkan laporan Kembalinya Propagandis GAM ke Singgasana yang diminta oleh Tirto.ID.

Aku seperti masyarakat kebanyakan lainnya sedang menanti program Aceh Hebat yang akan membuat Aceh benar-benar hebat. Aku percaya, Aceh Hebat itu hanya mampu diwujudkan oleh orang hebat, dan sosok hebat itu Irwandi Yusuf. Sebelum program Aceh Hebat ini benar-benar hebat, Irwandi harus menghadapi dakwaan KPK. Kita semua menghormati proses hukum yang sedang dilakukan oleh KPK, tapi aku berharap bahwa Irwandi terbebas dari semua dakwaan itu. Aceh masih membutuhkan Irwandi Yusuf, hanya itu yang aku tahu. Kalian boleh menyebutku lebay untuk hal ini.

Aku tidak tahu bagaimana mengakhiri tulisan ini, tapi aku sempat membaca sebuah status di Facebook Faisal Ridha. Aku setuju dengan Faisal Ridha, dan berharap The Captain itu segera dibebaskan jika tidak terbukti bersalah. Program Aceh Hebat tentu saja butuh seorang hebat untuk melakukannya. Dan, secara tanpa sadar aku tiba-tiba mengaminkan status facebook Faisal Ridha!

Cara Memilih Make-Up Remover Sesuai Tipe Kulit

0
garnier micellar water
Produk Garnier (Foto: priceprice.com)

Membersihkan kulit wajah sebelum tidur menjadi hal wajib untuk menjaga kebersihan, kesehatan dan juga kesegaran kulit. Tetapi, memilih pembersih wajah yang tepat harus disesuaikan dengan tipe kulit. Beberapa review Garnier micellar water, misalnya, menyebutkan bahwa isinya cocok untuk kulit kering dan normal. Sebelum membeli, pastikan bahwa produk yang dipilih tepat untuk wajah anda.

Pilihan Make-Up Remover Sesuai Jenis Kulit

1. Oily remover
Remover yang bersifat minyak cocok digunakan untuk make-up yang tebal dan bersifat waterproof. Daripada jenis yang lainnya, remover yang satu ini memudahkan penggunanya untuk mengangkat sisa make-up di wajah hingga benar-benar bersih. Tipe pembersih yang satu ini sangat cocok digunakan untuk kulit wajah kering maupun berminyak karena membantu mengatur produksi minyak wajah.

Varian remover dari Garnier yang memiliki kandungan minyak adalah berwarna kuning. Bentuknya masih berupa micellar water, hanya saja terdapat kandungan minyak argan di dalamnya sehingga proses pembersihan makeup waterproof bisa lebih maksimal. Pembersih makeup ini juga cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

2. Daily Cleanser
Selain yang mengandung minyak, Garnier juga memiliki pembersih berupa micellar water yang sifatnya lebih ringan. Varian ini dikemas dalam botol berwarna pink. Bentuknya seperti cairan biasa dengan kandungan gliserin sehingga kotoran di wajah mudah terangkat. Micellar ini juga tidak memiliki bau sama sekali sehingga tidak mengganggu pengguna saat membersihkan muka.

Pembersih yang ini cocok bagi anda yang hanya memakai makeup tipis. Selain itu, micellar yang satu ini juga lebih cocok dijadikan sebagai dail cleanser. Keluar rumah atau tidak, pengguna bisa menggunakan produk ini untuk menjadikan wajah lebih bersih dan fresh. Tipe ini lebih cocok bagi pengguna dengan kulit yang kering.

3. Bahan pure active
Yang terakhir adalah review garnier micellar water dengan varian kemasan berwarna biru. Produk satu ini mengandung bahan pure active sehingga penggunanya bisa sekaligus memerangi dan mencegah timbulnya jerawat. Varian yang satu ini juga sering disebut sebagai all-in-1 cleanser karena hanya dengan sekali usap, make-up waterproof bisa hilang dengan micellar ini.

Varian yang ini cocok bagi pengguna dengan wajah berjerawat dan sensitif. Formulanya mencegah kotoran di wajah mengendap di pori yang biasanya menjadi jerawat. Selain itu, prodduk juga bisa digunakan bagi mereka yang memiliki wajah berminyak. []

Cara Melewati Halaman Login WiFi

0
cara melewati halaman login wifi

Ada cukup banyak cara melewati halaman login WiFi secara gratis. Mulai dari cara yang paling mudah menggunakan aplikasi pihak ketiga, hingga cara paling rumit, seperti mengubah DNS, MAC Address atau mengetik beberapa tombol perintah.

Namun, dalam postingan kali ini, saya akan membagi trik melewati halaman login WiFi secara mudah menggunakan aplikasi. Saya berani membagikan tips ini setelah berhasil mencoba sendiri, dan cara ini benar-benar bekerja dengan cukup baik.

Cara ini cukup mudah dan bisa dilakukan siapa saja, dan tentu saja prosesnya juga mudah. Hanya dengan beberapa klik, kita sudah bisa menggunakan internet secara gratis tanpa perlu login.

Dari informasi yang saya baca, cara melewati halaman login WiFi menggunakan aplikasi ini banyak direkomendasikan. Awalnya saya sempat ragu, bagaimana mungkin saya bisa menggunakan internet secara gratis jika tanpa login. Rupanya setelah saya coba, hanya beberapa menit saya bisa melakukan browsing, nonton MotoGP secara streaming dan berselancar di situs Reddit dengan bebas.

Metode ini termasuk sederhana karena bisa berfungsi untuk perangkat yang di-root ataupun tidak. Jika ingin mencoba cara melewati halaman login WiFi, ikuti langkah-langkah seperti berikut ini:

Cara Melewati Halaman Login WiFi secara Gratis

1. Unduh aplikasi Psiphon Pro di Play Store bagi pengguna Android, atau di App Store bagi pengguna Apple. Untuk lebih mudah, ketik kata kunci Psiphon Pro, dan nanti akan muncul hasilnya. Setelah proses instalasi selesai, JANGAN buka dulu aplikasi ini.

2. Pilih jaringan WiFi yang ada, dan sambungkan perangkatmu dengan WiFi tersebut.

3. Buka aplikasi Psiphon Pro yang sudah didownload pada langkah pertama, dan saat sudah berada di halaman/beranda, klik tulisan “Start”.

4. Dalam beberapa kasus, kita akan diminta memilih satu dari dua pilihan yang ada: “Tunnel whole device” atau “Use psiphon browser only“. Maka pilih “Tunnel whole device“, dan tunggu beberapa saat.

5. Jika apalikasi ini bekerja dengan baik maka akan muncul status “Tunnel connected”. Itu artinya kamu sudah tersambung dengan koneksi WiFi yang kamu bidik tadi.

Aplikasi Psiphon Pro menggunakan layanan VPN, artinya kita akan terkoneksi dengan salah satu server VPN. Dengan demikian kita bisa mengakses situs-situs yang diblokir oleh Kominfo, atau bebas menggunakan aplikasi atau browser apapun.

Karena itu, bijaklah menggunakan trik mem-bypass halaman login WiFi. Selamat berselancar ria!

SMG Aceh Serahkan Bibit Padi Unggul

0

ACEHPUNGO.COM – Sekolah Manajemen Gampong (SMG) Aceh bekerjasama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) RI menyerahkan benih padi varietas Sulutan Unsrat I kepada petani Gampong Rambong Payong, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (20/07).

Benih padi varietas Sulutan Unsrat 1 merupakan padi hasil Litbang Iptek Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dengan teknik mutasi radiasi.

Pembina Sekolah SMG Aceh, Bobby Denil Lesmana menyebutkan benih yang disalurkan ini merupakan hasil penangkaran yang dilakukan oleh Kelompok Tani (Poktan) Blang Kala Gampong Baroh Krueng Kala, Kecamatan Lhong, Kabupaten Aceh Besar. Penyebaran padi Sulutan Unsrat 1 ini diawasi oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Provinsi Aceh.

Bobby mengharapkan, gampong Rambong Payong dan gampong-gampong lainnya khususnya di Kecamatan Sawang dapat menjadi gampong penangkar benih yang melibatkan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) sebagai pemasar benih,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMG Aceh Amri Bin Abdullah menjelaskan bibit Sulutan Unsrat I yang diserahkan ini masuk dalam kategori benih pokok label unggul atau Stock Seed.

“Benih Pokok (BP) adalah keturunan dari Benih Dasar yang diproduksi dan dipelihara sedemikian rupa sehingga indetitas dan tingkat kemurnian varietas yang ditetapkan dapat dipelihara dan memenuhi standar mutu yang ditetapkan dan harus disertifikasi sebagai Benih Pokok oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih,”jelas Amri.

Sementara itu, Geuchik Gampong Rambong Payong, Mawardinoer sangat berterima kasih kepada Sekolah Manajemen Gampong (SMG) Aceh dan BATAN RI yang telah menyalurkan benih padi kepada petani di desanya. (*)

Sabun Transparan ADEV Natural, Rahasia Kecantikan Ratu Cleopatra

0

Awalnya saya tidak tahu apa pun tentang Sabun Transparan Adev Natural yang sedang naik daun itu. Pemahaman saya mengenai sabun kecantikan hasil produksi dari PT Adev Natural ini sedikit terbantu setelah membaca informasinya melalui situs adev natural.

Mengapa Gaius Julius Caesar jatuh cinta kepada Cleopatra? Jangan-jangan karena pengaruh Sabun Transparan Adev Natural yang digunakan sang Ratu Mesir itu, bukan?

Robert Harris dalam novelnya, Conspirata, menulis bahwa Cleopatra sang Ratu Mesir itu terkenal karena parasnya yang cantik, dan hampir tak ada yang meragukan kecantikannya. Kecantikan itu pula yang membuat Julius Caesar tidak bisa tidur nyenyak, dan sang Kaisar Romawi itu selalu memendam hasrat mempersuntingnya.

Konon, Caesar pertama kali melihat Cleopatra ketika dibawa ke Roma oleh ayahnya. Cleopatra masih seorang gadis belia kala itu, dan tanda-tanda kecantikannya mulai tampak. Sejak itulah Caesar terpikat oleh kecantikan gadis dari negeri Firaun ini. Meski berstatus suami dari anak perempuan Pompeius, Caesar tetap mencari cara mengawini Cleopatra.

Saya tidak tertarik pada kisah bagaimana Caesar memenuhi keinginannya menikahi Cleopatra, melainkan pada mengapa Ratu Mesir mampu membuat sosok berpengaruh dari Triumvirat Romawi itu tergila-gila padanya. Pertanyaan inilah yang merangsang saya mencari tahu.

Jawabannya saya temukan pada laman realmofhistory.com seperti dikutip oleh situs adev natural, bahwa sabun tertua mulai digunakan oleh pendeta Sumeria untuk tujuan ritual.

Disebutkan, sebelum melakukan upacara sakral, mereka lebih dulu membersihkan diri dengan sabun. Tidak cuma itu, beberapa versi sabun mulai dimodifikasi dan digunakan untuk mengobati penyakit kulit.

Sejarah pembuatan sabun kecantikan

Sekitar 1500 SM, bangsa Mesir kuno merancang teknik dan metode untuk meramu komponen seperti sabun, caranya mencampur alkali dengan minyak. Hal tersebut dibuktikan oleh beberapa spesimen papirus. Boleh jadi tradisi menggunakan sabun transparan inilah yang membuat wanita Mesir memiliki kulit dan paras yang aduhai.

Kemudian, bangsa Neo-Babylonia memperbaiki resep sabun ‘washing-stone’. Mereka menggabungkan abu, ekstrak cypress dan minyak wijen, pada abad ke-6 SM. Ratusan tahun kemudian, proses pembuatan sabun kecantikan terus diperbaharui, untuk menghasilkan produk sabun kecantikan yang benar-benar dibutuhkan umat manusia.

Salah satunya adalah seperti yang dilakukan PT. Adev Natural Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang Jasa Maklon Kosmetik dan Personal Care. Perusahaan ini memproduksi Sabun Transparan ADEV Natural, produk sabun kecantikan yang berguna bagi perawatan kulit agar terlihat cantik dan bersinar.

Sebagai perusahaan jasa maklon kosmetik dan sabun kecantikan di Indonesia, PT ADEV Natural Indonesia yang berkantor di Bogor ini mengusung slogan “Solusi Kosmetik Legal”. Perusahaan ini berusaha menyediakan jasa pembuatan produk kecantikan customize (sesuai permintaan customer). UMKM yang sudah punya merek dan produk (sabun) tapi kesulitan untuk memproduksinya akan dibantu oleh PT ADEV Natural Indonesia, sehingga mereka bisa menjual produk kosmetik yang legal.

Setiap produk maklon di PT. ADEV Natural Indonesia dibantu proses perizinannya di lembaga terkait seperti Badan POM & LP POM MUI. Hal ini dilakukan sebagai usaha penyadaran publik untuk menggunakan produk asli, bukan produk KW atau palsu yang bisa jadi mengandung bahan kosmetik berbahaya.

sabun transparan adev natural
sabun transparan (foto: adevnatural.com)

Lalu, apa beda sabun transparan adev natural dan sabun biasa? Pertama, tentu saja dari penampilan fisik. Meski proses pembuatannya sama, sabun transparan terlihat lebih bening dibandingkan dengan sabun biasa. Kedua, dari sisi bisnis. Sabun bening atau transparan dianggap sebagai sabun kecantikan yang memiliki nilai bisnis fantastis.

Bahan Pembuatan Sabun Transparan

Produk sabun kecantikan adev ini diformulasikan dari bahan-bahan alami yang cocok untuk kulit dan tentu saja aman digunakan. Sabun transparan dibuat dari minyak kelapa murni atau VCO (Virgin Coconut Oil) yang berguna untuk perawatan wajah, seperti lazim digunakan pada zaman Cleopatra dulunya.

sabun transparan adev natural
Bahan baku pembuatan sabun (foto: adevnatural.com)

Apa saja bahan untuk pembuatan sabun transparan adev natural? Menurut informasi dari situs adevnatural.com, bahan untuk membuat sabun terdiri atas bahan baku (dasar) sabun dan bahan pembantu (pendukung, penolong). Bahan baku untuk pembuatan sabun cair atau sabun batang sebenarnya sama, yaitu minyak (lemak) dan alkali (basa, lye).

Perbedaan keduanya terletak pada penggunaan jenis alkali dalam proses reaksi penyabunan. Untuk sabun cair, alkali yang digunakan berjenis KOH (Kalium atau potasium hidroksida), sementara untuk sabun batangan menggunakan jenis alkali NaOH (Natrium atau sodium hidroksida).

Lalu, apa bahan alami pembuatan sabun? Dari informasi yang saya baca, minyak atau lemak merupakan bahan alami pembuatan sabun. Asam lemak sendiri adalah komponen penyusun lemak/minyak. Inilah bahan baku alami pembuatan sabun, termasuk sabun transparan adev natural yang sedang kita bicarakan ini.

Asam lemak ini bersama gliserol membentuk trigliserida, dan trigliserida ini kemudian dicampur dengan alkali untuk menghasilkan reaksi kimia yang membentuk garam (sabun). Reaksi ini dikenal dengan reaksi penggaraman atau penetralan. Karena tujuannya membentuk sabun, maka reaksinya disebut dengan reaksi penyabunan.

Pembuatan Sabun Transparan Adev Natural

Perbedaan minyak dan lemak terletak pada segi bentuk fisiknya. Pada suhu ruang, lemak cenderung berbentuk padat (solid) sedangkan minyak berbentuk cair (liquid). Perbedaan lainnya terletak pada asal bahan tersebut berasal. Lemak umumnya diperoleh dari hewan (animal), sedangkan minyak diekstrak dari tanaman.

Untuk membuat sabun jadi transparan, kristal di dalam sabun dilarutkan terlebih dahulu menggunakan pelarut sehingga agar ukuran kristal menjadi sangat kecil. Ukuran kristal yang kecil tersebut membuat cahaya dapat menembusi sabun dengan bebas. Inilah alasan mengapa sabun terlihat transparan (transparent).

Tidak ada ukuran pasti tentang berapa jumlah pelarut yang dibutuhkan untuk membuat sabun menjadi transparan. Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menemukan jumlah pelarut tersebut adalah dengan menggunakan rasio (perbandingan). Anda bisa memulainya dengan rasio pelarut dan sabun adalah 60:40. Selanjutnya Anda bisa bereksperimen dengan rasio pelarut sabun adalah 50:50 dan seterusnya.

Sabun transparan adalah salah satu jenis sabun unik karena tembus pandang yang digunakan untuk perawatan wajah dan badan. Sabun kecantikan jenis ini memiliki kelebihan dalam hal penampilannya yang transparan atau tembus cahaya sehingga menarik mata pelanggan.

Kelebihan ini pula sekaligus menjadi kekurangan sabun transparan adev natural. Anak kecil misalnya pasti akan menyukai sabun ini dan menganggapnya sebagai lilin, atau juga makanan. Bentuknya yang bening dan menggemaskan itu mendorong mereka untuk memakannya. Karenanya, sabun kecantikan ini perlu dijauhkan dari jangkauan anak-anak.


Dari penjelasan di atas, setidaknya kita sudah tahu jangan-jangan rahasia kecantikan Cleopatra yang menghipnotis Julius Caesar itu karena pengaruh sabun kecantikan, yang menginspirasi lahirnya sabun transparan!

Berbagai Macam Tips Mengecilkan Badan

0
diet
Sayuran untuk diet. Foto: Pixabay

Anda yang sangat menginginkan yang namanya berat badan ideal dalam tubuh anda masa kini telah hadir salah satu solusi terbaik yang namanya adalah tips sehat untuk mengecilkan perut salah satu tips diet ala kami mengatakan tips diet sangat berguna dalam membuat bentuk tubuh anda menjadi sehat dan anda mampu berarti kita sehari-hari serta bisa membentuk berat badan ideal anda. Maka dari itu jangan lewatkan kesempatan ini dan gunakan kesempatan ini sebaik mungkin agar anda mampu memiliki berat badan ideal serta manfaatkan kesempatan tips diet ini agar anda mampu memiliki hidup sehat dan pola makan anda tidak berantakan.

Oleh karena itu salah satu hal yang perlu anda ketahui adalah dengan mengonsumsi yang namanya makanan makanan sehat seperti makanan makanan atau mungkin cemilan sehat yang mengandung 8 vitamin mulai vitamin a vitamin e vitamin c bahkan vitamin b1 sampai b6 karena semua itu akan berpengaruh terhadap kandungan kandungan yang ada di dalam tubuh anda agar segera berproses dan anda bisa langsung merasakan efek samping dari olahraga yang anda lakukan. Mengkonsumsi makanan yang sehat pula tentunya menarik sekali bukan.

Oleh sebab itu segera gunakan tips diet satu ini agar anda memiliki badan sehat dan berat badan ideal anda mampu membentuk berat badan ideal bagi anda dan anda tidak usah tersiksa kembali dengan yang namanya diet yang menyebalkan atau menyusahkan diri anda. Namun biasanya tips diet anda gunakan sudah terbiasa dan justru tidak melihat anda akan tersiksa matahari karena pola tips diet yang salah. oleh karena itu segera putuskan sendiri melakukan tips diet yang benar agar anda memiliki berat badan ideal.

Menarik sekali bukan karena hanya dengan melakukan tips diet yang benar dan sesuai dengan kapasitas dari tubuh kitalah bisa membuat tubuh kita menjadi lebih kecil atau mampu menurunkan berat badan di dalam tubuh kita. Jadi segera gunakan tips diet yang sesuai dengan diri anda.

Shafira Rent Car, Jasa Rental Mobil di Banda Aceh

0

Bagi Anda yang sedang berlibur ke Aceh dan butuh mobil rental, jangan lupa untuk menghubungi Shafira Rent Car, sebuah usaha jasa rental mobil di Banda Aceh.

Pada musim liburan sekolah ini dan Anda butuh suasana berbeda bersama keluarga, maka Aceh layak dipertimbangkan sebagai salah satu destinasi alternatif yang wajib dicoba. Banyak sekali tempat wisata yang bakal memberikan pengalaman baru Anda. Aceh tidak hanya kaya dengan potensi wisata alam, situs-situs bersejarah atau pun situs tsunami yang mengharukan. Wisata kuliner tidak kalah ajaibnya dibandingkan di tempat lain yang sudah Anda kunjungi.

Saban tahun, Pemerintah Aceh menggelar festival kuliner yang menampilkan aneka masakan daerah, dari kuliner yang populer hingga kuliner unik yang tidak pernah Anda lihat di televisi. Lidah Anda bakal dimanjakan oleh aneka rasa masakan Aceh yang bikin ketagihan: baik karena cita rasanya maupun filosofinya. Banyak wisatawan yang tergila-gila datang kembali ke Aceh karena daya tarik kuliner Aceh meninggalkan kesan mendalam untuk mereka.

Berlibur ke Aceh kini jadi impian banyak orang, baik itu bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Mereka mendapati Aceh yang jauh berubah setelah konflik berkepanjangan maupun tsunami. Kesan Aceh sebagai wilayah hitam dan berbahaya menghilang dari benak mereka. Mereka pun tidak melihat Aceh sebagai wilayah intoleran dan tidak ramah kepada orang luar. Bagi mereka Aceh adalah surga tersembunyi yang selama ini luput dari pantauan mereka.

Sebagai daerah yang sedang giat-giatnya menggaet wisatawan, pemerintah Aceh beserta masyarakat merespons peluang ini dengan gairah luar biasa. Sejumlah jasa rental mobil tumbuh subur di Aceh. Hotel terus dibangun untuk melayani pengunjung, sebagiannya dengan memberi pelayanan sewa mobil dari bandara-hotel atau sebaliknya.

Masyarakat berlomba-lomba memunculkan wajah Aceh yang ramah dan welcome kepada orang luar. Aneka kelebihan dan pesona Aceh ditampilkan dengan cara yang cukup elegan. Slogan “Cahaya Aceh” atau The Light of Aceh adalah kemasan yang menggoda. Promosi yang gegap gempita itu mampu membius orang-orang untuk datang ke Aceh, sebagai daerah tujuan wisata baru yang menjanjikan.
Jasa rental mobil di Banda Aceh
Sebagai penyedia jasa sewa mobil di Aceh, Shafira Rent Car menyambut peluang ini dengan riang-gembira. Shafira Rent Car menyediakan kendaraan operasional dengan kualitas terbaik untuk kebutuhan transportasi Anda selama di Aceh, seperti armada kendaraan yang bersih dan terawat, didukung oleh sopir yang berpengalaman. Anda akan mendapatkan pelayanan yang memuaskan untuk memenuhi kebutuhan transportasi Anda. Begitulah cara mereka berterima kasih kepada Anda.

Bagi Anda yang menginginkan pelayanan terbaik selama berlibur di Aceh, layanan dari Shafira Rent Car layak dicoba. Jasa rental mobil di Banda Aceh ini sudah terbukti dapat menjadi teman perjalanan Anda selama di Aceh. Mereka memberi garansi kepada Aceh mendapatkan mobil rental yang terawat, bersih, aman, nyaman, dan harga rental mobil yang lebih murah dan kompetitif.

Shafira Rent Car siap memberikan pelayanan selama 24 jam, di mana keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pelanggan adalah hal yang tidak boleh ditawar. Ini sejalan dengan visi Shafira yang sudah menjadi DNA mereka selama lebih 10 tahun melayani para wisatawan. Di antaranya memberikan layanan yang memuaskan bagi pelanggan; menjadi mitra kerja yang dapat diandalkan; menyediakan solusi bagi kebutuhan kendaraan Anda; memberikan pelayanan tepat waktu; menyediakan kendaraan yang baik, bersih, aman, dan nyaman.
Jasa rental mobil di Banda Aceh
Nah, bagi Anda yang berlibur ke Aceh jangan lupa menghubungi Shafira Rent Car. Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik dari Jasa Rental Mobil di Banda Aceh melalui situs mereka ini.

Visit Shafira Rent Car di https://sewamobilaceh.net

Aceh Travel, Pilihan Bagi Anda yang Berkunjung ke Aceh

0
aceh travel

Bagi Anda yang merencanakan berlibur ke Aceh saat musim liburan sekolah, Aceh Travel bisa menjadi alternatif dan pilihan yang memudahkan kegiatan traveling Anda selama di Aceh. Seperti kita tahu, Aceh kini menjadi destinasi menarik bagi para pelancong atau wisatawan. Saban tahun, banyak wisatawan lokal (Indonesia) maupun luar negeri yang berkunjung (traveling) ke sini.

Aceh Travel yang menasbihkan diri sebagai Aceh Travel Hub akan menjadi sahabat bagi perjalanan Anda di Serambi Mekah. Mengusung tagline One Stop Travel Shop, situs aceh.travel menyediakan layanan terintegrasi dalam satu platform. Misalnya, Anda dapat mencari penginapan atau hotel impian dengan tarif murah, jasa rental mobil serta informasi destinasi menarik hanya dengan berselancar di situs Aceh Travel.

Untuk layanan hotel, misalnya. Anda memiliki akses untuk terhubung dengan lebih 50 hotel yang sudah terkoneksi dengan situs ini. Mulai dari lokasi hotel, tarif dan layanan apa saja yang tersedia, semuanya bisa Anda dapatkan secara gratis di situs ini. Jadi, ke mana pun Anda ingin pergi, situs ini akan membantu Anda mencari hotel dan resort yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tidak cuma itu, Aceh Travel juga menyediakan layanan sewa mobil selama Anda di Aceh dengan tarif bersahabat. Beragam jenis kebutuhan untuk transportasi selama Anda di Aceh tersedia di situs ini. Sebagai penyedia jasa rental mobil di Aceh, aceh.travel memiliki berbagai jenis armada yang cocok untuk kebutuhan Anda.
aceh travel
Bagi Anda yang pertama kali berkunjung ke Aceh, Aceh Travel menyediakan informasi mengenai destinasi favorit dan terbaik. Cukup banyak destinasi menarik dan tersembunyi di Aceh yang belum banyak diketahui pelancong. Anda dapat berpergian ke destinasi mana pun yang Anda inginkan dengan memanfaatkan jasa guide dari situs ini. Bahkan Anda bisa merencanakan liburan berapa hari pun yang Anda inginkan, dan http://aceh.travel akan menjadi pemandu Anda.

Bagaimana Anda dapat menggunakan semua layanan yang ditawarkan oleh Aceh Travel ini? Anda cukup menjadi member di situs ini dan dapatkan penawaran terbaik. Segera lakukan registrasi dan dapatkan penawaran terbaik, seperti diskon harga hotel, jasa rental mobil murah dan destinasi favorit. List harga hotel, tarif rental mobil dan destinasi terbaik bisa Anda temukan di situs ini.

Untuk mendapatkan semua layanan tersebut, Anda cukup menjadi member di Aceh Travel. Pembayaran bisa Anda lakukan menggunakan mata uang Rupiah (IDR), Ringgit (MYR) dan Dollar Amerika (USD), yang bisa Anda bayarkan melalui Paypal, Visa atau Master Card. Tunggu apalagi, segera dapatkan informasinya melalui +62-812-2222-296. []

Pidie dan Stempel

0

Masih ingat ungkapan berikut ini? “Awak Pasee peu-leubeh droe, awak Pidie peu-muri droe, dan awak Aceh Rayeuk peu-tumpok droe!”

Saya coba rawi kembali ungkapan ini untuk merespon kasus “stempel yang tidak berada pada tempatnya” yang belakangan ini jadi heboh dan ‘viral’. Saya heran bagaimana rancunya sistem birokrasi kita ketika stempel Gubernur Aceh berada di Pidie dan diterakan pada tanda-tangan Wakil Bupati Pidie.

Dan, bukan netizen yang baik namanya kalau masalah ini tidak diributkan. Itulah yang kita lihat belakangan ini, soal stempel digoreng terus menerus mengalahkan “peoples power” ala Abusyik yang juga heboh sebelumnya. Lalu, muncullah sebuah nyinyiran yang semakin menguatkan kesimpulan ‘maha-benar netizen dengan segala kicauannya’.

Misalnya, kalimat “Gubernur boleh dari Bireuen, Plt Gubernur dari Gayo, dan kantor Gubernur di Banda Aceh. Tapi, stempel tetap di Pidie!” Saya setengah geli membaca ini, dan saya anggap sebagai sebuah hiburan di negeri syariat yang mengharamkan PUBG Mobile dan bioskop ini.


Dan, bukan Pidie namanya kalau tidak mampu membawa kita “teukhem putoh urat pruet”, dan untuk keahlian ini banyak orang harus berguru kepada Pidie, bukan hanya soal berdagang saja. Saya pikir itulah arti penting keberadaan Pidie.

Kembali ke pokok masalah, ke ungkapan yang saya kutip di awal tulisan ini. Saya menangkap kebenaran dari ungkapan tersebut terutama soal Pidie “peu-muri droe”. Saya ingat ketika Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sedang kuat-kuatnya, dan pasukan GAM terkuat ada di wilayah Samudera Pasee. Di sana ada Muzakir Manaf, Sofjan Dawood, dan sebenarnya ada Rahman Paloh dan Ahmad Kandang.

Kemudian, dari Batee Iliek ada Darwis Djeunieb dan Abdullah Syafie dari Matang Rawa, Peusangan. Panglima GAM Abdullah Syafie boleh tinggal di mana saja, tapi Komando Pusat-nya tetap di Tiro. Di sinilah arti Pidie “peu-muri droe” memperlihatkan wujudnya dengan nyata.

Panglima GAM boleh berasal dari mana saja, pertempuran sengit boleh terjadi di wilayah lain, dan tokoh-tokoh hebat GAM boleh bukan dari Pidie. Tapi, soal komando harus di Pidie, seperti tercermin dari Komando Pusat Tiro.

Nah, Gubernur boleh siapa saja, dan stempelnya harus ada di Pidie dan mereka yang bisa menggunakannya. []

Fatwa Ulama Aceh: Game PUBG dan Permainan Sejenis Haram!

0
fatwa ulama aceh
Sidang Paripurna Ulama III tahun 2019 dengan tema Hukum dan Dampak Game PUBG dan Sejenisnya Menurut Fikih Islam, Informasi Teknologi dan Psikologi di Aula Sekretariat MPU Aceh, Banda Aceh. Foto: Dok. MPU Aceh

Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengeluarkan fatwa bahwa game PlayerUnknows’s Battlegraounds (PUBG) dan permainan sejenis hukumnya haram. Kesimpulan tersebut diambil ulama Aceh setelah bersidang selama tiga hari, 17-19 Juni 2019 di Aula Sekretariat MPU di Lampeuneurut, Aceh Besar.

Dilansir dari acehkini, Rabu (19/6), ulama Aceh yang tergabung dalam MPU melakukan pengkajian secara mendalam selama tiga hari mengenai bahaya permainan perang tersebut. Lalu, dalam Sidang Paripurna Ulama III tahun 2019, mereka menyimpulkan bahwa bermain PUBG dan sejenisnya haram.

“Hasil kajian kami selama tiga hari menyimpulkan bahwa bermain PUBG dan sejenisnya adalah haram,” kata Wakil Ketua MPU Aceh, Teungku H Faisal Ali, seperti dikutip dari acehkini, Rabu (19/6).

Pengharaman permainan PUBG dan sejenisnya karena game tersebut menciptakan kebrutalan, mengubah perilaku penggunanya menjadi negatif dan efek buruk lainnya. “Atas alasan itulah, MPU berkesimpulan permainan itu haram,” kata Faisal Ali yang kerap disapa Lem Faisal, itu.

Lem Faisal menuturkan, untuk mengkaji dan mendalami bahaya game PUBG dan permainan online sejenis, mereka juga melibatkan para ahli di luar MPU, seperti ahli teknologi informasi dan psikolog. “Yang kami haramkan PUBG dan game perang lain sejenisnya yang bentuknya mengajarkan unsur-unsur kekerasan, unsur pornografi dan islamofobia. Game bentuk-bentuk seperti itu semuanya kita larang, baik online maupun offline, termasuk PlayStation,” katanya. Menurutnya, permainan yang mengandung unsur kekerasan hukumnnya tetap haram.

game pubg
ilustrasi game pubg (foto: kumparan.com/acehkini)

MPU Aceh berharap pemerintah segera memblokir konten-konten game PUBG dan sejenisnya, setelah adanya fatwa haram MPU terhadap game PUBG dan sejenisnya tersebut. “Kita minta pemerintah segera memblokir konten-konten game yang mengajarkan kekerasan baik fisik maupun psikis kepada generasi muda masa depan kita,” pinta ulama yang memimpin sebuah dayah di Aceh Besar ini.

Fatwa Ulama Aceh yang mengharamkan Game PUBG dan permainan sejenis langsung viral di media sosial. Banyak netizen menuliskan komentarnya terkait PUBG Haram melalui akun media sosial seperti Twitter.

“Fatwa haram PUBG telah keluar, di banyak tempat pemain game terus tumbuh, apakah ini menjadi sinyal bahwa fatwa ulama semakin tidak digubris?” tulis Sulthan Muhammad Yus melalui akun Twitter miliknya @sulthan_myus.

“Jangan main PUBG. Pubg haram. Main yg lain aja. Domino, Poker dan game lain yg ada di playstore,” tulis pengguna akun @Ricky_Cunkring.

“Yokgan ke medan, main pubg, disana ga haram,” tulis pemilik akun @hatikuamburadul.

Source: ACEHKINI.ID

Game of Thrones: 15 Momen Terbaik dari Musim Terakhir

0

Kita tidak harus disadap ke jaringan Bran Stark, yang memiliki kemampuan mengetahui sesuatu (yang terjadi maupun yang belum terjadi) bahwa musim terakhir Game of Thrones membawa kekecewaan bagi banyak pemirsa. Ya, para pemirsa yang sudah menunggu hampir dua tahun untuk menikmati pertunjukan spektakuler itu. Dan, ternyata “jauh panggang daripada api.”

Banyak penggemar menulis tentang kekurangan pertunjukan fantasi dari benua westeros itu. Tapi, bukan berarti Game of Thrones 8 tidak menyisakan sesuatu untuk dipuji. Selain episode Battle of Winterfell yang melelahkan itu, kita banyak sekali disuguhkan momen spesial dan kita begitu menikmatinya. Reuni yang sangat indah itu, misalnya. Atau bagaimana dengan percakapan tenang itu, yang dipicu oleh anggur, di antara teman lama dan baru? kita juga menyukai reaksi dari beberapa makhluk yang setia terhadap penampilan tuan mereka yang tercinta, dan bahwa adegan ksatria pada malam Pertempuran Winterfell sendiri begitu menyedihkan, ia layak mendapatkan halamannya sendiri (bahkan bab!) dalam Buku Putih Kingsguard .

Meski Anda benci karena endingnya tidak seperti yang Anda inginkan, tetapi musim terakhir HBO saga memberikan selingan yang menggugah seperti ini dalam kelimpahan – dan melakukan serangkaian pertempuran yang cukup mengesankan, untuk boot. Berikut ini beberapa koleksi terindah yang dapat kita nikmati.

15. Reuni Jon dengan Saudaranya

Arya dan Jon Snow

Mereka belum pernah bertemu satu sama lain dalam beberapa waktu, seperti pelukan Jon bagi dengan Arya dan Bran (serta Sansa, ketika bersatu kembali di Musim 7) yang jauh lebih pedih. Itu terlihat seperti pelukan Utara yang hangat.

14. Brienne Seorang Ksatria

Akhirnya, karakter paling murni dari seri ini dihargai karena keberanian, kejujuran moral, dan kesetiaannya yang teguh. Dan fakta bahwa kesatrianya dianugerahkan oleh seseorang yang menjadi salah satu rekan terdekatnya membuat momen itu jauh lebih manis. Tyrion mengatakan yang terbaik: Ser Brienne dari Tarth! Seorang kesatria Tujuh Kerajaan!

13. Wajah Gelisah Gadis Ini

Berbicara tentang keberanian, bagaimana dengan Tesla, muffin kecil yang ingin bertarung di Pertempuran Winterfell?

12. 4. Bayangan Kematian Sebelum Battle of Winterfell

Ketika api para penunggang Dothraki perlahan-lahan padam, semua orang mengintip ke dalam kegelapan di sekitarnya, menunggu dan takut akan kejadian terburuk. Tidak ada yang mengikuti Pertempuran Winterfell yang mendekati pencocokan teror saat itu.

11. Saat Terakhir Lyanna Mormont

Lady of Bear Island yang mungil menjadi seorang bos, berhasil jatuh dalam makhluk raksasa sebelum menyerah pada cengkeramannya yang mematikan, kemudian terjatuh dalam keadaan tidak bernyawa.

10. Arya Sang Penyelamat

Tepat ketika sepertinya Raja Malam dan pasukannya yang mati akan memenangkan Pertempuran Winterfell, Arya menyerbu masuk dan menghancurkan manusia beku, secara bersamaan memusnahkan pasukannya dalam proses itu. Seorang gadis mendapatkan liburan yang agak panjang, bukan?

9. Cangkir dan Botol Air Mineral

Ya, itu adalah hal bodoh bagi tim kreatif acara di belakang layar ketika melewatkan cangkir minuman panas yang tertinggal di atas meja selama adegan setelah kemenangan Winterfell. Tetapi itu mengingatkan kita bahwa bahkan produksi yang paling hebat, terbaik, dan paling mahal pun rentan terhadap kesalahan, dan tanggapan resmi HBO cukup pintar. (Yang mengatakan, fakta bahwa tidak seorang pun dalam produksi kemudian memeriksa ulang episode yang tersisa untuk menangkap, katakanlah, botol air yang tersesat, tidak dapat dimaafkan.)

8. Wadah Minuman Tormund

Melihat wadah minuman Tormund jelas bikin kita muntah. Pecinta hewan perlu menegur keras penggunaan gading gajah ini.

7. Selingan Usai Perang

Dengan semua pertempuran dan pembunuhan yang terjadi di Musim 8, mudah untuk melewati adegan-adegan kecil melibatkan banyak karakter dan saling berinteraksi. Tapi selingan-selingan itu – permainan minum pasca-perang, percakapan Tyrion dan Jaime, perpisahan The Hound dengan Arya – adalah beberapa bagian terkaya dalam enam episode terakhir.

6. Cleganebowl

Reuni dua bersaudara itu begitu dinantikan. Begitu lama datang, begitu mengerikan, begitu memuaskan!

5. Bidikan yang Hebat

Tidak peduli ke arah mana Anda membalik koin Targaryen, visual Episode 6 ini adalah sesuatu yang indah.

4. Tanggapan Arya atas lamaran Gendry

“Aku bukan seorang wanita. Saya belum pernah. Itu bukan saya,” katanya dengan lembut, menghancurkan hati pandai besi. Ia mengingatkan pada sentimen yang pertama kali diucapkan oleh ayahnya, Ned Stark, dan momen seperti ini pernah muncul ketika dia bertemu dengan Direwolf Nymeria di Musim 7.

3. Reaksi Drogon

Efek berkualitas tinggi! Nilai! Sinematografi! Kemampuan binatang buas raksasa untuk dipancarkan! Satu-satunya respons naga yang tersisa terhadap pembunuhan ibunya begitu spektakuler dan memilukan pada saat yang sama.

2. Reuni Jon dan Ghost

Siapa anak yang baik? Siapa anak lelaki yang sangat baik, setia, sabar, dan pemaaf? Reuni yang bikin haru.

1. Tahta untuk Sansa

Queen in the North! Ratu di Utara! Penampilan Sansa saat penobatan dirinya begitu memikat. Utara yang kini berstatus independen memiliki seorang ratu.

Terbaru

Populer

6,480FansSuka
1,105PengikutMengikuti
5,887PengikutMengikuti
385PelangganBerlangganan