fbpx
Rabu, Oktober 23, 2019
Beranda blog

Irwandi Yusuf, Pria Berkacamata Itu…

Suatu hari di tahun 2001, yang tak aku ingat persis hari apa dan tanggal berapa, seorang pria dengan tinggi badan pas-pasan dan berkaca-mata, memarkir vespa berwarna perak di halaman sebuah rumah yang berada di sisi kanan kantor Sentral Informasi Referendum Aceh (SIRA). Sepeda motor ‘legendaris’ itu diparkir tepat di bawah pohon kelapa setinggi lima meter, dan secara tidak langsung melindungi sepeda motor itu dari cahaya matahari langsung. Hari itu, cuaca di Banda Aceh, memang sedang terik betul.

Dengan langkah gontai, pria itu masuk ke dalam kantor di bilangan Teuku Panglima Polem Nomor 62 yang saat itu belum terpasang jendela. Di dalam kantor, dia bersalaman dengan beberapa aktivis di kantor itu, dan berbicara dengan mereka untuk beberapa menit. Dia duduk di ruang tengah kantor di mana sebuah meja seukuran dua kali tiga meter berada. Para aktivis kerap berdiskusi di ruangan ini, kadang untuk rebahan, atau menonton layar televisi. Aku tidak ingat, apakah dia sempat menghabiskan rokok 234 yang disulutnya sesaat setelah berada di dalam kantor. Soalnya, dia tampak seperti terburu-buru.

Saat pria berkaca mata itu keluar dari kantor, seorang aktivis di kantor itu menyusulnya. Pria yang juga seorang dosen membuka bagasi sepeda motornya, dan mengambil sesuatu di dalamnya. Rupanya hanya satu bundel kertas hasil fotocopy. Berkas itu segera berpindah tangan. Setelah itu, dia menghidupkan vespa bututnya, dan segera menghilang dari sana. Suara dari mesin sepeda motor itu baru menghilang setelah tiba di simpang masuk jalan T Panglima Polem.

Sepulang pria berkacamata itu, kami sempat membaca isi dari kertas yang tadi diantar tersebut. Aku sendiri hanya membaca sekilas tulisan berukuran besar di atasnya: AMARAN. Tulisan ini berada di bawah sebuah lambang buraq-singa dan tulisan Acheh Sumatera National Liberation Front. Amaran itu ditulis dalam bentuk poin bernomor 1, 2, 3 dan seterusnya. Diketik dalam bahasa Aceh ejaan lama seperti yang biasa kita baca dalam tulisan-tulisan Wali Neugara Aceh Merdeka, Hasan di Tiro. Pada bagian paling bawah, terdapat nama dan tanda tangan dari orang yang mengeluarkan amaran. Tertulis, Juru Bicara Militer ASNLF, Teungku Sofjan Dawood.

Kertas yang berisi pesan ajakan mogok itu, oleh aktivis di kantor itu, sebagiannya disimpan di bawah kasur palembang yang sudah kusam. Sementara sebagian lagi dibagi ke berapa orang agar ditempel di tempat-tempat yang dipandang perlu. Seorang abang becak yang sudah menjadi bagian dari keluarga besar SIRA, mengambil sebagian besar kertas itu dan membawa bersamanya. Esoknya, beberapa orang mengaku melihat kertas tersebut ada di halte bus, di pintu pertokoan dan di tiang listrik. Kala itu, penyampaian pesan melalui selebaran sangat efektif.

Sejak bertemu pertama kali di kantor SIRA itu, aku tak pernah lagi melihat sang dosen berkacamata itu. Bahkan, ketika aku dan beberapa teman berkunjung ke Alue Dua, Nisam saat CoHA, juga tidak bertemu dengannya. Hanya beberapa kali aku mendengar kabar tentangnya, dan hal apa saja yang dilakukannya dalam membantu propaganda GAM. Ya, sang dosen alumni sebuah kampus di Amerika itu kerap menerjemahkan pesan-pesan propaganda GAM ke dalam bahasa Inggris dan disebarkan ke kalangan wartawan dalam dan luar negeri.

***
Awal tahun 2005, sekali lagi, aku berjumpa dengan pria berkaca-mata itu. Perjumpaan ini terjadi jauh dari Aceh, di kantor Aceh Support Group (ASG) di bilangan Manggarai, Jakarta Selatan. Waktu itu, aku dari lantai dua dan hendak membeli rokok. Pria itu sedang duduk menyandar di lantai dasar dan asik bermain dengan handphone-nya.

“Oh, Teungku, pajan troh?” aku mengulurkan tangan menyalaminya.
“Ban, mantong,” jawabnya. Tatapannya masih tajam seperti pertama kali aku melihatnya di Aceh.

“Neu-ek u ateuh. Awak nyoe di ateuh mandum,” kataku. Dia segera mengambil tas dan bergegas naik ke lantai dua.

Aku tidak tahu apa yang dibicarakannya di atas, tapi dia memang ada janji bertemu dengan Faisal Ridha. Namun, ketika aku kembali ke kantor hampir setengah jam kemudian, sang pria berkaca-mata itu sudah tidak ada lagi. Aku hanya tahu dia membutuhkan laptop saat itu. Boleh jadi banyak hal yang ingin ditulis dan dikirimkannya kepada pimpinan GAM di luar negeri.

Hanya saja, dia menolak ketika ditawarkan laptop second. Dia mau laptop yang masih baru dan memiliki fitur canggih. Soalnya, meski berprofesi sebagai dosen di Aceh, dia cukup melek teknologi. “Kujok laptop bekas pakek, han geutueng,” kata Faisal Ridha, kala itu.

Setelah itu, aku mendengar kabar, dia sudah berada di Malaysia. Dan tidak lama kemudian ke Eropa, menemui petinggi GAM di sana. Dan, ketika proses pembicaraan damai antara GAM dan RI berlangsung, sang pria itu mulai dilibatkan. Kehadiran juru propaganda GAM ini dipandang penting karena dianggap lebih mengetahui kondisi terakhir di lapangan seusai tsunami. Belakangan, pihak Pemerintah RI menolak jika pihak GAM melibatkan dosen dari kampus di Darussalam itu. Soalnya, yang bersangkutan masih berstatus sebagai tahanan politik.

Namun, dalam banyak kesempatan, sosok yang memiliki banyak nama samaran itu, seperti Tgk Agam, Isnandar Al Pasee atau Jean Micheal Hara (J.M Hara) ini mengaku tidak lari dari penjara, melainkan penjara yang lari darinya. Pria berkacamata itu, Irwandi Yusuf.

***
Setelah MoU Helsinki ditandatangani pada 15 Agustus 2005, pria yang pernah menolak laptop second itu menjadi sosok penting di Aceh. Alumnus S2 pada Universitas Negeri Oregon, Amerika Serikat ini menjadi Representatif GAM untuk Aceh Monitoring Mission (AMM) yang diketuai oleh Pieter Feith. Nama dan wajahnya semakin sering masuk halaman depan koran lokal, nasional dan juga media luar negeri.

Lalu, Aceh menyambut pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2006. Dalam Duek Pakat Bansa Aceh Ban Sigom Donja di Gedung Dayan Dawood, pada 20-21 Mei 2006, nama pria berkacamata itu sama sekali tidak masuk dalam bursa. Kala itu, mayoritas peserta rapat memilih Nashiruddin bin Ahmed-Muhammad Nazar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dari GAM. Namun, hasil rapat itu belakangan justru memercik api perpecahan di kalangan orang GAM, khususnya antara kelompok muda dan tua. Pasangan yang terpilih tersebut kemudian bubar di tengah jalan. Kalian baca saja laporan Kembalinya Propagandis GAM ke Singgasana.

Singkatnya, kelompok muda GAM sibuk ke sana ke mari mencari pengganti Teungku Nashiruddin bin Ahmed, seorang juru runding GAM yang ditangkap menjelang bubarnya CoHA. Saat itu, ada dua nama yang gencar disebut-sebut yaitu Irwandi Yusuf dan Nur Djuli. Nama yang terakhir memudar dengan sendirinya setelah ditolak oleh pasukan GAM di lapangan.

Nama Irwandi Yusuf kian menguat sebagai calon gubernur Aceh, meski yang bersangkutan sempat beberapa kali menolak ikut Pilkada. Aku ingat sebuah pertemuan kecil di sebuah kamar di Sultan Hotel, Peunayong. Di dalam kamar yang aku lupa nomor berapa, sudah ada Nurdin Abdurrahman, Irwandi Yusuf, Sofjan Dawood dan beberapa orang yang mengaku dari Aceh Wall Trade Center (AWTC), kelompok pengusaha Aceh yang pulang dari Malaysia. Soal calon gubernur sempat disinggung dalam obrolan ringan dan santai itu.

Saat namanya disebut sebagai calon gubernur menggantikan Nashiruddin bin Ahmed, Irwandi yang sedang tidur tengkurap di atas kasur seketika bergerak, terduduk. “Bek kei, syi mita laen dile,” katanya, menolak. Orang-orang yang duduk di lantai kemudian menimpali bahwa saat itu hanya dirinya yang lebih dikenal di Aceh dan paling refresentatif menjadi calon dari GAM.

Dalam Rakor SIRA di Wisma Cendana pada 20-21 Agustus 2006, para aktivis referendum secara bulat menduetkan Irwandi Yusuf dengan Nazar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada 2006. Sejak itu, keduanya disosialisasikan dengan gencar ke lapangan. Mereka maju melalui jalur perseorangan. Wadah segera dibentuk. Seuramoe Irwandi Nazar (SINAR).

“Ngon modal ie babah puteh dan sembahyang, geutanyoe mampu ta peusapat 3 persen KTP dukungan dari seluruh Aceh,” kata Irwandi dalam sebuah rapat koordinasi SINAR sehari seusai pencoblosan.

Irwandi Yusuf dan Nazar maju dari jalur independen berdasarkan hasil quick-count meraup 38,20 persen. “Atas kerja keras tim, usaha yang sungguh-sungguh dan komitmen pada perjuangan, terlihat bahwa kita keluar sebagai pemenang. Secara resmi diumumkan oleh KIP pada 2 Januari 2006,” tambah Irwandi.

Aku mencatat banyak hal yang disampaikan oleh Irwandi dalam rapat koordinasi itu. Di antaranya, dia tak mau dilantik di Jakarta serta tak mau dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Memang, Irwandi tidak dilantik di Jakarta melainkan dalam rapat paripurna DPRA, dan dilantik oleh Mendagri Muhammad Nuh (kini almarhum). Padahal, Irwandi ingin sekali dilantik di Masjid Raya Baiturrahman. “Agar lebih merakyat,” katanya.

Meski terpilih sebagai Gubernur Aceh, Irwandi ingin membatasi hubungan dengan Jakarta. Memang, selama dipimpin Irwandi, hubungan Aceh dengan Jakarta sedikit naik-turun. Hal itu sangat wajar, karena Aceh baru saja terbebas dari konflik berkepanjangan. Ada saja kerikil-kerikil kecil yang mengganggu hubungan kedua pihak yang lebih 30 tahun berseteru.

Ada lagi janji Irwandi kala itu, yaitu tidak mau tinggal di pendopo. Ia akan mengusahakan agar Pendopo menjadi kediaman Wali Neugara, Hasan Tiro, sekira pulang ke Aceh. Benar, sebagai gubernur, Irwandi memang tidak tinggal di Pendopo, dia lebih memilih tinggal di sebuah rumah di Jalan Salam, Lampriet.

Aku memang tidak dekat dengan Irwandi Yusuf, tapi pernah beberapa kali bercengkrama dan bercanda dengannya, dan itu terjadi selama masa kampanye Pilkada 2006. Pernah juga beberapa kali satu mobil dengannya ketika turun ke lapangan. Selama aku mengenalnya, dia kerap bicara ceplas-ceplos dan apa adanya. Dia kadang bicara kasar kepada temannya, tapi belakangan aku tahu, begitulah dia kerap bersikap dengan sahabatnya.

“Munyoe geu tenak teuh, nyan berarti gobnyan toe ngon tanyoe,” kata beberapa teman dekatnya.

Ada satu kejadian yang hingga kini masih aku ingat baik-baik, yang menunjukkan kalau dia seorang pribadi yang jujur. Saat masa kampanye, pasangan Irwandi Yusuf dan Muhammad Nazar sama sekali tidak diperhitungkan sebagai kandidat pemenang Pilkada. Karenanya, tak banyak orang kaya yang mendukung pasangan ini. Pengusaha lebih yakin pada pasangan Humam Hamid-Hasbi Abdullah yang didukung para petinggi GAM.

Sekali waktu, ada seorang pengusaha Aceh di Medan (?) memberikan selembar cek untuk biaya operasional. Nilainya ketika itu termasuk besar untuk kandidat yang bekerja dengan ie babah puteh, Rp150 juta. Irwandi tidak mencairkan cek itu untuk dirinya, melainkan dia serahkan kepada bendahara SINAR. Padahal tidak ada seorang pun yang tahu hal ihwal cek tersebut, dan dia bisa saja mengambil untuk dirinya sendiri. Apa yang dilakukan itu, bagiku, sebuah sikap yang patut dipuji. Saat itu, aku tahu, dia seorang yang jujur!

***
Aku memang tidak menjadi pendukungnya (dalam pengertian menjadi tim sukses) dalam Pilkada 2017 lalu, dan bukan pula tim sukses kandidat lain. Aku hanya disebut-sebut sebagai pendukung Apa Karya, karena memang aku beberapa kali menulis sosok yang membuat Pilkada 2017 itu berlangsung semarak dan kocak. Namun, penangkapan Irwandi pada 3 Juli 2018 lalu oleh KPK, sempat membuat aku kaget dan heran. Aku percaya KPK tidak sembarangan menangkap orang tanpa bukti kuat, tapi aku juga percaya bahwa Irwandi tidak melakukan seperti dituduhkan itu. Pasti ada yang salah atau ada pihak yang sengaja menjebaknya.

Namun, seperti pepatah latin, temporal muntatur etnos muntatur ilis, waktu itu berubah dan kita ikut berubah di dalamnya. Sudah lama aku tidak lagi dekat dengan Irwandi atau mengetahui sepak-terjangnya, dan terakhir aku bertemu dengannya seusai konferensi pers di kantor Demokrat Aceh atau dua hari setelah Pilkada, saat itu aku sedang mempersiapkan laporan Kembalinya Propagandis GAM ke Singgasana yang diminta oleh Tirto.ID.

Aku seperti masyarakat kebanyakan lainnya sedang menanti program Aceh Hebat yang akan membuat Aceh benar-benar hebat. Aku percaya, Aceh Hebat itu hanya mampu diwujudkan oleh orang hebat, dan sosok hebat itu Irwandi Yusuf. Sebelum program Aceh Hebat ini benar-benar hebat, Irwandi harus menghadapi dakwaan KPK. Kita semua menghormati proses hukum yang sedang dilakukan oleh KPK, tapi aku berharap bahwa Irwandi terbebas dari semua dakwaan itu. Aceh masih membutuhkan Irwandi Yusuf, hanya itu yang aku tahu. Kalian boleh menyebutku lebay untuk hal ini.

Aku tidak tahu bagaimana mengakhiri tulisan ini, tapi aku sempat membaca sebuah status di Facebook Faisal Ridha. Aku setuju dengan Faisal Ridha, dan berharap The Captain itu segera dibebaskan jika tidak terbukti bersalah. Program Aceh Hebat tentu saja butuh seorang hebat untuk melakukannya. Dan, secara tanpa sadar aku tiba-tiba mengaminkan status facebook Faisal Ridha!

Aceh Car Rental, Jasa Rental Mobil Murah di Sabang

aceh car rental sabang
Harga rental mobil di Sabang. Foto: rentalmobilsabang.com

Aceh memiliki ‘hidden paradise’ (surga tersembunyi) yang tak pernah habis untuk dikunjungi. Sabang di Pulau Weh, salah satunya. Aceh Car Rental bisa menjadi teman perjalanan Anda selama liburan di Sabang, soalnya jasa rental mobil di Sabang ini terkenal murah dan sudah melayani banyak turis lebih dari sepuluh tahun.

Sejak zaman kolonial, Sabang menawarkan sejuta pesona yang mampu memikat banyak pelancong asing. Saban tahun, pulau yang berada di bagian paling barat Indonesia itu selalu ramai dikunjungi. Bahkan, tiap tahun baru, tiket kapal laut dan ferry selalu habis karena sudah dipesan jauh-jauh hari. Hotel, penginapan, cottage serta jasa rental mobil juga demikian. Jika tak dipesan jauh hari, Anda yang mau liburan murah ke Sabang terpaksa harus gigit jari: karena hotel dan penginapan pasti sudah penuh.

Tidak cuma itu, saking banyaknya wisatawan yang memilih berlibur ke pulau indah ini, kebutuhan mobil rental pun meningkat. Memang, banyak sekali jasa travel yang bisa digunakan. Namun, bagi Anda yang ingin menikmati kenyamanan selama liburan dan tidak ingin ribet saat berada di Sabang, sebaiknya mulailah memesan jasa rental mobil jauh-jauh hari. Anda bisa memilih layanan dari Aceh Car Rental yang selama ini menjadi pilihan pelancong ketika mengunjungi Sabang.

Layanan Rental Mobil di Sabang

Rentalmobilsabang.com sebagai jasa aceh car rental di Sabang, memiliki beberapa layanan yang bisa kamu pilih.

1. Rental mobil harian
Sewa mobil harian adalah jenis penyewaan dengan jangka waktu berdasarkan pemakaian harian. Ada2 paket jangka waktu menyewa, yaitu: 12 jam atau 24 jam. Untuk sewa mobil harian pihak rent car menyediakan jasa supir untuk melakukan antar jemput penyewa dari lokasi yang dikehendaki oleh penyewa dari seluruh Indonesia.

2. Rental mobil bulan
Sewa kendaraan bulanan adalah jenis penyewaan kendaraan dengan jangka waktu minimal satu bulan. Pada paket sewa mobil bulanan ini dapat dimungkinkan untuk menggunakan jasa supir yang telah kami sediakan atau tanpa menggunakan supir (lepas kunci).

3. Rental Mobil Jangka Panjang
Merupakan penyewaan kendaraan untuk pemakaian dengan jangka waktu lama. Untuk jenis sewa ini minimal jangka waktu adalah enam bulan sampai dengan tiga tahun. Pada pelayanan jenis ini penyewa dapat menggunakan jasa supir yang sudah disediakan maupun tanpa supir (lepas kunci).

4. Shuttle/antar-jemput
Shuttle adalah jasa antar jemput yang ditujukan untuk perusahaan dalam bidang antar-jemput karyawan dari dan ke tempat kerja, tamu perusahaan atau perhotelan yang melayani antar-jemput dari dan ke airport.

Kalau ingin menyewa mobil dengan sistem lepas kunci, Anda harus mengisi formulir yang sudah disediakan. Prosesnya mudah dan cepat.

Mengapa memilih Aceh Car Rental?

Sebagai salah satu jasa rental mobil terbaik di Sabang, jasa rent car ini begitu peduli dengan kepuasan pelanggan dan konsumen. Ada beberapa alasan kenapa memilih layanan dari jasa sewa mobil ini.

1. Mobil baru dan terawat
Car Rental Sabang milik kami relatif baru, bersih dan terawat sebagai penunjang dalam pelayanan kepada pelanggan. Sejauh ini, kami sudah melayani lebih dari 3500 klien dan mereka semua begitu bahagia.

2. Harga bersahabat
Harga yang kami berikan relatif murah dan bersahabat. Anda akan mendapatkan info Car Rental mengenai harga sewa melalui telepon, sms atau whatsapp. Harga sewa dan rental mobil mulai dari Rp300 ribu.

3. Driver handal dan berpengalaman
Pelayanan prima tidak akan menjadi nilai plus bila tidak didukung dengan sopir yang kompeten, sopan, ramah dan berpengalaman. Di jasa rental mobil Sabang ini, mereka peduli hal-hal kecil begini.

4. Pelayanan satu pintu
Car Rental Sabang melayanani antar jemput Bandara maupun pemesanan kamar hotel dan restoran. Anda tidak perlu khawatir lagi karena mereka memberikan layanan 24 jam setiap harinya.

Untuk mendapatkan informasi lebih detil, hubungi Aceh Car Rental Sabang melalui WhatsApp atau langsung klik Rentalmobilsabang.com. Semoga berguna.

Zakat Digital, Ikhtiar Memajukan Ekonomi Umat

zakat digital
zakat digital. foto: mnctrijaya

Edi Fadhil tergolong masih muda ketika menggagas program “Cet Langet”, sebuah inisiatif membangun rumah layak huni bagi kaum dhuafa di Aceh. Ide tersebut bermula ketika ia menerima kiriman sebuah foto yang memperlihatkan rumah seorang dhuafa di Aceh Utara. Foto hasil dari pemetaan etnografi kemiskinan itu menggugah rasa kemanusiaannya. Lalu, ia pun berinisiatif untuk membantu keluarga miskin tersebut, dengan melihat langsung kondisi rumah dan menjumpai penghuninya.

Pria kelahiran Lamraya, Aceh Besar, 16 Juni 1984, itu lalu meminta izin pada sang pemilik untuk mengambil gambar rumahnya. Jepret! Gambar tersebut kemudian dia ke akun profil Facebook miliknya. Sebagai aktivis dan pekerja kemanusiaan, Edi memang kerap memposting aktivitas atau foto kegiatan sosialnya di media sosial. Ia pun berharap bisa menjaring dukungan dari warganet untuk membantu pembangunan rumah dhuafa tersebut.

Sebagai keterangan foto, Fadhil menulis beberapa kalimat seperti orang bercerita bahwa pemilik rumah tersebut sangat menanti uluran tangan. Tak lupa dia juga menyebutkan estimasi kebutuhan dana untuk membangun sebuah rumah sederhana. Sebagai orang yang sering menggunakan media sosial, ia sadar bahwa unggahannya akan menuai banyak ‘like’ dan ‘komentar’. Netizen Indonesia memang terbukti paling cepat soal beginian.

Ia pun menulis aturan main bagi yang ingin menyukai atau berkomentar pada gambar yang diunggahnya itu: siapa saja yang ‘like’ dan ‘berkomentar’ harus bayar! Ia memasang tarif Rp100 ribu untuk like dan Rp100 ribu untuk komentar. Apa yang terjadi? Rupanya cukup banyak orang yang ingin membantu. Tanggapan mereka rata-rata positif dan warganet tidak peduli soal ‘unggahan berbayar’ ini. Hasilnya, dalam tempo tiga hari saja sudah terkumpul dana Rp7 juta.

Sejauh ini, dia sudah membantu pembangunan 50 unit rumah untuk kaum dhuafa di Aceh, hanya dengan menggalang dana melalui media sosial Facebook. Para donatur terus berdatangan, tidak hanya berasal dari warga Aceh, tapi juga dari luar Aceh. Untuk menampung dana, Fadhil menggunakan rekening pribadi, dan secara berkala melaporkan jumlah dana yang masuk, daftar penyumbang serta kebutuhan dana per unit rumah. Jika dana yang terkumpul untuk satu rumah melebihi yang diperlukan (anggaran per rumah Rp45 juta), dana itu diakumulasikan untuk pembangunan rumah yang lain.

Sampai kini gerakan Cet Langet itu masih eksis membangun rumah dhuafa. Bahkan, gerakan filantropi ala Edi Fadhil merambah ke sektor lain, seperti Gerakan Mari Belajar (GMB) untuk membantu beasisa anak putus sekolah atau terancam tidak ada biaya melanjutkan studi, serta “Super Store” dalam bentuk pemberian modal usaha bagi masyarakat kurang mampu.

Mengapa saya memulai tulisan ini dengan cerita tentang Edi Fadhil? Ya, saya langsung teringat nama pendiri Sekolah Demokrasi Aceh Utara (SDAU) ini tiap menulis soal zakat. Saya membayangkan bagaimana dana zakat yang cukup besar itu dikelola seperti cara Edi mengelola program Cet Langet, pasti akan memberi dampak yang jauh lebih besar.

Soalnya, potensi zakat di Indonesia itu cukup besar. Suatu ketika, Presiden Joko Widodo pernah menulis di akun Instagram miliknya, @jokowi, bahwa potensi zakat umat Islam di Indonesia mencapai 1,75 peren dari PDB atau berkisar pada angka Rp232 triliun. Memang, jumlah zakat yang terkumpul belum mampu mencapai angka tersebut, tetapi nilainya tetap besar. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyebutkan, sepanjang tahun 2018, zakat yang terkumpul sebesar Rp8,1 triliun.

Kira-kira, dengan jumlah tersebut berapa rumah dhuafa yang bisa dibangun, seberapa banyak anak-anak yang terancam putus sekolah terbantu, dan unit usaha kecil masyarakat kurang mampu yang bisa dihidupkan? Saya jelas tidak cukup menguasai ilmu matematika untuk menghitung program potensial ini. Namun, saya tahu bahwa zakat adalah sumber kekuatan membangun ekonomi umat (zakat power).

Sebuah konsep dasar
Zakat merupakan satu dari lima rukun Islam, dan karena itu kedudukannya sangatlah penting seperti empat rukun Islam yang lain. Sudah tak terhitung pembahasan zakat yang ditulis para pakar ekonomi Islam, dan sebagian ulasannya bisa kita baca di internet. Dalam tulisan ini, saya hanya merujuk secara sambil lalu saja tentang konsep dasar zakat, yang saya kaitkan dengan zakat sebagai sumber kekuatan (saya menyebutnya: zakat power).

Apa yang menarik dari konsep zakat? Seperti kita tahu, sumber etimologis dari kata-kata yang menyertai zakat adalah sebuah kata kerja. Ini misalnya, tercermin dari kalimat “…dengan mengeluarkan zakat harta menjadi murni dan bersih” atau “menjadi taat dan saleh dengan berzakat“. Tidak hanya itu, dalam zakat juga melekat sifat-sifat yang baik, seperti “zakat berarti memberi atau pemberian yang berdasarkan agama.

Kita sudah sering diingatkan oleh para ulama bahwa zakat bisa membersihkan dosa-dosa manusia. Soalnya, zakat adalah suatu mekanisme untuk mengurangi rasa mementingkan diri sendiri dan menebus dosa mementingkan diri sendiri di masa lampau. Melalui zakat, kita sedang menata perbaikan diri sendiri. Ulama juga mengingatkan bahwa membayar zakat tidak mengurangi harta, dan ini terkait dengan konsep kerja-tumbu atau bertambah, yang kerap dikaitkan dengan tanda bersyukur: jika bersyukur (membayar zakat), Allah akan menambahkan nikmat. Jadi, dengan membayar zakat akan membawa manusia kepada pertambahan berkah (berkat), baik itu berupa kekayaan materi di dunia atau keuntungan spritual di akhirat.

Terlepas apapun penafsirannya, yang jelas zakat adalah tindakan keagamaan. Inilah yang membuatnya berbeda dengan wajib pajak, misalnya. Orang membayar pajak sering mengeluh terkait pertambahan nilai pajak (pajak naik), aturan yang membelit-belit atau sering menganggap membayar pajak yang menguntungkan pengelola pajak. Ada sikap penolakan terhadap pajak, sesuatu yang tidak pernah kita temui dalam kewajiban zakat, kecuali pada masa Khalifah Abubakar: ada umat yang menolak membayar zakat.

Zakat sejatinya adalah untuk membantu orang-orang yang membutuhkan atau kerap disebut sebagai asnaf (Q.S. At-Taubah:60). Dari segi ini, jelas bahwa zakat dimaksudkan sebagai suatu sistem jaminan dan asuransi sosial bagi semua orang yang tidak mempunya hak milik dalam masyarakat Islam. Dan, zakat ini diambil dari kekayaan bersih dan bukan dari pajak pendapatan.

Al Quran memang tidak secara terperinci menjelaskan tentang harta benda yang harus dikeluarkan zakatnya. Masalah ini lebih banyak terdapat dalam hadis yang dirumuskan oleh ahli hukum Islam. Namun, semua sepakat bahwa hanya kekayaan yang terlah mencapai batas minimum tertentu dan telah dimiliki selama setahun atau lebih sajalah yang harus dikeluarkan zakatnya. Lagi pula banyak jenis harta benda yang tidak diharuskan membayar zakat.

Zakat di era digital
Ada hal menarik yang disampaikan Presiden Jokowi terkait zakat. “…potensi pertumbuhan dan penyaluran zakat di negara kita masih sangat besar. Saya berharap, zakat akan terintegrasi secara digital dengan sistem yang lebih baik,” katanya via akun Instagram resmi @jokowi. Dengan sistem ini, Jokowi berharap penerimaan zakat tahun 2019 ini dapat meningkat. Tahun ini, Baznas menargetkan penghimpunan dana zakat Rp10 triliun.

View this post on Instagram

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan, sepanjang tahun 2018 zakat yang terkumpul sebesar Rp8,1 triliun. Ini jumlah yang terbilang sangat kecil dibanding perkiraan potensi zakat nasional tahun lalu yaitu sebesar 1,75 persen dari PDB atau sekitar Rp232 triliun! Apa artinya? Potensi pertumbuhan dan penyaluran zakat di negara kita masih sangat besar. Untuk itu, ke depan saya berharap zakat akan terintegrasi dengan digital dan database zakat, dengan sistem yang lebih baik. Dengan demikian, penyalurannya bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Zakat memiliki peranan yang sangat penting untuk menggerakan pertumbuhan ekonomi, mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan mendorong Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah dunia.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Target tersebut mungkin cukup mudah dicapai ketika sistem pengumpulan zakat beralih dari konvensional menjadi digital, melalui zakat digital. Perubahan sistem ini sangat penting untuk menjangkau para milenial, yang menginginkan sebuah kemudahan ketika ingin melakukan transaksi amal. Apalagi, transaksi zakat digital ini lebih menghemat waktu dan zakatnya bisa langsung tersalurkan.

Intervensi negara dalam upaya pengumpulan dan penyaluran zakat menjadi sebuah keniscayaan, seperti langkah yang dilakukan oleh Baznas melalui program Zakat Digital. Perubahan gaya pengumpulan zakat model tradisional ke sistem digital, akan mendongkrak nilai pengumpulan zakat, infak dan sedekah. Zakat digital seperti yang dikembangkan oleh Baznas menjadi saluran yang lebih mudah bagi masyarakat untuk berzakat. Sistem ini juga akan memudahkan negara ketika ingin menyalurkannya kepada mustahik zakat.

Jika Edi Fadhil mampu menggalang dana dengan memanfaatkan media sosial Facebook untuk membantu masyarakat kurang mampu, maka negara melalui program zakat digital pasti dapat melakukannya dengan lebih baik. Saya membayangkan, dengan program zakat digital, negara tidak hanya mampu membangun ribuan rumah dhuafa, membantu jutaan anak putus sekolah atau membiayai ratusan ribu unit usaha kecil untuk masyarakat kurang mampu, melainkan berbagai sektor sosial dan ekonomi lainnya mampu digerakkan.

Dengan demikian, mungkin saja orang seperti Edi Fadhil tidak harus melakukan tugas-tugas yang sebenarnya itu menjadi kewajiban negara. []

Halodoc Konsultasi Dokter, Aplikasi Kesehatan Terbaik Saat ini

aplikasi halodoc konsultasi dokter
Aplikasi halodoc konsultasi dokter. Foto: katadata.co.id

Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter memudahkan kita berkonsultasi secara langsung dengan dokter atau memesan obat yang diantarkan langsung oleh apotek. Untuk memanfaatkan layanan tersebut, kita hanya perlu menginstall aplikasi Halodoc ini di ponsel cerdas milik kita.

Meski diluncurkan pertama kali di Jakarta pada 21 April 2016, aplikasi konsultasi dokter ini sebenarnya sudah tersedia di App Strore atau Google Play sejak 11 Maret 2016. Dengan adanya aplikasi cerdas ini kita bisa memanfaatkan gawai untuk kebutuhan kesehatan. Melalui aplikasi Halodoc, kita juga dapat membaca informasi terbaru terkait dunia kesehatan, tips hidup sehat serta jenis penyakit. Informasi tersebut membantu kita untuk lebih peduli pada kesehatan. Menarik, bukan?

Apa itu Halodoc?
Halodoc adalah ekosistem layanan kesehatan terpadu dan terintegrasi, yang memungkinkan pengguna aplikasi ini mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan. Boleh dibilang, aplikasi ini bisa memangkas birokrasi dan menyederhanakan akses/layanan kesehatan yang rumit.

Dengan memanfaatkan aplikasi Halodoc, seorang pasien dapat mengakses layanan kesehatan yang sebelumnya berbelit-belit menjadi lebih singkat. Ia dapat memilih berhubungan dengan dokter yang sesuai kebutuhan hanya lewat gawai/gadget. Untuk berkomunikasi dengan dokter melalui aplikasi halodoc konsultasi dokter, pengguna bisa memilih fitur voice, video call atau chat yang jadi fitur favorit pengguna.

Apa saja keunggulan aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter ini yang bisa membantu pasien lebih sehat? Menurut laman deskripsi aplikasi di Google Play, melalui Halodoc seorang pengguna bisa mendapatkan layanan seperti:

1. Chat dokter. Bagi yang memiliki masalah kesehatan atau butuh informasi kesehatan tertentu, konsultasi langsung dengan dokter umum/spesialis di Halodoc, di mana dan kapan saja. Dokter yang sedang aktif ada tanda hijau di samping avatar mereka. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan layanan chat tanya dokter ini, karena ada lebih 16 ribu dokter dari seluruh Indonesia sudah bergabung dengan aplikasi Halodoc ini.

2. Beli obat. Bagi yang mau membeli obat, vitamin, perawatan wajah dan kulit, atau obat lainnya, semua bisa dipesan di Halodoc. Hebatnya, obat pesan kita diantar langsung dalam kondisi tersegel rapi. Obat pesanan kita akan diantarkan dari apotek terpercaya dalam waktu 60 menit. Oh ya, layanan pengiriman obat tersedia 24 jam.

3. Kunjungi rumah sakit tanpa ribet. Malas dan bosan dengan antrian panjang dan antri administrasi? Tenang, melalui aplikasi Halodoc kita bisa buat janji dokter untuk mendapatkan jaminan slot dokter. Jadi, kita bisa datang ke rumah sakit dan langsung masuk ruang konsultasi dokter. Simpel, bukan?

4. Cek Lab kini lebih mudah. Mau cek lab tapi mager? Jangan khawatir, Prodia sudah bekerja sama dengan Halodoc, dan kita bisa cek lab langsung di rumah. Hasilnya pun akan masuk otomatis ke akun aplikasi Halodoc kita.

Apakah semua layanan dari aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter aman? Halodoc menjamin bahwa semua transaksi dan pembicaraan kita bersifat pribadi dan rahasia. Jadi, apapun yang kita bicarakan disimpan dengan aman.

Informasi seputar Kesehatan
Akses informasi adalah salah satu masalah di dunia kesehatan. Aplikasi Halodoc seperti memahami soal keluhan banyak orang dengan memudahkan akses dan memotong mata-rantai birokrasi. Tidak cuma itu, Halodoc juga menyediakan banyak sumber informasi seputar dunia kesehatan. Soalnya, banyak dari kita sering memanfaatkan internet untuk mencari informasi. Namun, soal informasi seputar kesehatan, kita tidak boleh main-main, harus valid. Karena itu, melalui Halodoc kita bisa mendapatkan informasi yang lebih baik dari yang bersumber dari dokter-dokter yang kompeten.

Tiap buka aplikasi Halodoc, saya selalu fokus pada tulisan “Did you know?” Melalui fitur ini, kita bisa mendapatkan banyak informasi tentang kiat, tips serta informasi menarik lainnya tentang dunia kesehatan. Saya pikir inilah salah satu kelebihan dari Halodoc Konsultasi Dokter sebagai salah satu aplikasi kesehatan terbaik saat ini.

Mau mencoba menjajal aplikasi Halodoc? Silahkan unduh melalui Google Play bagi pengguna Android atau App Store untuk pengguna IOS. Kini saatnya konsultasi dokter HaloDoc secara gratis![]

EOBAGUS, Jasa Event Organizer Terpercaya di Aceh

jasa event organizer terpercaya

Apakah kalian tahu bahwa menggunakan jasa event organizer terpercaya dan handal ternyata bisa menghemat anggaran perusahaan? Inilah alasannya kenapa EOBAGUS layak dipertimbangkan sebagai jasa EO untuk menyukseskan event kalian.

EOBAGUS.com adalah sebuah jasa event organizer profesional di Banda Aceh. Jasa EO ini hadir dengan tujuan membantu perencanaan dan pelaksanaan sebuah kegiatan agar berjalan sukses dan meninggalkan kesan mendalam di hati banyak orang. Memang, selama ini banyak sekali digelar acara berskala lokal, nasional maupun internasional, tapi sangat sedikit dibicarakan. Selesai acara orang-orang langsung melupakannya.

Menggunakan jasa event organizer handal adalah sebuah keniscayaan, terutama bagi perusahaan. Sebab, sebuah perusahaan menginginkan kegiatan berlangsung sukses dan meninggalkan kesan di hati banyak orang. Namun, banyak dari mereka memilih memanfaatkan tim EO sendiri dengan alasan demi penghematan. Alhasil, event atau kegiatan hanya jadi seremonial biasa saja.

Sebagai jasa event organizer terpercaya, EOBAGUS memang dirancang khusus untuk membantu banyak pihak, terutama badan pemerintahan dan perusahaan. Memang, karena alasan anggaran, banyak lembaga dan perusahaan lebih memilih membuat kepanitiaan sendiri dari tim perusahaannya. Padahal sebenarnya efisiensi menggunakan jasa EO ditambah lagi manfaatnya bisa lebih menguntungkan. Karenanya, EOBAGUS hadir dengan menawarkan jasa EO yang bisa dijangkau semua kalangan.

Apa sih event organizer?

Event Organizer adalah penyedia jasa profesional penyelenggara acara atau event yang sering disebut dengan singkatan EO. Tujuan dari sebuah Event Organizer adalah untuk membantu kliennya agar bisa menyelenggarakan acara yang diinginkan tanpa harus menjalankan sendiri.

Kenapa butuh jasa EO? Karena pihak penyelenggara memiliki keterbatasan sumber daya serta waktu sehingga mereka harus menggunakan jasa EO. Kebanyakan klien beralasan bahwa dengan menggunakan jasa EO profesional hasilnya lebih bagus dibandingkan bila dikerjakan sendiri.

Soalnya, perusahaan jasa EO biasanya memiliki tim kreatif yang kaya pengalaman, inovatif dan terbiasa menangani bermacam event kegiatan. Dengan bekal pengalaman itu, kita selaku pengguna jasa EO tidak perlu khawatir mengenai konsep kegiatan. Mereka menangani semuanya, mulai dari prosedur mengelola kegiatan, penyusunan proposal hingga eksekusi di lapangan.

Baca juga: Shafira Rent Car, Jasa Rental Mobil di Aceh

Memilih jasa EO terpercaya itu penting

Lembaga pemerintahan dan perusahaan perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memilih menggunakan jasa EO. Baik itu acara launching produk, event pertemuan investor atau pertunjukan kelas dunia. Ada banyak alasan mengapa memilih jasa EO itu penting, berikut beberapa di antaranya:

1. Anggaran bisa dinegosiasikan
Jika perusahaan Anda hanya memiliki anggaran sejumlah X, maka Anda dapat mengkomunikasikan dengan penyedia jasa EO. Di tangan sebuah penyedia jasa yang sudah berpengalaman, semua bisa dilakukan secara efisien. Jangan anggap melakukan sendiri bisa lebih murah, sebab kadang-kadang hasilnya justru mengecewakan pengunjung. Dengan dalih berhemat, brand perusahaan Anda jadi berantakan. Di EOBAGUS soal anggaran bisa didiskusikan.

2. Profesional
Tim EOBAGUS sudah berpengalaman dan handal, sehingga mampu bekerja secara profesional. Jelas hasil perencanaannya akan lebih baik dibandingkan dengan yang masih coba-coba. Perusahaan bisa saja memiliki sebuah tim EO khusus, tetapi jauh lebih baik jika menggunakan menggunakan perusahaan jasa EO yang lebih berpengalaman. Profesional itu mahal, dan profesional akan dihargai klien dan publik. Jika Anda sebagai perusahaan mampu memberikan perspektif profesional di benak konsumen, maka ini akan sangat baik kesannya bagi perusahaan Anda.

3. Lebih kreatif dan inovatif
Sebuah jasa EO berpengalaman biasanya menawarkan beberapa konsep tema kegiatan. Konsep tema yang ditawarkan akan dikelola secara detil dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Penyajian kegiatan yang lebih kreatif dan inovatif tentu akan memberikan kesan positif kepada konsumen dan publik. Bandingkan jika acara hanya dikemas monoton oleh EO dari perusahaan sendiri, kesannya tentu tidak begitu wah di hati peserta acara.

‍4. Menghemat tenaga dan pikiran
Perusahaan sebaiknya fokus saja pada konten acara yang akan dibuat, bukan mengurusi perkara teknis untuk penyelenggaraan kegiatan. Dengan adanya waktu untuk berpikir, berbagai inovasi dan ide akan muncul dan bisa Anda komunikasikan dengan penyelenggara atau EO handal yang sudah ditunjuk. Fokuslah pada tujuan kegiatan. Ini akan lebih memberikan efisiensi dalam hal tenaga, pikiran dan waktu.

Baca juga: Aceh Travel, Pilihan bagi Anda yang Berkunjung ke Aceh

Mengapa memilih EOBAGUS sebagai jasa EO?

Sebagai jasa event organizer, EOBAGUS.com bisa dikatakan memilik tim yang handal. Memiliki banyak crew dan mitra kerja, seperti ahli dan pemilik sound system, tata lampu, penggung atau scafholding serta konstruksi rigging, perlengkapan meja, kursi, partisi, karpet, fotografer, videografer, alat musik, desainer grafis, penampil acara, MC dan lain sebagainya.

EOBAGUS merupakan penyedia jasa event organizer yang berpengaruh dan reputasinya sudah diakui banyak klien, mulai dari perusahaan swasta hingga badan pemerintahan. Hal itu ditunjang oleh kualitas SDM dan peralatan bagus demi kepuasan klien.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa menggunakan jasa EO dari EOBAGUS merupakan pilihan tepat. Karena EOBAGUS akan membantu klien menyelenggarakan acara sesuai tema acara yang dikemas dengan menarik. Tidak sabar ingin mencoba layanan jasa EO dari EOBAGUS?

Hubungi EOBAGUS:
WhatsApp: +0811680048
Email: [email protected]

Rumah Seorang Janda di Tangse Dirusak Gajah Liar

Gajar liar
Gajar liar. Foto: Teuku Boyhaqie

Sekelompok gajah liar turun ke pemukiman penduduk dan merusak satu unit rumah milik seorang janda di dusun Cot Weng, Lhok Keutapang, Tangse, Pidie hancur dirusak gajah liar pada Senin (14/10/2019) malam.

Seorang Ranger di Kecamatan Tangse mengatakan, gajah yang turun ke Gampong Alue Calong dan Lhok Keutapang, Tangse berjumlah 25 hingga 30 ekor. “Gajah-gajah ini bagian dari gajah GPS Collar,” kata Masyhun, anggota dari Pela Beungga Ranger (PBR) Tangse kepada acehpungo.com, Senin malam.

Masyhun menuturkan, satu unit rumah milik Nuraini (50), seorang janda rusak parah. Sebagian dinding dari papan kayu hancur. Tidak hanya itu, sejumlah sawah dan tanaman kebun milik warga juga ikut rusak diinjak gajah.

Rumah janda Tangse
Rumah Nuraini. Foto: Ranger Tangse
Kawanan gajah tersebut sebelumnya sudah dihalau oleh Pela Beungga Ranger (PBR) dan masyarakat dari kampung Krueng Seukuek, Beungga, dan Pulo Ie. “Gajah-gajah ini sudah pernah kita halau untuk meminimalisir konflik gajah,” katanya.

Seorang warga mengaku konflik gajah ini membuat mereka resah, apalagi setelah rumah seorang janda dirusak. “Kita berharap dinas BKSDA segera merespon konflik gajah ini. Masyarakat sudah sangat resah,” kata Jafaruddin, kepala dusun Cot Weng, Lhok Keutapang, Senin (14/10) malam.

Rumah janda
Kondisi rumah Nuraini. Foto: Ranger Tangse
Jafaruddin mengaku heran mengapa gajah GPS Collar yang pergerakannya terpantau bisa leluasa masuk ke perkampungan penduduk. “Ini bukti tidak adanya pencegahan dini dari dinas terkait. Padahal, gajah GPS ini bisa dipantau tiap mendekati permukiman warga,” pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, sejumlah Ranger dan masyarakat sedang menghalau kawanan gajah tersebut agar menjauh dari permukiman. Mereka menggunakan peralatan seadanya seperti mercon untuk mengusir gajah.[Boy]

6 Rekomendasi Harga Kursi Kerja untuk Kantor

Harga Kursi Kerja
Contoh Fcenter Michigan High. Foto: Internet

Padatnya berbagai pekerjaan di kantor membuat banyak orang kantoran mengabiskan hari-harinya dengan duduk di kantor. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kenyamanan selama duduk. Posisi duduk yang salah dan tidak nyaman selain bisa mengurangi produktivitas kerja juga dapat menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan terutama yang berhubungan dengan tulang.

Agar Anda dapat bekerja dengan santai walaupun harus duduk berjam-jam, maka pemilihan kursi yang tepat harus benar diperhatikan. Saat ini berbagai toko online maupun offline telah menyediakan kursi kantor yang bisa dipilih. Harga kursi kerja 2019 yang ditawarkan juga bervariasi sesuai dengan kualitas yang dihadirkannya. Penasaran apa saja rekomendasi jenis kursi kantor terbaik? Berikut ulasannya

1. IKEA Millberget
Jangan khawatir jika kursi yang satu ini kurang nyaman. Adanya fitur till tension menjadikan kursi yang satu ini sangat cocok digunakan karena dapat menyesuaikan berat tubuh dan juga gerakan para penggunanya. Adanya rem sensitif pada bagian roda kaki juga menjaga kursi tetap stabil ketika Anda bergerak maupun berdiri.

Warnanya yang putih elegan, menjadikan IKEA Millberget sangat cocok digunakan oleh pada direktur dan manager. Harga kursi kerja yang dibanderol untuk kursi ini berkisar di angka Rp 1,6 juta.

2. Ergosit Tira
Ingin memiliki kursi yang nyaman dengan bentuk yang unik? Maka Ergosit Tira dapat menjadi pilihannya. Adanya sandaran berbentuk square menjadikannya sangat nyaman digunakan untuk merilekskan kepala dan pundak.

Selain itu, fitur 3 level tilting yang ada pada kursi ini dijamin membuat Anda nyaman dan rileks saat melaksanakan berbagai aktivitas penting seperti meeting dengan para klien perusahaan.

3. Fantoni Renbo
Fantoni Renbo dirancang dengan fitur rocking dan titling control yang bisa memudahkan Anda untuk mengatur posisi sandaran sehingga posisi duduk menjadi lebih nyaman dan juga rileks. Adanya tuas hidrolik pada kursi ini juga akan memudahkan Anda dapat mengatur ketinggian yang sesuai sehingga meminimalisir kelelahan pada bagian punggung dan pundak. Anda bisa mendapatkan kursi ini mulai dari harga Rp 1.8 juta.

4. The Olive House Kursi Kantor Ace
Tidak hanya bisa digunakan sebagai kursi kerja kantor saja, kursi yang satu ini juga bisa digunakan oleh para gamers karena memberikan kenyamanan ekstra. Adanya sandaran dan bantalan yang nyaman pada kursi ini akan meminimalisir ketegangan dan kelelahan pada bagian tubuh.

Tambahan material kursi berbahan stainless stell menjadikannya sangat awet digunakan hinga bertahun-tahun. Anda juga dapat mengatur ketinggian kursi sesuai dengan posisi ternyaman. Dengan begitu, aktivitas duduk yang dilakukan selama berjam-jam tidak akan terasa melelahkan.

5. Fcenter Michigan High
Ingin memiliki kursi kerja yang kokoh, awet, dan bisa digunakan hingga bertahun-tahun? Maka Fcenter Michigan High dapat menjadi salah satu pilihannya. Berbahan dasar nylon, menjadikan kursi yang satu ini sangat kokoh untuk digunakan dan tentunya awet hingga bertahun-tahun lamanya.

Bantalan duduk yang empuk dan nyaman dijamin membuat Anda merasa nyaman bekerja dalam posisi duduk bahkan hingga berjam-jam. Selain memiliki bantalan duduk super empuk, kursi ini juga memiliki sandaran lengan yang tetap sehingga Anda tidak perlu lagi mengatur ketinggiannya.

6. Indachi Formos II
Desainnya yang minimalis dan elegan membuatnya sangat cocok digunakan oleh para eksekutif muda. Untuk membuat Anda nyaman seharian bekerja dan beraktivitas di kantor, kursi ini juga menggunakan bahan oscar berkualitas sebagai bantalan duduknya. Fitur gaslift yang terdapat pada kursi ini juga bisa digunakan untuk mengatur ketinggian kursi sehingga membuat Anda nyaman untuk duduk di atasnya.

Kursi kerja merupakan salah satu perlengkapan pendukung kerja yang tidak bleh diabaikan, terutama bagi para pekerja yang menghabiskan banyak waktu dengan duduk. Harga kursi kerja yang dihadirkan pada tiap toko bervariasi sesuai dengan kualitas barang yang dihadirkan. Jika Anda berencana membeli kursi kerja secara online, maka Bhinneka.com dapat menjadi pilihannya.

Anda bisa mendapatkan Harga Kursi Kantor terbaru yang lebih terjangkau karena adanya berbagai voucher dan potongan harga yang bisa dimanfaatkan di sini. Namun jika Anda khawatir berbelanja di toko online, maka berbelanja di toko offline juga tidak menjadi masalah. Bhinneka juga memiliki toko offline di berbagai kota besar seperti Jakarta dan Surabaya yang bisa Anda kunjungi.[]

Cara Berhenti Donasi UNICEF dengan Cepat dan Mudah

cara berhenti donasi unicef
Ilustrasi keluarga bahagia. Foto: Pixabay.com

Banyak donatur yang ingin stop menyumbang tidak tahu cara berhenti donasi UNICEF. Mudah-mudahan tulisan sederhana ini dapat membantu mereka yang ingin berhenti menyumbang bagi lembaga PBB tersebut secara cepat dan mudah.

Apa itu Unicef? United Nations Children’s Fund (UNICEF) atau Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah didirikan oleh Majelis Umum PBB pada 11 Desember 1946. Tujuan pendirian lembaga ini sangat mulai yaitu memberikan bantuan makanan dan pelayanan kesehatan darurat di sejumlah negara yang mengalami dampak Perang Dunia II.

Saat ini, mandat UNICEF sudah diperluas yaitu untuk menjamin perkembangan kesejahteraan jangka panjang kepada anak-anak di negara-negara berkembang. Program utama Unicef adalah memastikan agar lebih banyak anak-anak dapat menyelesaikan pendidikan sekolah dengan standar pendidikan dan pengajaran berkualitas. Tidak cuma itu saja, UNICEF fokus melindungi hak-hak anak yang paling mendasar seperti kesehatan dan gizi, perlindungan anak, air dan kebersihan Lingkungan.

Apa yang Dilakukan Unicef di Indonesia?

Di Indonesia, UNICEF dan mitranya sudah mengabdi selama lebih 61 tahun dan telah menjangkau jutaan anak-anak di negara kepulauan ini. Mereka mulai bekerja pada tahun 1948 dengan fokus pada penyediaan bantuan darurat untuk mencegah kelaparan di pulau Lombok. Namun, perjanjian kerjasama secara resmi antara UNICEF dengan pemerintah Indonesia baru ditandatangani setahun kemudian, yaitu untuk membangun dapur susu di Yogyakarta, pusat pemerintahan baru saat itu ketika Jakarta diduduki Belanda.

Hingga kini, Unicef masih terus menjalankan programnya di Indonesia. UNICEF saat ini fokus pada program pemberian bantuan yang dapat menyelamatkan nyawa anak-anak yang tertimpa bencana, dan melindungi hak-hak mereka dalam situasi apapun. Misalnya, ketika terjadi gempa dan tsunami di Sulawesi pada 28 September 2018, UNICEF adalah badan PBB pertama yang mengirimkan pasokan darurat pasca bencana ke wilayah tersebut.

Pada tahun 2018, bermitra Pemerintah dan masyarakat sipil, Unicef memulai fase kedua kampanye imunisasi nasional selama dua tahun untuk memvaksinasi hampir 70 juta anak terhadap campak dan rubella. Hal yang sama mereka lakukan di Ambon, di mana setiap anak dari komunitas yang sulit dijangkau, mereka pastikan terlindungi dari penyakit.

Sementara di Brebes, Jawa Tengah, Unicef mendukung inisiatif Kembali ke Sekolah (Back to School Initiative). Program ini membantu 7.000 anak dapat kembali ke bangku pendidikan formal dan non-formal.

Menjadi Donatur UNICEF

cara donasi untuk unicef
Untuk memastikan semua program tersebut berjalan sukses, UNICEF menggalang donasi donasi rutin dari sukarelawan. Setidaknya lebih dari 62 ribu donor individu, mitra pembangunan dan para pendekar atau juara-juara sudah membantu mewujudkan mimpi anak-anak jadi nyata.

UNICEF masih komit mewujudkan hak semua anak di Indonesia. Mereka ingin terus bergerak meningkatkan kesehatan, pendidikan dan lingkungan, serta menawarkan harapan untuk masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak. Karena itu, dukungan dan support dari masyarakat masih tetap diperlukan. Caranya, dengan menjadi donatur Unicef.

Donasi adalah upaya kolektif yang dibutuhkan untuk melindungi dan mempromosikan hak-hak serta mencapai potensi penuh anak-anak di Indonesia. Menjadi donatur Unicef dapat dilakukan secara online melalui desktop atau smartphone dengan mengunjungi situs Support Unicef Indonesia. Selanjutnya kita bisa memilih satu dari dua tipe donasi Unicef: donasi rutin dan donasi satu kali. Jangan lupa lengkapi data diri agar dapat bergabung dengan UNICEF Indonesia untuk membantu anak-anak.

Panduan Donasi Unicef Online
Untuk mulai berdonasi di Unicef, kita bisa memilih cara donasi secara online melalui website resmi. Langkah-langkahnya bisa kamu lihat pada panduan donasi online berikut ini:
panduan donasi unicef online

Cara Berhenti Donasi UNICEF di Indonesia

Lalu, bagaimana jika suatu saat kita ingin berhenti jadi donatur Unicef? Pertanyaan ini sering muncul di benak donatur Unicef yang ingin berhenti berdonasi. Alasan mereka berhenti donasi sama sekali bukan karena sudah tidak peduli lagi dengan masa depan anak-anak. Boleh jadi, kondisi keuangan mereka sedang tidak stabil atau ada keperluan lain yang jauh lebih mendesak.

Nah, jika para donatur ingin berhenti berdonasi, ada beberapa cara yang bisa dipilih. Untuk panduannya, bisa dilihat pada gambar berikut ini:

cara berhenti donasi untuk unicef

Untuk stop donasi di Unicef Indonesia secara cepat dan mudah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Hubungi layanan donatur melalui nomor telp (021) 8066 2100 dan jelaskan maksud Anda untuk stop donasi rutin untuk Unicef. Pastikan Anda menelepon pada hari kerja.
  2. Kirim email ke [email protected]. Selain via telp, Anda bisa juga menghubungi layanan Unicef melalui email, dan pastikan untuk menulis “berhenti donasi” pada subjek email.
  3. Ini dia jam Operasional: Senin-Jumat pukul 09.00-17.00. Jangan menghubungi mereka di luar jadwal ini.

Ketika menghubungi layanan donatur, sampaikan tujuan dengan jelas bahwa Anda ingin berhenti jadi donatur. Sebaiknya gunakan nomor telepon yang pernah Anda gunakan ketika mendaftar jadi donatur agar prosesnya lebih mudah. Dan, jangan menghubungi layanan tersebut di luar jam operasional kantor.

Menurut pengalaman teman-teman, cancellation donasi Unicef melalui telepon lebih cepat diproses. Mudah-mudahan informasi cara stop donasi UNICEF di atas bisa membantu. []

NOWME Live Commerce Pertama & Terbaik di Asia Tenggara

NOWME Live Commerce
Grand Launching. Foto: Nowme.online

Now is your time! Ya, sekarang adalah waktu Anda. Begitulah tagline menggoda dari NOWME live commerce pertama di Asia Tenggara. Kita seperti ‘dihipnotis’ untuk mempelajari e-commerce asal negeri jiran Malaysia ini secara lebih mendalam.

Saya sendiri jarang tertarik dengan situs e-commerce, meski mereka jor-joran beriklan di televisi. Dalam benak saya, situs e-commerce itu semuanya sama, tidak ada yang berbeda. Namun, NowMe ini berbeda, meski terbilang telat hadir di jagat niaga online. Dicky Leong selaku CEO NowMe seakan berjudi ketika membangun e-commerce baru ini.

Ia sadar tidaklah mudah menaklukkan pemain lama yang lebih dulu eksis. Tapi, sepertinya Dicky Leong punya pertimbangan berbeda. “Tidak apa-apa terlambat asal selamat!” Mungkin begitu yang terlintas di benak karyawannya. Namun, melihat semangat dan apa yang mereka usung, saya tidak yakin mereka setuju dengan kalimat klise tersebut.

Bagi mereka, “tidak apa-apa terlambat asal hadir dengan ide kreatif dan inovatif”. Setidaknya, begitulah kesan yang saya tangkap. Ini seturut dengan tagline yang diusung platform ini: Now Me, Now is your Time, from nobody to somebody.

Apa itu NowMe?

NowMe adalah platform live commerce yang didirikan pada tahun 2018 lalu. Kehadiran platform asal Malaysia ini untuk mengakomodasi tren dinamis di pasar e-commerce, dengan menghadirkan pengalaman berbelanja secara langsung. NowMe bahkan segera menjadi pionir dan menasbihkan diri sebagai platform live e-commerce streaming pertama di Asia Tenggara.

Di negeri asalnya, Malaysia, NowMe langsung memimpin tren live e-commerce dan mendedahkan diri sebagai platform live streaming + e-commerce pertama di negeri Mahathir Mohammad itu. Benar-benar pemain baru di bisnis niaga digital yang perlu diperhitungkan.

Jack Ma dari Alibaba sendiri yang memperkenalkan NowMe sebagai toko ritel baru di era digital. Seperti kita tahu, Jack Ma membangun Alibaba menjadi e-commerce terbesar di dunia, dengan cara mendefinisikan ulang sistem ritel perdagangan tradisional dengan cara menghubungkan antara pemasok dan konsumen secara online.

Ia mengajak banyak penyedia produk dan brand offline agar memanfaatkan platform Alibaba agar terhubung secara online dengan calon pembeli mereka. Alhasil, keterlibatan tersebut berpengaruh besar pada peningkatan penjualan, yang pada akhirnya terkonversi menjadi laba.

Para pendiri NowMe sadar bahwa video digital adalah pengubah permainan di bisnis e-commerce. Mereka pun memulainya dengan konsep “Everyone can LIVE to sell”, yang memungkinkan semua bisa menjadi penjual, influencer atau wirausaha. Melalui platform ini, NowMe mengajak mereka untuk menjual, menghasilkan, berbagi keuntungan dan sekaligus menjadi influencer atau streamer. Mereka percaya diri bahwa dengan konsep inilah NowMe dapat memenangkan pertarungan!

Bagaimana cara kerjanya? NowMe menyediakan platform yang memudahkan konsumen mencari produk sesuai kebutuhan dan keinginan berdasarkan rekomendasi dari influencer. Sementara bagi para influencer, NowMe bisa menjadi medium bagi mereka untuk mendapatkan lebih banyak perhatian (enggagement) serta mendapatkan tambahan penghasilan sebagai bonus.

NowMe hadir di Indonesia

Indonesia dengan jumlah penduduk nomor empat terbesar di dunia adalah pasar potensial. NOWME sebagai live commerce pertama di Asia Tenggara sangat memperhatikan kebutuhan UKM/UMKM di Indonesia, mulai dari edukasi hingga kemitraan. Hal ini sebagai wujud keikutsertaan NOWME menjadi bagian dari gerakan 6 Juta UKM/UMKM Go Digital di tahun 2020.

UMKM go digital

Kini, Nowme hadir sebagai live shopping di Indonesia. Platform ini membawa pengalaman berbelanja secara live streaming yang sebelumnya sukses di Malaysia ke Indonesia. Berbeda dari e-commerce lain, live streaming membuat pembeli lebih nyaman untuk berbelanja online.

NowMe menawarkan cara unik berbelanja online, membuat calon konsumen tidak perlu khawatir untuk berbelanja online. Melalui NowMe, calon pembeli dapat melihat langsung produk asli untuk dibeli dan direview secara langsung oleh penjual atau influencer. Bayangkan betapa mudahnya berbelanja yang memanfaatkan video digital. Live e-commerce benar-benar sebuah cara mudah untuk berinteraksi langsung dengan penjual.

Bagi Anda yang ingin menjadi bagian dari NowMe dapat terus memantau informasinya melalui website mereka. Soalnya, dalam waktu dekat, akan diadakan event gathering influencer pertama di Indonesia. Di Indonesia, NowMe akan dijalankan oleh PT. NowMe Internasional Indonesia.

Cara menjadi partner NowMe e-Commerce

Lalu, bagaimana cara menjadi partner dari NowMe live commerce pertama di Asia Tenggara? NowMe menawarkan beberapa cara bagi siapa pun yang ingin mendapatkan passive income di era digital, yaitu:
– Passive income untuk seller (penjual).
– Passice income untuk agen.
– Passive income untuk influencer.
– Passive income untuk streamer.

Apa manfaat yang akan diterima kalau kita sudah menjadi bagian dari platform NowMe?
– Untuk pelanggan: sebagai pelanggan, kita akan mendapatkan review secara langsung, produk asli, produk berkualitas, harga bersahabat, saling berinteraksi, dan menikmati cara baru berbelanja online.
– Untuk penjual: NowMe sebagai partner bagi para penjual, berbagi pelanggan.
– Untuk penyiar: sebagai streamer, kamu bisa meraih pendapatan, mengembangkan jaringan, meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri, sekaligus membangun personal branding.
– Untuk influencer: sebagai influencer, kamu dapat meraih pendapatan, mengembangkan jaringan.

Dan, pastinya ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan kalau sudah menjadi partner NowMe. Jadi, tunggu apalagi, now is your time!

6 Surga Wisata Tersembunyi di Indonesia

surga wisata tersembunyi

Indonesia memiliki belasan ribu pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Menyimpan banyak sekali destinasi pariwisata, sebagiannya dijuluki sebagai surga wisata tersembunyi di Indonesia. Destinasi ini sebagiannya belum terjamah dan dikenal oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Berikut kami hadirkan berbagai surga wisata tersembunyi di Indonesia yang patut dijelajahi:

1. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Dieng Surga Wisata Tersembunyi
Foto: Musfajar/Pixabay
Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau merupakan salah satu destinasi wisata di provinsi Jawa Tengah. Terletak di jantung pulau Jawa, Dataran Tinggi Dieng memiliki pemandangan sawah, kawah gunung berapi dan bukit. Dieng merupakan pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin merasakan lingkungan alam yang belum terjamah polusi perkotaan.

Dinobatkan sebagai Most Popular Highland pada ajang Anugerah Pariwisata Indonesia 2016, program Pesona Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merupakan bukti nyata akan tingginya minat wisatawan akan destinasi ini. Hal lain yang dapat dilakukan di Dataran Tinggi Dieng adalah datang ke Dieng Culture Festival, karnaval seni dan budaya ruwat rambut gimbal terbesar di dataran tinggi Dieng yang selalu diadakan pada bulan Agustus setiap tahunnya.

Untuk mencapai Dieng, wisatawan dapat memilih bandar udara Yogyakarta ataupun Solo. Setelah itu, para wisatawan bisa melanjutkan perjalanan melalui rute darat menuju Kecamatan Wonosobo dan lanjut ke daerah Dieng.

2. Bukit Lawang
Bukit Lawang adalah nama tempat wisata di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara yang terletak sekitar 80 km dari kota Medan. Bukit Lawang termasuk dalam lingkup Taman Nasional Gunung Leuser yang merupakan daerah konservasi terhadap mawas orang utan.

Tempat ini merupakan salah satu pilihan tepat bagi wisatawan penggemar lokasi alam yang sejuk dan asri, dimana daerah ini dikelilingi oleh hutan, sungai dan juga pegunungan bukit barisan yang membentang sepanjang Pulau Sumatra. Bukit Lawang merupakan tempat konservasi orang utan yang dilindungi, yaitu jenis Orangutan Sumatera, yang merupakan salah satu dari dua jenis orang utan yang hanya bisa ditemui di Sumatera Utara.

Untuk menuju ke Bukit Lawang, terdapat berbagai macam transportasi umum yang setiap harinya melayani rute menuju kawasan wisata tersebut. Terutama dari Kota Medan. Ketika tiba di Bandara Kualanamu, pengunjung bisa menaiki bus yang berada di terminal terpadu Pinang Baris, Medan.

3. Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran adalah salah satu Taman Nasional di Indonesia yang terletak di antara wilayah Wongsorejo, Banyuwangi dan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, Indonesia. Nama dari Taman Nasional ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu Gunung Baluran.

Taman Nasional Baluran memiliki luas 25 ribu hektar dan menawarkan pemandangan khas Afrika dan jarang ditemui di tempat lain. Saat datang ke Taman Nasional Baluran, wisatawan disuguhkan pemandangan padang savana dengan banyak satwa liar seperti rusa, kerbau, banteng, monyet ekor panjang dan burung merak. Pemandangan savana ini membuat Taman Nasional Baluran sering disebut ‘Africa van Java’.

Wisatawan dapat mencapai Taman Nasional Baluran dengan menggunakan pesawat, sesampainya di Bandara Juanda, pengunjung bisa menggunakan bus jurusan Juanda-Bungurasih, kemudian dilanjutkan dengan menaiki Bus Banyuwangi via Situbondo dan turun di pintu masuk Taman Nasional Baluran.

4. Tana Toraja
Dataran Tinggi Tana Toraja menawarkan perpaduan yang menarik antara wisata budaya dan wisata alam. Tana Toraja memiliki keindahan alam yang luar biasa mulai dari deretan pegunungan dan hijau perbukitannya. Kegiatan yang ditawarkan beragam, mulai dari hiking hingga arung jeram di Sungai Sa’dan dan meminum kopi lezat khas Tana Toraja. Selain kaya akan alamnya, tempat wisata di Indonesia ini juga kaya akan budaya leluhur yang masih dijaga sampai saat ini. Di sini, ada banyak tradisi kuno yang masih dipertahankan, salah satunya adalah Rambu Solo.

Upacara Rambu Solo diyakini masyarakat Toraja sebagai bentuk penghormatan bagi arwah orang yang telah meninggal. Oleh sebab itu, mereka beranggapan, seseorang belum meninggal jika belum melaksanakan upacara Rambu Solo. Sementara upacara ini memerlukan biaya yang gak sedikit dan waktu persiapan yang cukup panjang. Dalam upacara pemakaman ini memerlukan adanya hewan kurban seperti kerbau atau babi sebagai hewan suci yang dapat menghantarkan arwah ke surga. Jumlah kerbau yang dikurbankan tergantung pada strata sosial keluarga yang ditinggalkan. Semakin tinggi strata sosialnya, semakin banyak jumlah kurbannya.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Tana Toraja, terdapat beberapa pilihan transportasi untuk menuju kesana. Jika dari ibu kota Jakarta, terdapat maskapai penerbangan seperti Citilink yang menyediakan rute Jakarta (CGK) – Makassar (UPG). Setiap harinya terdapat lebih dari 20 penerbangan menuju Makassar dari Jakarta yang disediakan oleh lima maskapai yang berbeda.

5. Mandalika, Nusa Tenggara Barat
Mandalika merupakan kawasan wisata di Kabupaten Lombok Tengah yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo berdasarkan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata. Kawasan ini diharapkan menjadi tempat wisata yang akan menarik perhatian pelancong karena akan dilengkapi dengan hotel dan fasilitas rekreasi.

Selain fasilitas rekreasi yang menarik, Mandalika juga terkenal dengan upacara Bau Nyale. Secara etimologis, Bau Nyale terdiri dari 2 suku kata, yakni “Bau” dalam bahasa Indonesia yang artinya menangkap; dan “Nyale” adalah cacing lalu yang tergolong jenis filumannelida. Bau Nyale merupakan sebuah acara perburuan cacing laut. Acara ini diselenggarakan sekitar bulan Februari dan Maret.

Kawasan ini mudah diakses karena hanya berjarak 30 menit dari Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid. Kawasan ini terbentang dari Pantai Kuta, Pantai Seger, hingga Pantai Tanjung Aan dan menghadap Samudera Hindia ini, diharapkan dapat mengakselerasi sektor pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat yang sangat potensial.

6. Pulau Nasi, Aceh
pulau nasi surga wisata tersembunyiPulau Nasi adalah salah satu kawasan wisata pantai di Kecamatan Pulo Aceh, Aceh Besar, selain pulau Breuh. Kedua pulau ini memang tidak setenar Pulau Weh yang sudah cukup dikenal di kalangan wisatawan mancanegara. Namun, itu bukan berarti Pulau Nasi (dan juga Pulau Breuh) kalah cantik dibandingkan Sabang. Jika Anda berkesampatan berkunjung ke Aceh, cobalah menyambangi Pulau Nasi untuk menikmati wisata pantai di sana. Kamu bisa menikmati Sunrise di Pantai Ujong Umpee, atau menunggu Sunset di Pantai Lhok Me.

Untuk menuju Pulau Nasi, Anda bisa memilih beberapa pilihan transportasi, seperti kapal Papuyu dari Ulee Lheue, atau kapal motor dari TPI Lampulo. Ongkos ke sana pun cukup bersahabat, hanya Rp25 ribu sekali jalan. Jarak tempuhnya pun sangat dekat, cuma 1 jam dari Banda Aceh.

Dari paparan di atas menunjukkan kalau destinasi wisata Indonesia sangatlah beragam mulai dari sisi perkotaan, gunung, hingga lautan. Para calon wisatawan tidak perlu khawatir, karena kini banyak tersedia aplikasi yang menyediakan pembelian tiket transportasi seperti tiket pesawat atau kereta api. []

Patimat, Istri Khabib Nurmagomedov yang Misterius

Patimat istri Khabib

Tak ada seorang pun selain Khabib, kerabat, dan teman-teman istrinya yang pernah melihat wajah Patimat, perempuan yang menaklukkan hati sang juara.

Pada September 2019, menyusul kemenangan Khabib Nurmagomedov atas petarung Amerika Dustin Poirier, sang juara seni bela diri campuran UFC asal Dagestan itu menjadi orang paling populer di Instagram di Rusia. Khabib kini memiliki lebih dari 16 juta pengikut.

Namun, semua popularitas ini tak mengekspos kehidupan pribadinya. Orang-orang hampir tak tahu apa-apa tentang kehidupan sang juara. Pada pernikahannya tahun 2013 silam, yang dihadiri oleh lebih dari 3.000 orang, istri Khabib sama sekali tak menunjukkan wajahnya. Selain itu, tidak ada satu pun foto dirinya di internet. “Keluarga saya adalah urusan personal,” kata Khabib dengan tegas. Namun, terlepas dari segala upaya untuk menyembunyikan kehidupan pribadinya, ada beberapa hal yang bisa kita ketahui tentang istri sang petarung.

Kerabat Jauh

Istri Khabib bernama Patimat. Ia lahir di Sildi, sebuah desa pegunungan di Dagestan, sama seperti Khabib. Itu adalah sebuah desa kecil dengan 200 penduduk. Khabib pernah menunjukkan seperti apa desa itu di halaman Instagram-nya.

Menurut Mash, Patimat adalah cinta pertama Khabib. Mereka duduk sebangku saat bersekolah di Sildi meski hanya satu tahun. Ketika Khabib masuk pada tahun keduanya di SMA, ia sekeluarga pindah ke Kirovaul, sebuah desa yang lebih besar di Dagestan. Kemudian, keluarga Nurmagomedov pindah lebih jauh, ke ibu kota Dagestan, Makhachkala.

Dalam sebuah wawancara dengan Sport Express, ayah Khabib, Abdulmanap, mengatakan bahwa Patimat adalah “saudara jauh”. Sebelum menikah dengan Khabib, Patimat memiliki nama keluarga yang sama, Nurmagomedova. Abdulmanap menggambarkan keluarga istri anak laki-lakinya itu sebagai keluarga yang “luar biasa”. Di desa kecil, seperti Sildi, semua keluarga telah lama mengenal selama beberapa generasi.

Dihadiri Lebih dari 3.000 Tamu

Khabib berusia 22 ketika ia menikahi Patimat. Saat itu, ia sudah naik tingkat dari liga lokal ke pertarungan Ultimate Fighting Championship (UFC). Ia pun telah menarik perhatian banyak orang Amerika dengan beberapa kemenangan yang mengesankan. Pertengahan 2013, ia mendapatkan reputasi sebagai petarung paling menjanjikan di UFC. Pada saat itu, ia kembali ke kampung halamannya dan meminta ayahnya mendatangi orang tua Patimat untuk mengawinkannya dengan sang pujaan hati. Begitulah kisah yang diceritakan pada media Rusia. Namun, menurut ayah Khabib, anaknya itu pertama-tama meminta nasihat kakeknya. Ada lima atau enam gadis yang dipertimbangkan untuk dinikahkan kepada Khabib. Pada akhirnya, pilihan jatuh pada Patimat.

Pernikahan Khabib dan Patimat berlangsung meriah, bahkan menurut standar orang Dagestan, karena semua orang betul-betul diundang. “Siapa pun yang ingin mengucapkan selamat, silakan datang!” Begitulah pesan yang tertulis dalam undangan. Karena Khabib sudah menjadi semacam “selebritas”, tamu yang datang pun sangat banyak, bahkan lebih dari 3.000 orang. Keluarga itu harus menyewa aula untuk 1.200 orang dan mengubah daftar tamu tiga kali. Pernikahan ini menelan biaya 700.000 rubel atau sekitar 300 juta rupiah. Sebetulnya, ini jumlah yang kecil untuk ukuran acara sebesar itu. Namun, menurut keluarga Nurmagomedov, mereka ditawarkan banyak diskon sebagai tanda penghormatan.

Tradisi dan Poligami

Selama hari-hari perayaan, Patimat mengenakan kerudung gelap, sehingga tidak ada yang benar-benar bisa melihat wajah pengantin perempuan. Khabib adalah seorang pria yang taat agama. Ia adalah seorang muslim, dan, menurut tradisi Islam, wajah seorang istri hanya boleh ditunjukkan di dalam rumah di hadapan suami atau kerabatnya. “Seorang suami memberi tahu istrinya untuk berhijab dan dia melakukannya. Kecantikannya seharusnya hanya milik suaminya. Ini bukan sesuatu yang perlu diperdebatkan dewasa ini, ini semua sudah ditetapkan 400 tahun yang lalu,” kata ayah Khabib menjelaskan.

Menurut Mash, istri Khabib menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah. Dia tidak punya akun media sosial dan tidak ada foto dirinya di internet yang bisa dikonfirmasi. Satu-satunya foto yang, menurut penggemar Khabib, menunjukkan wajah Patimat adalah yang ini:

Sang juara UFC memiliki dua anak dengan Patimat: Fatima, lahir pada 2015, dan Magomed, lahir pada 2017. Sesuai tradisi, saat putra mereka lahir, keluarga Khabib menembakkan meriam kuno (ada satu di pusat kota). Pada September 2019, terungkap bahwa Patimat tengah mengandung anak ketiga.

Dalam salah satu wawancara, Khabib menjelaskan mengapa dia tidak membawa istrinya menonton dirinya bertanding atau berlatih. “Saya percaya bahwa keluarga bisa menjadi penghalang. Misalnya, Cormier (Daniel Cormier, petarung UFC Amerika), memang membawa keluarganya. Selama minggu terakhir, ketika berat badannya turun, keluarganya selalu bersamanya. Ini membantunya, tetapi bagi ini saya ini malah bisa menghambat. Keluarga saya harus jauh dari semua ini.” Kerahasiaan ini tak luput dari perhatian rekan-rekannya dan bahkan mendorong pertengkaran dengan musuh bebuyutannya, Conor McGregor. Sang petarung Irlandia pernah membandingkan istri Khabib dengan “handuk” di Twitter.


“Kalau Anda pikir Anda bisa menghina agama orang lain dan tetap aman, Anda salah,” jawab Nurmagomedov. Sebelumnya, dia membandingkan Conor dengan istrinya yang pencemburu, yang selalu mengancam menceraikannya, tetapi tetap bersamanya.

Akankah Khabib Menikah Lagi?

Menurut ayah Khabib, putranya hanya memiliki seorang istri. Namun, dalam wawancara yang sama dengan Sport Express, ia juga mengatakan bahwa dalam keluarganya, laki-laki selalu memiliki istri kedua dan ketiga setelah usia 50 (menurut hukum Rusia, poligami dilarang dan pernikahan semacam itu tidak terdaftar secara resmi; “pernikahan” disahkan di hadapan seorang mullah).

Jika Khabib memutuskan untuk memiliki istri lain sekarang, Abdulmanap mengatakan anaknya akan memberitahunya. “Tidak seusiamu, masih terlalu dini, jaga keluarga pertamamu. Namun, pada dasarnya, saya tidak melarangnya memiliki keluarga kedua atau ketiga. Jika Yang Mahakuasa mengizinkannya, mengapa saya harus keberatan?” kata sang ayah.

Olahraga adalah satu-satunya tujuan hidup para petarung asal Dagestan. Dukungan keluarga mengalir tanpa henti selama bertahun-tahun, seraya berharap suatu hari nanti mereka dapat memenangkan sabuk kejuaraan.

Sumber: ID.RBTH.COM

Terbaru

Populer

6,495FansSuka
1,108PengikutMengikuti
5,925PengikutMengikuti
475PelangganBerlangganan