Senin, Februari 18, 2019
Beranda blog

Wow…Rumah di Banda Aceh Bakal Dibangun Menggunakan Robot

Digital Construction Platform 3D Printer (Foto: Techcrunch.com)

Banda Aceh | Acehpungo.com – Sebuah terobosan baru sedang digagas oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh bersama dengan investor asal Denmark dan Malaysia. Nantinya pembangunan rumah di Banda Aceh akan melibatkan teknologi robot.

CEO Cobod International asal Denmark, Henrik Lund Nielsen, menawarkan teknologi 3D construction printing untuk membangun rumah di Aceh. Kecanggihan teknologi 3D itu dia presentasikan di hadapan Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, Kamis (14/2/2019).

Henrik berkunjung ke Aceh bersama invester asal Malaysia dan Denmark. Kedatangan mereka disambut disambut oleh para pengurus Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Aceh.

“Robot ini bekerja seperti sebuah printer yang mampu mencetak konstruksi dinding rumah lantai tiga. Robot dan sistem yang kami rancang ini dapat menekan biaya pembangunan rumah karena tidak membutuhkan banyak pekerja. Lebih safety dan cepat,” jelas Henrik Lund Nielsen seperti dikutip dari laman teropongaceh.com, Jumat (15/2/2019).

Henrik menjanjikan bahwa bangunan yang dihasilkannya oleh robot cukup solid dan kuat, tak ubahnya bunker. “Hasilnya cukup presisi, bukan dalam centimeter tapi millimeter. Kecepatan cetaknya satu meter per detik. Dengan kecepatan segitu robot ini dapat mencetak 12 rumah tipe 36 dalam waktu 12 hari,” jelasnya.

CEO asal Denmark itu sesumbar bahwa robot itu mampu membangun satu rumah dalam waktu sehari. Dengan memanfaatkan teknologi robot tersebut, jelasnya, pemerintah bisa menghemat waktu dan biaya.

Sementara Chairman Sinas Teknik Malaysia, Datok M Hedar Sharrif, berharap Banda Aceh menjadi pilot project penerapan teknologi canggih tersebut. “Jika terwujud Banda Aceh akan menjadi kota pertama di Asia yang memiliki teknologi ini,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Banda Aceh Aminullah Usman mengaku tertarik dengan kemajuan teknologi robot yang ditawarkan oleh perusahaan yang berkantor di Copenhagen tersebut. “Luar biasa dan begitu praktis. Saya kira cocok untuk diterapkan di Banda Aceh yang sektor propertinya masih terus berkembang,” kata mantan Dirut PT Bank Aceh itu. []

6 Santri Dayah Al Ikhlas Tenggelam di Pantai Syiah Kuala, 3 Meninggal Dunia

BANDA ACEH | ACEHPUNGO.COM – Enam orang santriwati dari Dayah Al Ikhlas, Gampong Lamsayuen, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Kamis (14/2/2019) tenggelam di pantai Gampong Deah Raya, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Tiga orang diantaranya ditemukan meninggal.

Peristiwa naas itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB di Pantai yang bersebelahan dengan komplek makam Teungku Syiah Kuala. Tiga orang santriwati ditemukan dalam kondisi meninggal, sementara tiga santri lainnya berhasil diselamatkan. Mereka kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin, Banda Aceh untuk menjalani perawatan.

Tiga korban yang selamat adalah Maghfirah (17), Khairunnisah (23), dan Asma (15). Sementara tiga orang snatri yang meninggal dunia adalah Raisatul Khairah (15), Raihan Syakira (17) dan Hanifa (17).

Menurut sejumlah saksi mata, musibah itu terjadi bermula pada saat beberapa santri bermain di pinggir pantai Makam Syiah kuala. Tiba tiba salah seorang santri bernama Hanifa terseret arus, kemudian 5 santri lainnya yang menyaksikan temannya terbawa arus mencoba membantu korban. Namun, upaya itu sia-sia saja, karena mereka juga ikut terseret arus laut. Alhasil, 5 orang santri yang mencoba membantu korban tersebut ikut tenggelam.

Sekira pukul 15.00 WIB, personil Polsek Syiah Kuala, Sat Airud Polda Aceh dan Basarnas serta dibantu warga setempat berusaha melakukan pencarian terhadap enam santri yang tenggelam tersebut. Sekira pukul 15.30 WIB korban tenggelam yang berjumlah 6 orang tersebut berhasil ditemukan dan dievakuasi ke Rumah sakit Zainal Abidin.[]

Foto Game of Thrones 8 Dirilis: Gelap dan Penuh Rahasia

Foto Game of Thrones 8
Jon Snow dan Daenerys Targaryen (Huffpost/HBO)

Kamar rahasia telah dibuka. Itulah sepotong kalimat pembuka di Huffington Post mengomentari foto game of thrones 8 yang dirilis oleh HBO. Para fans, baik yang amatir maupun garis keras, yang kelaparan selama berbulan-bulan dan berharap kunci rahasia terbuka boleh bersuka-cita. Para “dewa” HBO akhirnya menjawab doa-doa mereka dan merilis banyak foto baru.

Memang, belum lama ini, HBO sudah merilis dua teaser dari Game of Thrones musim terakhir, dan sialnya itu hanya berdurasi beberapa detik saja. Sementara para fans yang tidak pernah duduk tenang menanti trailer musim terakhir yang selalu sulit dipahami, akhirnya bisa memaafkan HBO.

Baru-baru ini, HBO merilis foto-foto dari episode yang akan datang (foto game of thrones 8). Sialnya, foto-foto tersebut justru menyimpan lebih banyak rahasia daripada burung kecil milik Varys. Apa makna yang dikandung dari foto itu sama gelapnya dengan teaser yang beredar beberapa waktu lalu. Sungguh, sebuah jalan cerita yang semakin sulit ditebak.

Mari menengok ke belakang, ke Game of Thrones musim ke-7. Kita sudah melihat Jaime Lannister sedang dalam perjalanan ke ke utara. Cersei Lannister yang sedang hamil lagi melipatgandakan pasukan di King’s Landing. Jon Snow dan Daenerys Targaryen semakin intim dalam perjalanan mereka ke Winterfell. Kita pun sudah melihat bagaimana cemasnya Tyrion Lannister di dalam kapal.

Kenapa adegan di Game of Thrones musim 7 penting kita singgung kembali? Soalnya, dari foto-foto musim 8 yang diposting akun resmi @gameofthrones, penampilan para karakter kunci itu tidak banyak yang berubah: Jaime mungkin ada di Utara, Jon dan Dany masih bersama, dan banyak orang sepertinya telah mendengarkan musik emo sepanjang hari.

Foto-foto itulah yang bikin gusar para wartawan Huffington Post. Bill Bradley dan Leigh Blickley berkumpul untuk berspekulasi tentang apa yang mungkin mereka katakan kepada penggemar tentang akhir yang tak terelakkan dari “Game of Thrones.”

Leigh Blickley: Dengan sekitar sembilan minggu lagi sebelum pemutaran perdana, HBO telah merilis foto promo baru “Game of Thrones” Musim 8 – dan bocah laki-laki, Bill, ada petunjuk di kiri dan kanan. Sebagian besar gambar adalah headshots karakter, tetapi itu tidak berarti kita tidak boleh mengambil kesempatan untuk berspekulasi tentang apa yang akan terjadi untuk orang utara favorit kita (dan satu orang selatan).

Bill Bradley: Dan bagaimana dengan orang selatan itu? Dari foto-foto itu, sepertinya semua orang mungkin berhasil ke utara kecuali Cersei, yang masih di King’s Landing dan memakai tampang sedih, seperti tidak ada yang datang ke pesta ulang tahunnya. Menariknya, sementara sebagian besar karakter memiliki bidikan closeup, Cersei, yang kita temukan sedang hamil di Musim 7, ditampilkan dalam bidikan lebar.

Cersei Lannister (Huffington Post/HBO)

Leigh: Ya, meski terlihat agak kesepian, harus kukatakan, dia bersinar. Tapi ini Cersei Lannister, jadi ada sesuatu yang membuatku berpikir dia bisa berbohong tentang bayi yang dia bawa. Apakah ini semua skema?

Bill: Leigh, kurasa Cersei tidak mengandung bayi itu. Setelah meninjau skrip Musim 7, Joanna Robinson dari Vanity Fair sepertinya mengkonfirmasi bahwa Cersei sedang hamil. Tetapi berbagai kebocoran Reddit dari musim lalu, yang sebagian besar dikonfirmasi, juga menunjukkan bahwa Cersei akan mengalami keguguran. Itu jelas tidak terjadi di Musim 7, tetapi ada kemungkinan Cersei akan menghadapi lebih banyak kerugian di Musim 8.

Apa pendapat Anda tentang ayah/adik bayi Cersei dari ibu yang sama, Jaime?

Jaime Lannister (Huffington Post/HBO)

Leigh: Seperti yang kita ingat, Jaime meninggalkan Cersei di King’s Landing setelah dia mengancam akan membunuhnya karena mengkhianati kepercayaannya. Dia akhirnya berdiri untuknya dan mungkin menuju ke utara untuk bergabung dengan saudaranya, Tyrion, dalam pertempuran melawan tentara orang mati. Dan dari foto yang dirilisnya, dia terlihat sangat senang bisa bebas dari rantai Cersei-nya. Dia juga memiliki janggut dan tampaknya mengenakan baju zirah utara.

Ketika saya berbicara dengan Nikolaj Coster-Waldau, yang memerankan Jaime di acara itu, tahun lalu, dia mengatakan kepada saya bahwa karakternya sudah “di jalan sebentar.” “Ke mana pun dia pergi, perlu waktu,” tambahnya. Jadi, ya, Jaime benar-benar di utara, kan?

Bill: Jaime mendapatkan alurnya kembali. Dia sudah selesai mendorong anak-anak kecil keluar dari jendela. Dia meninggalkan mantannya, dia meningkatkan janggutnya dan dia punya baju besi baru, mungkin dari utara untuk dipamerkan kepada Brienne dari Tarth. (Meskipun pakaiannya sepertinya mirip dengan yang ia tinggalkan di King’s Landing.) Patut diperhatikan: Jaime adalah satu-satunya karakter yang benar-benar tersenyum dalam foto-foto ini (Foto game of thrones 8). Hampir semua orang terlihat kesal.

Tyrion, Sansa, Arya (Huffington Post/HBO)

Leigh: Kesal dan sedih, Bill. Sangat sedih. Mari kita mulai dengan saudara Stark. Tampaknya baik Sansa dan Arya tidak selalu senang tentang romansa baru Jon dengan Mother of Dragons. Saya kira saya juga akan skeptis jika saudara saya – atau sepupu, sedikit yang mereka tahu – bisa bergaul dengan musuh. Tyrion juga tampaknya tidak terlalu senang dengan Jon dan Dany berbagi pengalaman “perahu”, karena dia masih memakai wajah yang sama yang kita lihat selama final Season 7.

Bill: Ibuku berkata jika kamu membuat wajah cemberut, itu bisa membeku seperti itu. Ini mungkin apa yang terjadi pada Tyrion. Sangat dingin di utara. Dia juga tampaknya berada di lokasi yang sama di mana Jon mendiskusikan surat yang dikirimkan Tyrion dari Dragonstone di Musim 7. Kami tahu Sansa tidak senang dengan rekaman kecil Musim 8 yang dirilis HBO, tetapi bisakah Arya menatap naga di sana? Dia tidak terkesan karena remaja, kan?

Sam Tarly (HuffPost/HBO)

Leigh: Arya adalah pemain murung dalam permainan singgasana, yang kita tahu. Anda tahu siapa lagi yang murung? Bran. Tapi itu bisa dimengerti – pria itu memiliki banyak pengetahuan mengambil alih kapasitas otaknya. Dan satu bagian yang sangat penting dari pengetahuan itu bisa, dan mungkin akan, menghancurkan kehidupan Jon. Pada akhir Musim 7, Bran dan Sam yang kita cintai menemukan bahwa orang tua Jon, Lyanna Stark dan Rhaegar Targaryen, menikah secara sah. Itu berarti Jon adalah pewaris sejati Iron Throne dan bahwa pengalaman “kapal” -nya dengan Daenerys tidak begitu ideal dalam skema besar hal-hal. Barang-barang dingin di sana!

Bill: Dany dan Jon tampak agak terlalu nyaman untuk orang yang tahu mereka bibi dan keponakan, dalam foto ini terutama:

Jadi sepertinya gambar-gambar ini berasal dari episode awal sebelum Bran dan Sam membuka tabir dari Mother of Dragons. Musim dingin akan memukul mereka dengan cukup keras, Leigh.

Makin penasaran kan dengan Game of Thrones yang akan segera tayang di HBO pada 14 April mendatang? Tenang, sambil menunggu seri paling ditunggu-tunggu tersebut, yuk kita lihat lagi foto Game of Thrones 8 di link berikut ini –> Foto GoT 8.

Dari foto Game of Thrones 8 yang dirilis ini, sepertinya tidak hanya memperlihatkan bahwa kita sudah makin dekat dengan musim dingin. Malah, ending film ini makin gelap dan penuh rahasia.

Source and Image: Here

Tampar Petugas Imigrasi Indonesia, Wanita Inggris Dipenjara 6 Bulan

DENPASAR – Pengadilan Indonesia pada hari Rabu (6/2/2019) memenjarakan seorang wanita Inggris selama enam bulan karena menampar seorang petugas imigrasi setelah terlibat adu argumen atas denda saat memperpanjang visanya.

Auj-e Taqaddas, 42, dinyatakan bersalah di pengadilan di ibukota Bali, Denpasar, atas kekerasan terhadap seorang perwira di bandara Bali yang menjalankan tugas hukumnya, kata Hakim Esthar Oktavi kepada Reuters.

“Hukumannya enam bulan penjara,” kata Oktavi melalui pesan singkat.

Hukuman itu lebih ringan dari hukuman penjara satu tahun yang diajukan oleh jaksa pada 28 Juli tahun lalu.

“Ini adalah keputusan yang tidak adil … Saya secara paksa dibawa ke pengadilan, tidak ada pengacara yang diberikan,” kata Taqaddas kepada pengadilan, menuduh para jaksa penuntut menyiksanya tiga kali dan menjebaknya di negara itu.

Waher Tarihorang, seorang pejabat di kantor kejaksaan yang mengawasi kasus ini, membantah menggunakan kekerasan dan mengatakan jaksa memiliki “hak untuk mengambil tindakan paksa untuk membawanya ke pengadilan” setelah Taqaddas melewatkan beberapa tanggal persidangan sebelumnya.

Hukumannya telah ditunda beberapa kali karena dia sakit dan juga ketika pihak berwenang mengatakan dia telah keluar dari hotel dan tidak dapat menemukannya.

Hakim dan jaksa penuntut mengatakan Taqaddas telah mengajukan banding.

Sebuah video smartphone dari insiden itu, yang menjadi viral pada saat itu, menunjukkan seorang Taqaddas yang gelisah berteriak dan mengeluarkan sumpah-serapah kepada petugas imigrasi, sebelum menamparnya di wajah setelah berusaha untuk mengambil paspornya.

Wanita itu telah melebihi masa 160 hari dan diminta untuk membayar denda 300.000 rupiah (NZ $31,55) untuk setiap hari, atau sekitar NZ $5050 seluruhnya.

Bali adalah pusat pariwisata utama Indonesia, menarik jutaan turis asing setahun ke pantai, kuil, dan barnya.

Sejumlah kecil pengunjung mengalami masalah dengan undang-undang ini setiap tahun, kadang-kadang karena melanggar undang-undang yang keras di negara Asia Tenggara tentang narkoba. [Reuters]

Image: kupastuntas

Prekuel Game of Thrones Mulai Diproduksi Awal Musim Panas Ini

ACEHPUNGO.COM – Proyek seri prekuel Game of Thrones akhirnya memiliki titik terang mengenai kapan film itu mulai diproduksi. Kepastian itu tentu saja di luar dugaan dan jadwalnya lebih cepat dari yang kita pikirkan.

Bos HBO, Casey Bloys, mengungkapkan proyek tanpa judul itu akan mulai diproduksi awal musim panas ini. Film yang bakal dibintangi Naomi Watts itu akan mengisahkan cerita yang terjadi ribuan tahun sebelum dimulainya seri utama Game of Thrones.

Dalam publikasi yang dikutip dari laman standard.co.uk, Rabu (6/2/2019) menyebutkan bahwa Bloys sebelumnya menjelaskan bahwa prekuel tidak akan mengudara sampai setidaknya satu tahun setelah musim terakhir drama berakhir.

Sementara itu, penggemar saat ini sedang bersiap-siap menantikan kedatangan musim terakhir pertunjukan hit, yang akan mengudara pada 14 April mendatang.

Kesedihan ‘Jon Snow’
Sebelumnya, aktor Kit Harington secara terbuka mengaku sedih dengan berakhirnya Game of Thrones. Bentuk “kesedihan” itu dia rasakan pada hari terakhir pembuatan film.

Harington, yang memerankan Jon Snow, mengatakan bagaimana dia “tidak bahagia tapi sangat puas” dengan cara pertunjukan berakhir.

Berbicara di Zoe Ball Breakfast Show bulan lalu, dia berkata: “[Saya] mungkin tidak bahagia, tetapi sangat puas.

“Saya sangat senang orang-orang melihatnya, saya pikir ini akan menjadi luar biasa, mudah-mudahan itu akan mengubah TV lagi seperti itu pada awalnya, dan melanggar batas, saya pikir itu mungkin.”

Harington mengibaratkan akhir cerita Game of Thrones seperti orang baca buku. “Seperti ketika Anda menyelesaikan buku, Anda tidak senang buku itu selesai, bukan? Anda tidak menyelesaikan buku yang bagus dan berkata, “Saya senang saya menyelesaikannya,” tambah suami Rose Leslie ini.

Pemeran Jon Snow itu terkenang akan masa-masa ketika film Game of Thrones mulai mengudara sembilan tahun silam. Seperti kita tahu, kisah dari perebutan kekuasaan di benua fantasi Westeros itu mulai ditayangkan di HBO pada tahun 2011. Saat itu, Game of Thrones season 1 memiliki 10 episode.

“Tapi kamu punya kesedihan karena ini sudah berakhir, dan itu sama persis dengan sembilan tahun melakukan pertunjukan ini. Tidak peduli bagaimana itu berakhir, atau bagaimana itu berakhir, selalu ada sebagian dari Anda yang suka ‘oh’, ada kerugian di sekitarnya,” kata aktor yang jadi idola banyak orang karena aktingnya di Game of Thrones.

Mother of Dragon juga sedih
Hal senada juga diakui Emilia Clarke. Aktris pemeran karakter Daenerys Targaryen itu mengakui kalau dia “benar-benar kehilangan itu” setelah syuting episode terakhir.

Komentar ‘bibi’ Jon Snow itu muncul setelah HBO menggoda penggemar dengan klip menjelang akhir musim mendatang. []

Source and image: standard.co.uk

Nokia 9 Bakal Meluncur di MWC 2019

Nokia 9

Banda Aceh, Acehpungo.com – Belakangan ini, banyak beredar bocoran mengenai Nokia 9. Kini HMD resmi mengumumkan waktu peluncuran Nokia 9.

Dilansir dari GSMArena, Nokia 9 akan diluncurkan pada ajang MWC 2019 pada 24 Februari mendatang di Bercelona, Spanyol. Ini dikonfirmasi langsung oleh HMD Global.

Rumor sebelumnya menyebutkan bahwa penta-lens yang menjadi fitur andalan akan hadir di Nokia 9. Produk teranyar dari Nokia ini akan disematkan 5 kamera utama. Sayangnya, tidak disebutkan masing-masing resolusi kamera tersebut.

Layar AMOLED berukuran 5.99 ini dengan teknologi PureDisplay akan terpampang di Nokia seri 9 ini. Otaknya, dibenamkan Qualcomm Snapdragon 845.

Nokia 9 akan berjalan dengan sistem operasi Android One berbasis Android 9.0 Pie. Dayanya, ditopang baterai berkapasitas 4.150 mAh.

Ada dua konfigurasi yang disajikan ponsel besutan Nokia ini yakni RAM 8GB dan 6GB. Penyimpanannya, kedua varian ini disisipi ROM 128GB. Untuk spesifikasi detail, ketersediaan dan harga Nokia 9 akan diungkap pada MWC 2019.

Terbaru

Populer