Google Bakal Beli Motorola

0
161

Washington – Google Inc. telah mendapatkan lampu hijau dari Badan Antimonopoli Amerika Serikat untuk membeli Motorola Mobility Holdings Inc. Google akan membeli Motorola senilai US$12,5 miliar untuk menggenjot daya saingnya melawan Apple Inc.

Melalui akuisisi ini—sebuah akuisisi terbesar dalam kurun waktu delapan tahun terakhir—Google akan lebih leluasa menambah patennya yang kini berjumlah sekitar 17.000. Pasalnya, Departemen Kehakiman Amerika Serikat telah menyatakan bahwa Google memiliki hak terhadap paten Motorola ketika sudah dibeli nanti.

Kesepakatan pembelian itu akan membuat Google menjadi salah satu perusahaan ponsel terbesar di dunia dalam hal jumlah hak paten. Google juga akan memiliki peluang untuk mengembangkan ponsel cerdas untuk menyaingi Apple.

Belum lama ini, Google juga telah memenangkan persetujuan pembelian hak paten di kawasan Uni Eropa. Manajemen Google juga sedang menunggu izin di China dan Israel.

Seperti diketahui, pada Juli tahun lalu, sebuah konsorsium yang dikomandani Apple dan meliputi RIM, Microsoft, EMC, Ericsson dan Sony sepakat membayar US$4,5 milyar untuk 6.000 paten dan aplikasi paten milik sejumlah produsen peralatan telekomunikasi.

Google tak tinggal diam melihat langkah Apple itu. Di bulan Agustus, Chief Executive Google Larry page mengatakan pihaknya telah menawar Motorola Mobility untuk melindungi android dari serangan antikompetisi yang dilancarkan Apple dan Microsoft. (Jibinews/ant)