Jejaring Sosial Muslim Pertama Diluncurkan

390

Jakarta – Komunitas muslim akan memiliki jejaring sosial muslim pertama dengan konten terlengkap sebagai upaya mengimbangi dominasi media sosial besar non-muslim dengan jaminan halal karena berisi konten yang tidak berbahaya terutama bagi generasi mudanya.

“Salam World adalah jejaring pertama di dunia yang membawa nilai-nilai Islam yang diperuntukkan bagi 1,5 miliar muslim seluruh dunia,” kata Kepala Bagian Kerja Sama Salam World, Nedim Kaya di Jakarta, Rabu.

Sebagai upaya untuk meningkatkan pengguna jejaring sosial muslim tersebut, Salam World menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan menandatangani nota kesepahaman dan sejumlah organisasi Islam lainnya akan segera diluncurkan pada 2012,kata Nedim Kaya.

Peluncuran besar-besaran Salam World yang berkantor pusat di Istambul, Turki akan dilakukan pertengahan 2012. Sementara Indonesia akan menjadi kantor untuk kawasan Asia Tenggara karena memiliki pengguna internet muslim terbesar di dunia yaitu mencapai 35 juta.

Sejak dibentuk pertama kali pada setahun terakhir, Salam World telah memiliki 50 juta pengguna dan memiliki target 100 juta pada setahun ke depan. Total pengguna ditargetkan hingga lima tahun ke depan mencapai 750 juta pengguna.

Sosialisasikan

Sementara itu, Ketua Kerja Sama dan hubungan Internasional MUI, KH Muhyiddin Junaidi mengatakan kerja sama antara Salam World dan MUI berupa penyedia informasi berkaitan dengan nama-nama organisasi Islam di bawah MUI, peninggalan budaya muslim dan acara-acara penting yang dihelat MUI baik yang bersifat internal maupun eksternal.

MUI nantinya akan mensosialisasikan bahwa telah ada MoU dengan Salam World dan meminta kepada umat Islam untuk memanfaatkan jejaring sosial tersebut karena selain mempunyai konten yang tidak berbahaya juga bersifat edukatif dan info yang lengkap.

“Kita sangat berkepentingan agar jejaring sosial ini bisa diakses sebanyak mungkin oleh generasi muda muslim,” kata Muhyiddin.

Melihat perkembangan dan persaingan jejaring sosial saat ini yang sangat tinggi, Muhyiddin optimis Salam World dapat mencapai pengguna hingga sesuai target dalam waktu yang tidak lama karena MUI sendiri mempunyai jaringan yang sangat luas, terlebih lagi banyak konten unggul yang disediakan dalam salamworld.com seperti hiburan dan film bernuansa islami.

“Salam World ini menjadi facebook-nya muslim, dengan konten yang bernuansa islami. Di Indonesia ini sesuatu yang baru dan mereka mengandalkan Indonesia menjadi salah satu pengguna terbesar di enam negara yang menjadi target pengguna terbesar yaitu Turki, Iran, India, Pakistan dan Mesir,” tambah Muhyiddin.

Indonesia saat ini menjadi negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar dan pengguna internet muslim terbesar di dunia dan memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup baik.[ANTARA]