Koalisi Dalam Pilpres Masih Opsi

221

Jakarta– Sekretaris Jenderal DPP PDIP Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk berkoalisi dengan partai lainnya dalam pemilihan presiden 2014 nanti.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Tjahjo Kumolo

“Kita masih terbuka, bisa saja nanti kita berkoalisi dengan partai lain, seperti dulu dengan Gerindra, atau juga dengan partai lainnya, kalau kita bisa mengajukan sendiri ya mungkin juga bisa sendiri,” katanya di Jakarta, Rabu(28/12).

Ia juga mengatakan, pihaknya membuka diri terhadap semua partai politik termasuk Golkar. “Bisa saja (koalisia dengan Partai Golkar), namun semua itukan tergantung misalnya hasil pemilu legislatif,” katanya.

Ia menambahkan, hasil perolehan suara dalam pemilihan legislatif sangat menentukan koalisi atau tidak dalam mengajukan kandidat presiden 2014 nanti.

“Pileg (pemilihan legislatif) itu sangat menentukan, kalau kita kurang untuk mengajukan, kan otomatis harus berkoalisi untuk maju,” katanya.

Sedangkan terkait dengan kandidat yang dicalonkan, Tjahjo mengatakan, hingga saat ini, pihaknya masih belum menentukan kandidat presiden yang akan diajukan.

“Kita masih menunggu survei serta keputusan PDIP melalui Ketua Umum Megawati tentang itu, kita masih menunggu waktu yang tepat,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua MPR yang juga politisi Partai Golkar Hadjriyanto Y Thohari mengatakan Partai Golkar siap berkoalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Pemilihan Presiden 2014.

“Koalisi Partai Golkar dan PDIP dalam Pilpres 2014 sangatlah mungkin. Kedua partai merupakan partai yang berpengalaman panjang dalam politik,” katanya.

Menurut dia, kedua partai juga memiliki platform politik yang nyaris sama. “Jadi, `why not`, kenapa tidak? Golkar tak akan mengelak bila berkoalisi dengan PDIP,” katanya.

Sementara itu, meskipun Aburizal Bakrie terus didengung-dengungkan untuk maju dalam pemilihan Presiden oleh Partai Golkar, namun hingga saat ini ketua umum Partai Golkar itu belum memutuskan secara resmi. Kemungkinan keputusan resmi pencalonan Aburizal Bakrie sebagai Presiden akan diambil dalam Rapat Pimpinan Nasional Partai Golkar 2012.[Antara]

Tinggalkan komentar Anda