Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

0
1148
kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen

Kali ini saya amenulis tentang Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen dan hubungannya dengan aksi 1 juta cup kopi gratis, bagian dari kampanye #kopijujurlawancorona.

Ada penggalan kalimat dari sebuah iklan yang menarik disimak, “kopi itu terasa nikmat saat pahitnya kau telan.” Saya pikir itulah filosofi dari kopi jujur yang sebenarnya. Bagi kita, kalimat tersebut begitu kuat, namun tidak demikian menurut pemahaman anak-anak. Anak saya, misalnya, menganggap iklan itu begitu membosankan, dan dia akan selalu mengganti channel radio tiap iklan ini diputar.

[lwptoc min=”2″ depth=”6″ title=”Daftar Isi” hideItems=”0″ width=”55%” float=”left” itemsFontSize=”90%”]

Apa yang dilakukan anak saya juga juga menunjukkan betapa dia jujur dengan sifat kanak-kanaknya.

Kopi dan Hal-hal yang Perlu Diketahui

Kopi dikenal dan diyakini sebagai minuman yang memiliki banyak manfaat serta baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung, penyakit diabetes tipe 2, dan bahkan dipercaya bisa memperpanjang usia. Para penikmat kopi akan mencari sejuta referensi untuk membenarkan dalil ini.

Penikmat kopi sering mendakwahkan bahwa kopi mampu mengurangi risiko depresi dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, ada satu hal yang perlu diwaspadai dari si hitam ini, yaitu kandungan kafein yang terdapat di dalamnya. Kadar kafein memiliki batas aman untuk dikonsumsi oleh tubuh. Artinya, kopi tidak bisa dikonsumsi secara berlebihan alias harus dibatasi.

Kadar polifenol, antioksidan dan mineral yang tinggi yang terkandung di dalam kopi adalah rahasia terbesar di balik manfaat kopi. Ada yang melakukan improvisasi dengan cara menambahkan es ke dalam kopi. Rupanya hal ini juga tidak mengubah manfaat dari kopi sama sekali.

Nutrisi pada kopi tidak akan berkurang, berapa pun suhu penyajiannya coba kita siasati. Kabar baiknya, kopi yang dicampur es alias kopi dingin ternyata sedikit lebih bermanfaat dibanding kopi panas. Kopi dingin memiliki tingkat keasaman 67 persen lebih rendah dibandingkan kopi panas.

Dengan fakta ini, kopi yang disajikan dalam keadaan dingin menjadi pilihan bijaksana bagi mereka yang memiliki masalah dengan lambung. Kopi dingin juga menjadi pilihan yang baik bagi orang yang punya lidah sensitif terhadap panas.

Bagi orang Aceh, mereka punya cara agar kopi tidak bermasalah dengan lambung, yaitu dengan menciptakan kopi sanger: jenis minuman yang diolah menggunakan sedikit kopi dan susu. Jenis kopi ini paling banyak diburu pecinta kuliner ketika berkunjung ke Aceh.

Kopi dingin juga memiliki kekurangan jika dibandingkan kopi yang disajikan dalam keadaan panas, karena memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi panas. Beginilah sifat asli dari kopi jujur, karena ia begitu jujur dengan apa yang dikandungnya.

Sebenarnya baik itu kopi dingin maupun kopi panas sama sekali tidak masalah, asalkan kandungan kafein yang masuk ke dalam tubuh bisa dikontrol. Sedangkan batas aman konsumsi kopi dalam sehari adalah 2 gelas. Para peneliti mengatakan bahwa kandungan kafein yang terkandung dalam segelas kopi adalah sebesar 200 mg dan tubuh dalam sehari hanya aman mengkonsumsi 400 mg atau setara dengan 2 gelas kopi.

Apa itu Kopi Jujur

Aksi 1 juta kopi jujur gratisKopi Jujur adalah aksi 1 juta cup kopi gratis yang diolah menggunakan 100 persen kopi asli dan aman dikonsumsi oleh tenaga medis, tenaga kesehatan dan seluruh karyawan dan staff yang menjadi garda depan penanggulangan wabah COVID 19 di Jakarta.

Aksi 1 juta cup kopi jujur gratis ini melibatlan komunitas kopi, para barista indonesia, pengusaha, para-millenial influencer, selebgram, youtuber, blogger, tiktokers, public figure dan seluruh masyarakat luas sebagai bentuk solidaritas dalam melawan wabah virus corona di Jakarta. Mereka bisa membantu dalam bentuk share, like, support penyebarluasan informasi kegiatan.

Gerakan sosial ini berlangsung selama dua bulan, terhitung dari tanggal 30 Maret 2020 sampai dengan 30 Mei 2020. Kampanye kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen itu sangat efektif di tengah wabah virus Corona atau covid-19. Kampanye itu menunjukkan bahwa segelas kopi dapat menjadi aksi sosial yang demikian berdampak untuk melawan virus corona.

Aksi sosial ini menunjukkan bahwa kita berbagi semesta bersama-sama, karena virus corona tidak pernah memandang usia, jenis kelamin, suku atau dari belahan bumi mana kamu tinggali. Siapa saja rentan terpapar virus yang berasal dari Wuhan, Cina ini. Tidak ada yang dapat kita lakukan selain saling menjaga dan memberi support terutama kepada para medis yang berada di garda terdepan dalam usaha memutus-rantai penyebaran corona.

Siapa pun dapat berpartisipasi dalam menyukseskan aksi kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen, misalnya melalui cara sebagai berikut:

– Tenaga Barista Pejuang;
– Kopi dan peralatanya dan juga gula sachet, hot paper cup, stirer, tenaga dan kendaraan untuk logistik;
– Roti atau makanan berat lainnya;
– Masker untuk mencegah penularan penyebaran COVID 19;
– Uang atau bentuk lainnya untuk menunjang aksi ini;

Dukungan dalam bentuk uang juga boleh dan dapat ditransfer langsung ke rekening BCA dengan nomor 5045113245 atas nama PT. Cybers Global Indonesia atau melalui laman Kitabisa.com atau Benihbaik.com.

Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Jenis kopi jujur yang disarankan untuk aksi 1 juta cup kopi adalah Kopi Tubruk 100% Fine Robusta Asli, Kopi Filter dan Kopi Jahe. Pun begitu, semua jenis kopi dibolehkan, apakah itu jenis kopi arabika, kopi robusta, kopi liberika atau kopi ekselsa. Kopi jujur adalah kopi yang sebenarnya tanpa campuran essen.

Ensiklopedia virtual, Wikipedia, memasukkan essen sebagai bahan yang ditambahkan dengan sengaja ke dalam makanan dalam jumlah kecil, dengan tujuan untuk memperbaiki penampakan, cita rasa, tekstur, dan memperpanjang daya simpan.

Campuran essen bisa menghilangkan kekhasan dari rasa dan aroma kopi. Para penikmat kopi dengan mudah bisa mengenali mana kopi asli dan mana kopi yang sudah ditambahkan bahan essen. Mereka dapat membedakan kopi hanya dari mencium aromanya saja. Minuman kopi yang sudah ditambahkan essen memiliki aroma yang berbeda dengan kopi asli.

Apa itu essen? Penjelasan singkat mengenai essen adalah suatu jenis cairan atau serbuk yang ditambahkan pada suatu makanan agar menyerupai bahan dan aroma aslinya. Essen ini sangat familiar di kalangan pemancing. Mereka kerap memanfaatkan essen untuk menambah nafsu makan ikan dan bisa juga berguna untuk mengundang ikan agar berdatangan dan berkumpul.

Padahal tanpa tambahan apapun kopi tetap bikin ketagihan. Bagi kami di Aceh, setiap hari bisa berpindah-pindah dari beberapa warung kopi hanya untuk menikmati kopi terbaik, kopi asli tanpa campuran apapun.

Sebagai penutup tulisan ini, saya ingin sampaikan bahwa kopi adalah tanda persahabatan. Ajaklah seseorang menikmati segelas kopi, dan mereka akan dengan senang hati menerimanya. Soalnya, segelas kopi bisa mencairkan suasana hati yang sedang beku. Bahkan segelas kopi bisa meredakan sebuah konflik yang sudah berlangsung lama.

Orang akan merasa dilecehkan jika kita memberi uang lima ribuan, tapi mereka akan menganggapnya tanda persahabatan saat kita menawarinya satu gelas kopi seharga lima ribuan.

Di Aceh, orang kerap mendakwahkan bahwa minum kopi sebagai lambang kewarasan. Ini tercermin dalam ungkapan, “Jak tajep kupi, bah bek pungo!” Artinya, yuk minum kopi biar kita tidak jadi gila. []

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here