Martha, Sosok yang Bakal Meracuni Ratu Naga?

0
584

Setelah Daenerys Targaryen menghancurkan King’s Landing di Game of Thrones 8 Episode 5, muncul pertanyaan “siapa yang akan menghentikan mother of dragons itu di episode terakhir?”

Ratu naga meraih kemenangan di King’s Landing, seperti yang diinginkannya. Tapi tindakan bumi-hangus itu bertentangan dengan pernyataan dia sebelumnya, bahwa dia tidak ingin menjadi “ratu abu” (queen of the ashes). Langkahnya itu mulai mengasingkan banyak sekutu Dany, seperti terlihat dari wajah Jon Snow, Arya Stark, Tyrion Lannister dan Ser Davos.

Fakta kecil itu segera menghadirkan pertanyaan, akankah final seri ini juga menjadi akhir bagi Bunda Naga? Kita mungkin sudah tahu bagaimana itu akan terjadi

Tidak ada lagi ratu baik hati seperti terlihat ketika membebaskan Mereen dari perbudakan. Dalam Game of Thrones 8 episode 5, The Bells, Daenerys Targaryen sudah sepenuhnya menjadi Mad Queen (Ratu Gila). Dia pun segera masuk dalam daftar karakter yang akan mati dalam episode terakhir pada Minggu (19/5) ini. Tapi, siapakah yang akan mendapatkan kehormatan membunuh ratu naga ini?

Arya Stark berada dalam daftar atas sebagai pembunuh Dany, untuk memenuhi bagian akhir dari prediksi “mata coklat, hijau dan biru” seperti ramalan Melisandre. (Berdasarkan pada buku, Dany memiliki mata ungu, tapi mata aktris Emilia Clarke memang hijau).

Jon Snow ada dalam daftar kedua yang akan membunuh Dany atas kejahatannya ketika menghancurkan King’s Landing, dan selanjutnya menjadi raja seperti prediksi sebelumnya. Tapi, prediksi tersebut mudah ditebak dan sangat tidak cocok dengan daya Game of Thrones.

Justru, kematian Daenerys Targaryen akan menjadi menarik jika melibatkan Varys dan burung-burung kecilnya. Ini mengingatkan kita pada beberapa adegan penting pada episode 5 yang luput dari perhatian banyak orang, yaitu adegan sebelum “si laba-laba” itu dieksekusi mati.

Adegan itu dilewatkan begitu saja oleh orang-orang, dan mereka justru tenggelam oleh momen saat Varys dieksekusi, penghancuran King’s Landing, dan Cleganebowl. Padahal, dalam adegan pembuka episode 5, Varys dan mata-mata mudanya, Martha, aktif mencoba meracuni Dany sebelum dia mengetahui rencana licik tersebut.

Dalam adegan pembuka episode itu, Varys dengan sangat jelas menulis surat-surat yang menjelaskan identitas asli Jon Snow, mungkin untuk dikirim ke semua raja di Westeros untuk membenarkan klaim Jon merebut tahta. Meskipun dia masih melakukan ini ketika Gray Worm datang membawanya, tidak jelas apakah dia benar-benar mengirim burung gagak–jika dia melakukannya, itu terjadi di luar layar.

Ketika salah satu dari “burung kecil” Varys, Martha memasuki ruangan, mereka berbicara singkat di mana Martha mengatakan kepada Varys bahwa “dia tidak akan makan” (“dia” mungkin Dany), dan Varys menjawab untuk “coba lagi saat makan malam.” Martha bilang tentara Dany mengawasinya, dan Varys berusaha meyakinkan gadis kecil itu dengan mengingatkannya bahwa risiko besar mendapatkan hadiah besar. Di akhir adegan, Varys meminta Martha kembali ke dapur, tempat dia bekerja.

“Semakin besar risikonya, semakin besar pula hadiahnya.” Apa risiko yang lebih besar daripada mencoba meracuni ratu Targaryen?

Ini adalah langkah yang sangat bervariasi; Master of Whispers itu selalu merencanakan, dan terus terang, busurnya musim ini terasa sangat bodoh. Rencananya adalah mendekati Jon dan Tyrion secara langsung, dan jika mereka tidak melakukannya, dia akan mati? Itu bukan Spider yang dulu kita kenal. Tapi secara terbuka menentang ratu–klasik, jika berisiko, salah arah–sementara dia diam-diam merencanakan untuk meracuni dia dari bayang-bayang? Itu lebih pas.

Tapi itu belum semua–ada satu adegan lain yang mengisyaratkan plot racun, dan bahkan mungkin memberi kita petunjuk tentang bagaimana Dany akan mati di episode final.

Ketika Varys mendengar Gray Worm dan Unsullied berderap di aula menuju kamarnya, dia membakar surat yang sedang dia tulis–dan melepaskan cincinnya. Kamera bertahan dalam close-up yang ekstrem saat ia memutar satu, menariknya, dan menjatuhkannya ke cangkir kosong di atas mejanya. Sisanya segera menyusul.

Ini bisa jadi bukan apa-apa, atau bisa juga segalanya: Ketika Olenna Tyrell meracuni Joffrey di pernikahannya, dia memetik racun – dengan tepat dijuluki “pencekik/the strangler” – dari kalung Sansa, yang diberikan oleh Dontos yang bodoh, hadiah dari Littlefinger’s, dan menjatuhkan kristal palsu ke dalam cangkir Joffrey, di mana itu mungkin larut dan menjadi tidak terdeteksi.

Ratu Naga
Sansa Stark. Foto: Gamespot

Memperbesar cincin Varys dengan cahaya gambar yang mencolok tidak menunjukkan adanya kristal biru. Faktanya, cincin yang kita perhatikan tampaknya mewakili kesetiaan Varys kepada ratu Targaryen–cincin ini tampaknya merupakan cincin ini dari pengecer resmi perhiasan Mey. Pengecer menyebutnya sebagai “cincin kesetiaan,” dan situs mereka mengklaim bahwa Varys, Tyrion, Jorah, dan Gray Worm semuanya telah memakainya sejak Musim 7. Ini dirancang agar terlihat seperti tulang naga. Ketika melepasnya, Varys secara simbolis melepaskan simbol kesetiaannya kepada Daenerys.

Tapi Varys masih setia kepada Jon, yang sekarang dia kenal juga seorang Targaryen. Meskipun kita tidak melihat kristal racun biru yang jelas ketika Varys melepas semua cincinnya, pertunjukan itu tampaknya berfokus pada pengangkatan mereka cukup lama sehingga mungkin penting di akhir musim. Pembantu di dapur, Martha, mungkin masih memiliki kaitan, dan kematian majikannya di tangan Dany dapat menginspirasinya untuk terus berusaha melaksanakan keinginan terakhirnya: melihat Ratu Naga mati, tidak peduli metode apa pun.

Jadi, untuk berjaga-jaga, ada baiknya kita mewaspadai tanda-tanda Martha di final Musim 8 Game of Thrones. Jangan-jangan, dialah sosok yang membunuh ratu naga. Tapi, pembuat Game of Thrones selalu menghadirkan banyak kejutan, termasuk dalam episode final nanti yang tayang pada Senin (20/5) waktu Indonesia. []

Nonton Game of Thrones Season 8 Episode 6

Gamespot.com