Pembayaran Pertama Program Mitra Quora Melalui Paypal

Jangan sungkan bertanya, karena kini pertanyaan Anda akan dihargai dengan dollar oleh program mitra quora.

1648
Platform Quora (Foto: theiuvo.com)

APAKAH program mitra quora benar-benar membayar? Itulah pertanyaan pertama yang muncul di benak saya setelah mendapat undangan untuk bergabung dalam quora partner program pada medio Desember 2018 lalu. Segala keraguan tersebut seketika hilang setelah pembayaran pertama program mitra quora masuk ke akun Paypal milik saya pada Selasa (8/1/2019) pagi.

Sebagai blogger yang mengandalkan income dari aktivitas online, tentu saja saya cukup selektif saat memutuskan bergabung dalam sebuah platform yang bersedia membayar para penggunanya. Biasanya saya lebih dulu mencari informasi yang dewasa ini cukup berlimpah, hanya dengan beberapa kata kunci. Kenapa kita perlu hati-hati dan selektif? Karena ada banyak sekali platform bodong atau scam di dunia internet yang menuntut pengguna melakukan ini-itu, namun pada akhirnya hanyalah sebuah penipuan.

Saat memutuskan bergabung dengan platform Quora, sama sekali tidak terpikirkan bahwa Quora akan membayar para pengguna. Selain karena saya pengguna baru, pengetahuan saya tentang platform ini juga sangat minim. Jarang sekali saya membaca review dari teman-teman blogger lain yang secara khusus mengulas soal pembayaran dari quora. Sementara informasi tentang Quora versi bahasa Inggris tidak pernah saya baca. Perjumpaan saya dengan Quora justru terjadi secara kebetulan, yaitu saat mencari backlink berkualitas demi menaikkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) blog saya, dan saya diarahkan agar aktif di Quora.

Kesan pertama saya dengan Quora sangatlah menggoda, dan cukup lama saya menghabiskan waktu dengan membaca jawaban-jawaban para pengguna yang menurut saya sangat informatif, terutama dari Quora Bahasa Inggris. Saya termasuk orang yang tidak betah berlama-lama pada sebuah website dan jarang sekali meng-klik halaman lain di luar postingan yang saya dapatkan dari hasil googling di internet. Namun, daya tarik quora membuat saya betah, lebih-lebih ketika beberapa pakar SEO merekomendasikan backlink berkualitas dari Quora. Setelah merasa cukup puas berpindah dari satu pertanyaan ke pertanyaan lain, saya pun memutuskan membuat akun di Quora.

Saya ingat, hal pertama yang saya lakukan setelah membuat akun adalah menjawab sebuah pertanyaan dan kemudian menempelkan link menuju blog saya pada salah satu pertanyaan. Setidaknya, ada sejumlah pertanyaan yang saya jawab, dari jawaban yang serius (sesuai passion saya) hingga jawaban yang sekadar tampak aktif saja. Saya pun tidak ingat pertanyaan apa yang saya ajukan pertama kali di Quora untuk menanamkan link di sana. Pengalaman dan pengetahuan yang saya peroleh di Quora membuat saya betah, itu saja yang saya ingat.

Lalu, setelah aktif sekitar dua minggu (menjawab dan mengajukan pertanyaan), datanglah sebuah email yang berisi undangan untuk bergabung dengan program mitra quora. Sekali lagi saya mencari informasi mengenai hal-ihal program mitra quora dari Quora berbahasa Inggris, dan tanpa pikir panjang lagi langsung meng-klik tombol terima (accept). Sebenarnya, ketertarikan saya untuk bergabung lebih karena tertarik dengan kalimat yang menyertai undangan “mitra yang lebih sukses mampu mendapatkan lebih $1000 setiap bulan”. Ayoo…mana ada pengguna internet yang tak tertarik dengan iming-iming dollar, kan?

Pengalaman menjadi mitra quora

Apa yang saya lakukan setelah menjadi mitra quora? Niat awalnya memang mencari backlink dan tujuan tersebut masih saya pelihara setelah menerima undangan menjadi mitra quora. Saya mengajukan empat pertanyaan pada hari pertama menjadi mitra. Jumlah tersebut saya anggap cukup untuk menguji apakah quora benar-benar membayar para mitra atas pertanyaan yang diajukan. Benar saja, besoknya saya membuka halaman dashboard dan melihat ada angka dalam dollar yang muncul di bagian kanan setiap pertanyaan.

“Saya baru dua hari yang lalu diundang untuk bergabung dalam program Mitra Quora. Setelah bergabung dalam program ini, saya mengajukan empat pertanyaan, dan besoknya saya melihat di halaman dashboard sudah ada $0.30. Boleh jadi, pendapatan yang saya terima sangat kecil, karena trafik atau penayangan juga kecil. Tapi lumayan-lah,” demikianlah saya menulis sebuah testimoni ketika menjawab pertanyaan pengguna lain.

Loading...

Dari laman FAQ Partner Quora dijelaskan bahwa dasbor kita sebagai pengguna akan diperbarui setiap harinya, paling lambat pada pukul 5 sore Waktu Standar Pasifik atau pagi hari Waktu Indonesia Barat. Dalam kasus tertentu, jumlah pendapatan yang kita peroleh kadang-kadang diperbarui lebih awal, namun akan diperbarui paling lambat pada pukul 5 sore Waktu Standar Pasifik. Kita bisa memantau jumlah pendapatan yang kita terima dari setiap pertanyaan yang diajukan di halaman dasboard.

Kapan kita akan dibayar? Dalam penjelasan di laman program mitra disebutkan, bahwa pengguna akan dibayar melalui Stripe untuk pengguna dari Amerika, dan Paypal untuk mitra dari negara lain. Untuk menerima pembayaran dari program mitra, pengguna diharuskan menghubungkan akun Stripe dan Paypal ketika sudah memperoleh pendapatan $5. Pembayaran pertama program mitra quora akan dilakukan ketika pendapatan sudah mencapai jumlah $10.00, dan pembayaran tersebut akan dikirimkan pada hari Senin pertama setiap bulan.

Para mitra quora dari Indonesia biasanya menerima pembayaran pada Selasa dinihari. Biasanya, dana masuk ke akun Paypal kita sekitar pukul 03.00 WIB dinihari.

Baca juga: Program Mitra Quora: Ketika Bertanya Bisa Menghasilkan Dollar

Program Mitra Quora Benar-benar Membayar

Meski setiap hari saya melihat jumlah pendapatan dari pertanyaan yang saya ajukan, saya belum yakin betul bahwa Quora benar-benar bersedia membayar. Saya sempat membaca jawaban beberapa pengguna Quora yang menulis bahwa kontrak mereka dengan quora dibatalkan sepihak setelah pendapatan yang mereka kumpulkan cukup besar dan mereka sedang menanti masuknya pembayaran ke akun Stripe atau Paypal milik mereka.

Pun begitu, saya tetap aktif seperti biasa karena niat awalnya memang mencari backlik. Kalau pun pihak Quora benar-benar membayar maka akan saya anggap sebagai bonus belaka. Segala informasi tentang program mitra quora masih terus saya cari. Ada pengguna yang mengaku dibayar oleh quora. Sikap saya ketika itu antara yakin dan tidak yakin. Namun, saya masih tetap aktif menjawab dan bertanya (mengajukan pertanyaan) yang menurut saya penting untuk mendapatkan jawaban.

Pada Selasa (8/1/2018) saya melihat ada mitra yang mengajukan pertanyaan, “Apakah kamu sudah menerima bayaran dari program Mitra Quora? Bagaimana prosesnya?”, dan beberapa mitra membagikan pengalamannya mendapatkan pembayaran pertama dari program mitra. Mereka juga melampirkan bukti transfer pembayaran dari quora ke akun Paypal mereka, di mana jumlahnya berbeda-beda antara satu mitra dengan mitra lainnya (tergantung nasib dan keberuntungan). Saya pun menyempatkan diri nimbrung dengan ikut-ikutan melampirkan notifikasi bukti pembayaran pertama program mitra quora ke akun paypal saya saat menjawab pertanyaan tersebut.

Eureka! Program Mitra Quora memang terbukti benar-benar membayar.

pembayaran pertama program mitra quora

Pembayaran Pertama Program Mitra Quora Melalui Paypal

Rasa penasaran dan ‘check sound’ terhadap program mitra quora membuat saya puas. Lebih-lebih ketika memeriksa saldo akun paypal saya, dan saya melihat masuknya pembayaran pertama program mitra quora seperti jumlah angka di dashboard saya.

Berapa lama pertanyaan yang kita ajukan itu menerima pembayaran? Di laman FAQ disebutkan bahwa “jumlah kompensasi diberikan kepada pertanyaan berdasarkan kualitas jawabannya dan jumlah orang yang tertarik dengan pertanyaan dan jawabannya. Setelah Anda mengajukan pertanyaan, Anda akan menghasilkan uang dari pertanyaan tersebut selama 1 tahun.”

Jadi, rajin-rajinlah mengajukan pertanyaan. Kadang kala, pertanyaan yang kita ajukan ke Quora juga ditanyakan oleh orang lain, dan dengan semakin banyak orang-orang mencari jawaban atas pertanyaan yang kita ajukan (dan semakin baik jawaban atas pertanyaan tersebut), maka semakin banyak uang yang bisa kita hasilkan. Maka bertanyalah, karena satu pertanyaan Anda akan terus menghasilkan dollar selama setahun. []