Stan Lee, Tokoh Komik dan Veteran Perang Amerika Tutup Usia

0
151

ACEHPUNGO.COM – Kabar duka bagi penggemar superhero Marvel. Stanley Martin Lieber atau lebih dikenal dengan Stan Lee, pencipta karakter Spider-Man, Iron Man, Hulk, dan superhero komik Marvel lainnya meninggal dunia di usia 95 tahun.

Lee meninggal pada Senin (12/11) pagi kemarin di Los Angeles setelah mengalami sejumlah penyakit beberapa tahun terakhir, seperti pneumonia.

“Dengan berat hati, kami berbagi belasungkawa terdalam dengan putri dan saudaranya,” kata Marvel Comics dan pemiliknya The Walt Disney Company dalam sebuah pernyataan. “Kami ingat dan menghormati pencipta, suara dan juara Marvel … Setiap kali Anda membuka komik Marvel, Stan akan berada di sana.”

Kabar duka itu juga disampaikan putrinya, JC Lee, sebagaimana dilansir dari Reuters. “Ayah saya mencintai semua penggemarnya. Dia adalah pria paling hebat dan paling baik,” ungkap putri Stan Lee, JC, Senin (12/11).

Stan Lee dihormati oleh penggemar buku komik karena menciptakan tokoh superhero segar pada tahun 1960-an. Stan Lee menjadi editor Marvel Comics (kemudian disebut Timely Comics) tidak lama setelah jasanya di Angkatan Darat AS selama Perang Dunia II.

Perusahaan itu dibayangi oleh D.C. Comics, saingan mereka yang menciptakan Superman, tetapi pada tahun 1960-an Lee sukses membuat Marvel menjadi sebuah kelompok besar industri komik dengan memperkenalkan para pahlawan super yang bertikai dan aneh yang berbeda dari Superman seperti Steve McQueen dari Gary Cooper.

Marvel Comics sering dikreditkan dengan merevitalisasi genre superhero secara umum; label banyak kreasi sebelum dan selama masa jabatan Lee termasuk Hulk si Luar Biasa, Pemberani, Dokter Aneh, Kapten Amerika, dan Surfer Perak si melankolis. Spider-Man, mungkin yang paling abadi dari semua karakter Marvel, diciptakan oleh Stan Lee dan artis Steve Ditko pada tahun 1962.

Stan Lee

Meninggalnya Stan Lee juga menjadi kabar duka bagi militer Amerika yang baru saja merayakan Veteran Day’s, yang diperingati sebagai hari libur tiap tanggal 11 November. Militer Amerika Serikat (AS) dalam kicauannya di Twitter menyebutkan Stan Lee pernah bertugas saat Perang Dunia II.

Lee bertugas di Korps Sinyal #USArmy selama Perang Dunia II dari 1942-1945.

“Istirahat dengan damai, Prajurit,” demikian disampaikan militer AS lewat akun Twitter mereka, @USArmy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here