SteemPress Kini Mendukung Banyak Akun dalam Satu Blog

0
219

Lupakan kabar soal @ned melakukan power down, atau kabar tentang ned yang pindah kantor serta kabar simpang siur lainnya. Juga soal harga SBD dan Steem yang terus terjun bebas. Mari sejenak memperhatikan pembaharuan apa saja yang dilakukan oleh SteemPress.

Baru-baru ini, lebih tepatnya dua hari yang lalu, pihak @steempress-io melakukan beberapa pembaruan pada fitur plugin SteemPress versi 1.3.1. Melalui Discord SteemPress, @Howo mengumumkan sebuah kabar gembira:

>”We now support multiple accounts under the same blog.”

Ya, SteemPress versi 1.3.1 kini memiliki fitur yang mendukung banyak akun dalam sebuah blog. Fitur ini sangat cocok bagi blog komunitas yang dikelola oleh banyak orang atau memiliki sejumlah penulis. Intinya, satu blog bisa digunakan ramai-ramai.

>Anda sekarang dapat menentukan nama pengguna steem/kunci posting untuk masing-masing sehingga artikel yang mereka tulis di blog berakhir di akun steem mereka dan bukan pada akun default.

Bagi kalian yang selama ini mengeluh tidak memiliki blog self-hosted, kini Anda boleh sedikit lega. Karena kalian bisa nebeng pada blog yang dikelola oleh teman kalian. Yang perlu kalian lakukan hanya meminta agar pengelola blog membuat sebuah akun login pada blog milik mereka, minta agar role/peranan Anda disetting sebagai author atau editor.

Menurut pihak SteemPress, fitur multi akun ini berdasarkan permintaan banyak pengguna steemit.

>”Ini telah menjadi fitur yang diminta berkali-kali dan kami senang menyampaikannya :).” tulis @howo melalui Discord.

Cara Setting SteemPress

Cara setting akun di SteemPress sangat mudah. Anda hanya diminta mengisi username dan private posting key. Karena SteemPress sekarang ini sudah mendukung banyak akun, Anda hanya perlu mengisi akun default dengan nama username Anda sendiri. Lalu, di fitur “define more users” kalian isi dengan username Steemit teman atau penulis blog kalian berikut dengan posting key.

Jika semua proses dilakukan dengan benar maka Anda muncul keterangan seperti dalam gambar di bawah ini.

Ketika penulis blog kalian memposting tulisan, maka tulisan mereka akan muncul di akun Steemit mereka sendiri, bukan pada akun default kalian. Dengan begitu, kalian tidak perlu lagi memberi honor kepada mereka, karena mereka bisa menghasilkan reward dari karya mereka.

Cara menambah penulis blog

Jika anda adalah pemilik atau admin blog, langkah pertamaa adalah masuk ke menu dashboard WordPress. Lalu cari tulisan “user” atau pengguna di menu sebelah kiri. Pada menu user atau pengguna, klik tambah baru. Isi username, nama depan dan belakang, email dan sedikit biografi singkat. Kalau perlu isi alamat media sosial mereka. Kemudian, ini yang penting, pada pilihan role/peranan setting sebagai author/penulis atau editor. Lalu simpan.

Kenapa peranan yang diberikan kepada mereka hanya sebatas sebagai penulis atau editor? Agar mereka tidak bisa melakukan utak-atik tampilan blog atau merubah setting. Sementara jika akses peranan yang kalian berikan kepada akun baru itu sebagai administrator (akses tertinggi dalam root), maka sama saja Anda sudah memberikan seluruh pengelolaan blog kepada mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here