Tidak Ada Tanda Kebosanan Pada Pengguna Facebook Jangka Panjang

0
50

Washington- Sebuah survei yang diumumkan, Jumat, menunjukkan bahwa orang yang telah menggunakan situs jejaring sosial dalam jangka panjang – sejak diluncurkan pertama kali pada 2004- mengaku tidak menunjukkan tanda bahwa mereka telah lelah mengunggah foto, memperbarui rencana akhir pekan atau hanya menyampaikan pendapat secara acak.

Laporan Pusat Penelitian Pew itu, berdasarkan survei telepon, catatan, dan data di Amerika Serikat pada November 2010, menyoroti peluang popularitas jangka panjang Facebook, seiring dengan keputusan perusahaan yang dibentuk oleh Mark Zuckerberg itu menuju IPO dengan penawaran awal 5 miliar dolar AS.

Menjelang IPO, salah satu kekhawatiran tentang Facebook adalah bahwa pengguna akan dmenjadi bosan setelah beberapa waktu, sebuah fenomena yang dikenal sebagai “kelelahan Facebook.” Penelitian Pew menunjukkan bahwa kekhawatiran itu hingga saat ini belum tampak.

Semakin lama orang menggunakan laman Facebook, semakin sering mereka menekan tombol “like”, mengomentari konten teman, mengunggah status dan menghubungkan foto-foto teman-teman mereka, menurut laporan itu.

Hal ini juga menyimpulkan bahwa memiliki lebih banyak teman di laman Facebook membuat pengguna lebih aktif di laman jejaring sosial itu.

“Makin banyak seorang pengguna memiliki teman-teman di Facebook maka makin banyak mereka melakukan kegiatan, antara lain, berteman, mengomentari status teman, mengunggah foto, menghubungkan foto-foto teman dan bergabung dengan group-group,” kata Pew terkait dengan survei uyang dilakukan oleh proyek Internet 4 American Life.

Pengguna Facebook rata-rata bisa menjangkau 156.569 pengguna lain melalui teman dari teman. Jumlah itu terutama bagi pengguna Facebook dengan jumlah teman yang sangat banyak, dengan rata-rata 31.170 orang dapat dijangkau dari temannya teman.

“Pengamatan kegiatan ini dalam sebuah pandangan baru menegaskan salah satu kebenaran tertua tentang nilai persahabatan,” kata Lee Rainie, kepala proyek internet Pew. “Mereka yang aktif secara sosial memiliki kesempatan baik untuk mendapatkan bantuan dan bantuan emosional yang mereka butuhkan.”

Survei ini didasarkan pada survei telepon dari 2.255 orang dewasa AS yang dilakukan pada November 2010. Responden diminta untuk berbagi aktivitas Facebook mereka, dan sekitar 269 responden membiarkan Facebook mengeluarkan data penggunaannya.

Facebook mengatakan telah memiliki 845 juta pengguna aktif saat ini.[Ant/Reuters]