Kemenlu Segera Buka Perwakilan Di Palestina

0
107

Jakarta– Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Michael Tene, mengatakan Kementerian Luar Negeri atau Kemenlu segera membuka perwakilan di Palestina.

“Bukan kedutaan tepatnya, melainkan kantor perwakilan yang akan dibuka di Palestina,” ujar Michael Tene kepada wartawan di Jakarta, Jumat (3/2).

Kemenlu, lanjut dia, saat ini sedang mengkaji bagaimana cara agar bisa membuka kantor perwakilan di Palestina, mengingat Indonesia tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel.

“Hal itu yang menjadi kendala, mengingat tanah Palestina juga diduduki oleh Israel,” tambah dia.

Namun, kata Michael, Kemenlu terus berupaya mencari celah agar bisa membuka perwakilan di Palestina, tepatnya Ramallah. Sayangnya, Michael tak bisa memastikan kapan dibukanya kantor perwakilan itu.

Sebelumnya, Anggota Komisi I DPR, Al Muzammil Yusuf, mendesak Kemenlu membuka kedutaan di Palestina meski tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel.

Muzzamil mengatakan ada beberapa negara yang membuka kedutaan meski tidak mempunyai hubungan diplomatik. Dengan adanya kedutaan tersebut, lanjut Muzzamil, bisa memberi dampak positif bagi warga Palestina dan akan semakin memperat hubungan kedua negara.[Ant]