YouTube SEO Optimization Tags

0
54

Topik YouTube SEO Optimization Tags masih berhubungan dengan YouTube SEO 2019. Seperti kita tahu, posisi tags di YouTube sangat berpengaruh pada rangking video di halaman pencarian YouTube. Jadi, untuk bersaing dengan kata kunci tertentu, kita perlu mengoptimasi tags pada video yang kita unggah.

Optimasi SEO untuk video YouTube tidak jauh berbeda dengan optimasi postingan pada sebuah halaman web. Trik SEO yang sama bisa kita lakukan dalam upaya mengoptimalkan video untuk youtube. Cara kerjanya pun sangat sederhana dan mudah dilakukan asal kita tahu caranya.

Inilah yang akan kita tunjukkan dalam YouTube SEO Optimization Tags berikut ini.

YouTube SEO Optimization Tags

#1. Judul Video
Sinyal pertama dan utama bagi YouTube saat memeriksa video adalah dengan melihat apa judul dari video kita. Judul adalah faktor penting dalam optimasi SEO YouTube.

Bagaimana kita melakukannya? Sertakan kata kunci satu kali sebagai judul video. Cobalah menggunakan judul yang sedikit atraktif. Dengan menggunakan judul yang menarik kita bisa mendapatkan hasil Click Through Rate (CTR) secara maksimal.

#2. Deskripsi Video
Dalam melakukan optimasi SEO untuk halaman web, meta deskripsi memiliki fungsi yang sangat penting. Hal yang sama juga berlaku ketika kita membuat video untuk youtube. Melalui deskripsi, kita bisa memberitahukan YouTube tentang video kita, karena mereka terlalu naif untuk melihat apa yang terdapat di dalam video.

YouTube tidak dapat melihat apa yang ada di dalam Video kita. Karenanya kita harus mendefinisikan tentang video dan kontennya kepada YouTube menggunakan deskripsi.

Tulis setidaknya 200 kata unik dan penjelasan yang deskriptif, dengan merangkum apa isi video secara keseluruhan. Jadi, tidak cuma mengisinya dengan kata kunci seperti pada judul. Kita sering melihat channel populer, mereka biasanya menambahkan beberapa tautan eksternal ke situs web dan profil sosial.

Sebuah deskripsi yang bagus dan relevan akan membantu video kita ditambahkan dalam fitur “Video yang Disarankan YouTube”. Itu semacam sinyal bagi video kita berkomunikasi dengan mesin pencari. Usahakan membangun “percakapan” dengan algoritme penelusuran YouTube.

#3. Tags Video
Dalam postingan sebelumnya kita sudah bicarakan bahwa tags memiliki kedudukan sangat penting di YouTube. Kalau ada yang mengatakan bahwa tags tidak ada hubungannya dengan peringkat video, itu bohong besar. Lihat saja video dari channel populer, semua video memiliki tags.

Tag video adalah sinyal relevansi bagi YouTube. Relevansi adalah salah satu pertimbangan utama saat membuat video yang sempurna untuk YouTube. Karenanya kita perlu menggunakan tag yang keren dan relevan.

Ada dua cara dalam mengoptimasi YouTube SEO Optimization Tags. Pertama, bikin tags sendiri. Kita harus menemukan tag untuk video kita sendiri. Misalnya, kita memiliki video yang terkait dengan “YouTube SEO” dan kita ingin menambahkan beberapa tag. Kita bisa memikirkan beberapa kata kunci yang relevan seperti: tutorial seo YouTube, bagaimana menaikkan peringkat video atau bagaimana mendapatkan video YouTube.

Kota dapat juga memanfaatkan saran Google dan saran YouTube untuk ini dari halaman pencarian. Biarkan mesin pencari yang membantu kita. Bagaimana caranya? Masukkan kata kunci utama kita di kotak pencarian dan itu akan memperlihatkan kata kunci ekor panjang (long tail keyword). Kita juga dapat menggunakan trik tanda (“_”) untuk saran lainnya. Melalui cara ini, kita akan
memiliki sejumlah tag terkait video kita.

Kedua, tags kompetitor. Meniru tags video kompetitor/pesaing tidaklah dilarang. Banyak YouTubers melakukannya. Yang kita lakukan seperti mematai-matai pesaing, dan kita dapat mengambil beberapa tags video keren.

Untuk menerapkan YouTube SEO Optimization Tags, kita butuh aplikasi pihak ketiga dalam mencari tags pesaing. Seperti sudah disinggung dalam postingan sebelumnya, kita bisa menggunakan Tubebuddy, sebuah ekstensi di browser chrome atau VidIQ.

Misalnya, kita menggunakan Tubebuddy. Ketik kata kunci utama di form pencarian, lalu klik lima video teratas dan lihat tags yang digunakan. Salin dan gunakan sebagai tags video kita.

#4. Thumbnail video
Seperti sudah dijelaskan juga, thumbnail adalah gambar tampilan untuk video kita. Semakin menarik dan memikat sebuah gambar thumbnail, maka semakin baik peluang bagi pengguna untuk mengkliknya.

Jadi, lakukan beberapa eksperimen untuk membuat gambar mini yang paling menarik untuk video kita. Sebab, thumbnail dapat membantu kita mendapatkan CTR yang menakjubkan. Cara membuat thumbnail pun sangat mudah. Kalau kita mengerti Photoshop, kita dapat mengolahnya di sana. Tapi kita bisa juga menggunakan aplikasi siap pakai seperti Canva, karena banyak contoh thumbnail yang bisa kita modifikasi.

Sekilas, trik YouTube SEO Optimization Tags ini lebih mirip optimasi SEO On Page pada laman web. Semoga bermanfaat.[]

Image source: pixabay.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here