3 Langkah Mudah Menemukan Lagu Favorit di Google

0
518

Baru-baru ini, Spotify merilis fitur baru yang memungkinkan pengguna mencari lagu favorit hanya dengan mencari lirik di aplikasi itu sendiri.

Ini cukup nyaman dan sangat membantu, terutama karena kita belum tentu tahu judul lagunya, atau bahkan artis/band di baliknya atau yang menyanyikannya.

Lalu, bagaimana jika Anda bahkan tidak tahu lirik sebuah lagu, apalagi artisnya? Itu pasti salah satu hal paling membuat frustrasi di dunia. Satu-satunya hal yang menempel di kepala Anda adalah melodi, tidak ada yang lain.

Di sinilah Spotify gagal dalam fitur pencarian musiknya.

Nah, meskipun tahun 2020 benar-benar merupakan pertunjukan sial, Google telah merilis fitur baru yang membuat tahun ini sedikit lebih tertahankan–kemampuan untuk mencari lagu dengan bersenandung.

Benar, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyenandungkan melodi dari lagu itu yang menempel di kepala Anda, dan Google akan menangani sisanya.

Anda memerlukan aplikasi Google, tersedia di iOS dan Android. Pengguna Android kemungkinan besar akan memiliki Google Assistant sebagai asisten pintar default mereka, jadi fitur bersenandung ini juga akan berfungsi di sana.

Berikut cara menemukan lagu favorit Anda dengan menyenandungkannya.
1. Luncurkan aplikasi Google atau Google Assistant di ponsel cerdas Anda
Google Apps
Untuk menjalankan Google Assistant, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengucapkan ‘Hai Google’. Ini harus diucapkan dengan tepat.

2. Ketuk ikon mikrofon di bilah pencarian
icon microphone di Google AppTanyakan ‘What’s this song?’ dan kemudian lanjutkan dengan menyenandungkan lagu atau melodi dari lagu yang Anda cari. Lakukan ini selama sekitar 15 detik atau lebih.

Beginilah tampilannya di aplikasi Google:

Dan inilah tampilannya di Google Assistant:

Kalau pakai Google Assistant, kamu bisa langsung tanya ‘Lagu apa ini atau What’s this song?’ setelah asisten diluncurkan, tanpa menekan tombol apa pun.

3. Pilih hasil yang menurut Anda merupakan lagu yang Anda cari
Lagu favorit di Google Assistant

Tiga langkah di atas setidaknya bekerja dengan baik. Saya berhasil mendapatkan hasil yang saya inginkan, tetapi bagi Anda mungkin hasilnya akan berbeda. Apalagi jika Anda tuli nada.

Jadi, coba lakukan tiga langkah di atas untuk mencari lagu favorit, dan biarkan sisanya dikerjakan oleh Google sebagai asisten Anda. Menarik, bukan?

Source: Mashable.com

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here