Perdamaian Tak Hanya Parodi Di Atas Panggung

0
64

Banda Aceh-Perdamaian yang dideklarasikan oleh para kandidat Calon Kepala Daerah Aceh yang bertarung dalam Pemilukada 2012, diharapkan tak hanya parodi di atas panggung belaka.

Seluruh kandidat dan tim suksesnya harus benar-benar menjaga perdamaian yang sedang dibangun ini,” ujar Presiden Mahasiswa IAIN Ar-Ranirry, Fachrul Radhi, Rabu (14/3) di Banda Aceh.

Menurutya, Pilkada yang bermodalkan semangat perdamaian ini merupakan adu gengsi serta menjadi perhatian pusat bahkan dunia internasional.

“Jadi, deklarasi damai bukan hanya di atas panggung akan tetapi dapat direalisasikan di lapangan nantinya, mengingat perdamaian di Aceh masih seumur jagung.”

Selain itu, pihaknya juga menuntut Pemerintah, KIP, Kepolisian, TNI dan Panwaslu untuk dapat menjaga netralitas dalam perjalanan pesta demokrasi tersebut. Fachrul Radhi juga menekankan agar pemerintah pusat segera merealisasikan MoU Helsinki yang belum terpenuhi, seperti pembebasan Tapol/Napol Aceh Ismuhadi dkk yang masih di tahan di LP Cipinang.

“Perdamaian ini tidak akan abadi selama keadilan belum ditegakan,” pungkasnya.[]