Darni Manfaatkan Malam Kesenian untuk Kampanye Cagub

0
64

Darussalam – Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang juga Calon Gubernur (Cagub) Aceh dari jalur independen, Darni M. Daud, disinyalir melakukan kampanye terselubung pada acara pementasan malam kesenian dalam rangka memperingati 50 tahun Unsyiah, Senin (28/11) di Gedung AAC Dayan Dawood.

Sejumlah acara kesenian yang diisi pada acara tersebut dilaporkan berakhir dengan seruan agar penonton memilih Darni sebagai Gubernur Aceh dalam pelaksanaan Pemilukada nantinya.

Informasi yang diterima oleh wartawan, Selasa (29/11), kampanye terselubung sang rektor tersebut membuat sejumlah penonton kecewa. Sejumlah mahasiswa yang awalnya berminat mengikuti acara, juga terpaksa angkat kaki agar tidak terpengaruh dengan kampanye tersebut.

”Pada saat acara tampilan kesenian Seudati, mereka berkali-kali berkampanye untuk Darni. Tindakan ini sangat kami sesalkan karena seharusnya malam kesenian tersebut adalah milik mahasiswa dan civitas akademik unsyiah yang seharusnya bebas dari politik praktis,”ungkap Nurul Fajri, 21, mahasiswa Unsyiah yang hadir pada kegiatan tersebut.

Sementara itu, Edi Firmansyah, mahasiswa Unsyiah lainnya juga mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, sikap yang ditunjukan oleh Rektor Darni M. Daud saat ini sudah di luar perilaku akademisi. Darni juga dilaporkan beberapa kali melakukan kampanye terselubung pada acara wisuda mahasiswa.

”Oleh karena itu, kita sudah lelah melihat perilaku ini. Pada malam kesenian, banyak penonton yang langsung pulang begitu mengetahui isi kegiatannya adalah kampanye terselubung rektor,”papar dia.[Abd]