500 Pasukan Raider Gelar Simulasi

0
197
Pasukan Raider 112/DJ sedang bernyanyi usai melaksanakan Upacara Pembukaan Latihan Pemantapan Raider Yonif 112 Kodam Iskandar Muda
Pasukan Raider 112/DJ sedang bernyanyi usai melaksanakan Upacara Pembukaan Latihan Pemantapan Raider Yonif 112 Kodam Iskandar Muda

Banda Aceh – Sedikitnya 500 pasukan TNI dari Batalion 112 Raider Kodam Iskandar Muda menggelar simulasi pemantapan kemampuan taktik raid pembebasan lawan dan  penghacuran. Simulasi tersebut dimulai 22 November – 2 Desember 2011.

Komandan Batalion 112 Raider Mayor Inf Muhammad Arif Hidayat mengatakan, simulasi pemantapan ini merupakan latihan terprogram yang digelar secara berkala dengan melibatkan 130 pelatih dari Kesatuan Kopassus.

“Simulasi ini untuk mengasah kemampuan prajurit dan melibatkan 500 personel. Selain di hotel, kami juga menggelar simulasi serupa di empat tempat lainnya,” katanya kepada wartawan, Senin (21/11).

Menurut Mayor Arif, simulasi itu untuk mengantisipasi setiap kontijensi yang terjadi di wilayah Kodam Iskandar Muda, dan digelar secara berantai, di kota, gunung, sungai dan di pantai dalam wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. “Seluruh Koramil dan Jembatan di Banda Aceh dan Aceh Besar kita gunakan untuk simulasi latihan ini,” jelasnya.

Mayor Arif menambahkan, kegiatan tersebut merupakan latihan puncak yang selama ini telah dilakukan Batalion Raider 112. Dia berharap para prajurit betul-betul mampu dan dapat menjalankan tugas dalam mengamankan Negara.

“Simulasi Raider ini berbeda dengan satuan lain, pasukan ini diharapkan mampu melakukan penghancuran dan pembebasan tawanan itu,” pungkas Mayor Arif. []