6 Keyword Research Tool Unik yang Jarang Diketahui

0
126

Ketika bicara tentang SEO, keyword research (riset kata kunci) dan keyword research tool unik ini merupakan langkah mendasar yang penting untuk dilakukan serta digunakan.

Kita sering mengabaikan keyword research dan lebih memilih “tulis konten hebat” sebagai strategi yang lebih umum. Kesalahan dari pendekatan ini adalah bahwa konten hebat tidak membedakan antara orang-orang ketika membeli dan apa yang dilakukan oleh kata kunci.

Kita perlu tahu apa yang dicari orang dan bagaimana mereka mencari. Misalnya, salah satu tahap awal saat orang ingin membeli sesuatu sering melibatkan mencari informasi. Karenanya, keberadaan keyword research tool sangat penting sekali kedudukannya dalam teknik SEO.

Orang mengetikkan kueri di search engine (mesin pencari) dengan menyertakan frasa seperti, “cara”, “bagaimana”, dan “panduan”. Biasanya, untuk mencari variasi keyword, mereka menggunakan keyword research tool.

Penggunaan long-tail keyword (kata kunci ekor panjang) akan semakin mendekatkan seseorang untuk membeli (atau mengubah keputusannya).

Misalnya, kata kunci yang menyertakan “tempat membeli”, “diskon”, dan “penjualan” menunjukkan seorang pencari yang tidak lagi berada dalam tahap pertimbangan – mereka siap membeli sekarang.

Karena berasal dari mesin pencari terbesar di dunia, alat Google Ads Keyword Planner cenderung menjadi hal pertama yang dipikirkan orang untuk melakukan keyword research.

Namun, Google membatasi jumlah data kata kunci berguna yang diberikannya. Selain itu, data kata kunci ini dalam banyak hal tidak relevan untuk peringkat dalam penelusuran organik yang relevan – ini mengacu pada data iklan berbayar.

Untungnya, ada beberapa alat penelitian kata kunci lain yang tersedia di pasaran: beberapa di antaranya gratis, sebagian lagi berbayar.

Berikut ini beberapa keyword research tool unik yang bisa Anda gunakan ketika meriset kata kunci saat membuat konten.

1. TagCrowd
Keyword Research Tool Unik
Bagian penting dalam melakukan riset kata kunci (keyword research) yang tepat melibatkan analisis konten kompetitor Anda.

Meskipun ada alat seperti SEMrush dan Ahrefs yang membuat proses ini mudah, tapi tool populer ini tidaklah gratis. Bahkan untuk paket biaya terendah saha kira-kira $100/bulan.

Tidak semua orang–terutama mereka yang pekerjaan utamanya tidak berkisar seputar SEO–dapat membenarkan biaya ini. Kalau Anda belum menggunakan salah satu alat ini dan mencari alternatif gratis, pertimbangkanlah untuk menggunakan TagCrowd sebagai keyword research tool unik yang gratis.

Premis di belakang TagCrowd sederhana: memungkinkan Anda untuk memvisualisasikan frekuensi kata dengan membuat awan (clouds) untuk kata/teks/tag.

Memahami kata kunci pesaing yang paling sering digunakan untuk laman tertentu dapat membantu Anda memahami strategi kata kunci mereka – tidak perlu alat mahal.

TagCrowd cukup mudah digunakan. Ada beberapa cara untuk menambah dan menganalisis konten: unggah file, tempelkan URL halaman web, atau tempelkan teks halaman.

2. Keywords Everywhere
Keyword Research Tool Unik
Keywords Everywhere adalah add-on browser gratis untuk Chrome dan Firefox yang mengumpulkan data dari lebih dari 15 alat kata kunci paling populer, termasuk Ubersuggest, Answer the Public, Google Search, Google Analytics, dan Search Console (antara lain).

Ketika Anda memasukkan permintaan pencarian ke Google, Keywords Everywhere menunjukkan Anda beberapa informasi dasar tetapi berguna, termasuk volume pencarian kata kunci Google dan biaya per klik data.

Meskipun Keywords Everywhere mengumpulkan data dari berbagai sumber, mereka mempermudah Anda untuk mendapatkan data yang Anda inginkan. Unduh data dalam format file PDF, Excel, atau CSV.

3. Merchant Words
Keyword Research Tool Unik
Jika Anda memiliki toko Amazon, Merchant Words adalah alat penelitian kata kunci yang sempurna untuk Anda.

Merchant Words mengumpulkan data dari lebih dari 1 miliar penelusuran Amazon sebenarnya di seluruh dunia, lalu menggabungkan hasil ini dengan data kata kunci dari Google untuk memberikan perkiraan volume.

Anda dapat menguji Merchant Words secara gratis dengan jumlah kata kunci yang terbatas. Untuk hasil maksimal, Anda bisa menggunakan versi berbayar mulai dari $30/bulan (hanya untuk data AS) dan $60/bulan jika Anda melayani audiens global. Harga itu termasuk untuk pencarian terbatas dan unduhan CSV, serta dukungan layanan pelanggan 24/7.

4. PinterestKeywordTool
Keyword Research Tool Unik
Ketika dunia masih cemas menunggu alat kata kunci LinkedIn yang khusus. Sementara itu, ada solusi keyword research untuk platform media sosial populer lainnya: Pinterest.

Pertama dilihat, itu terlihat seperti spam. PinterestKeywordTool tidak menyediakan banyak data kata kunci yang berguna – terutama dalam hal volume pencarian atau kesulitan peringkat.

Hal ini dapat memberi tahu Anda kata kunci populer di Pinterest dan jika ada kata kunci lain yang harus Anda pertimbangkan adalah membuat long-tail keyword.

5. Keyword.Guru
Keyword Research Tool Unik
Keyword.Guru mengumpulkan hasil dari mesin pencari teratas (Google, Yahoo, Bing) dan situs e-commerce (Amazon, eBay).

Setelah Anda mulai mengetik, ia memberikan hasil berdasarkan apa yang dicari orang secara real-time. Keyword.Guru tidak menampilkan informasi mengenai volume pencarian kata kunci, tetapi menunjukkan pencarian yang paling umum untuk kata kunci dasar.

Dengan menggunakan hasil pencarian real-time, Anda dapat menyimpulkan frasa kata kunci mana yang paling sering digunakan. Inilah yang akan ditunjukkan oleh keyword research tool unik ini.

6. Keyword Shitter
Keyword Research Tool Unik
Tidak perlu seorang jenius untuk mencari tahu apa yang dilakukan oleh Keyword Shitter: ia memuntahkan kata kunci seperti tidak ada hari esok!

Menurut sebuah artikel tentang Ahrefs, penulis meninggalkan alat kata kunci ini berjalan selama 30 menit dan itu mampu menghasilkan lebih dari 20.000 kata kunci (dan terus bertambah)!

Program ini bekerja dengan menambang Google Autocomplete untuk kueri. Secara realistis, jika Anda tidak ingin banyak saran kata kunci, Anda dapat mempersempit hasil dengan menambahkan filter positif dan/atau negatif.

Kesimpulan
Keyword research (riset kata kunci) adalah komponen penting dari strategi SEO yang paling bagus. Jadi, mulai sekarang, Anda tidak hanya cukup mengandalkan data yang dikumpulkan dari alat Google Ads Keyword Planner tool saja. Mulailah menggunakan 6 keyword research tool unik seperti dipaparkan di atas.

Source: search engine journal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here