8 Tips Ampuh Merawat Mesin Genset yang Bisa Dilakukan Sendiri

1
370

Genset merupakan suatu alat yang saat ini sudah banyak digunakan baik di pedesaan hingga perkantoran untuk menyupali listrik jika terjadi pemadaman listrik dari PLN. Sama halnya seperti alat yang lain, agar mesin genset selalu awet dan tahan lama, maka perawatan genset secara rutin harus selalu dilakukan.

Agar bisa langsung digunakan saat terjadi pemadaman, maka genset harus dirawat dengan baik. Banyak sekali genset yang gagal dioperasikan karena adanya berbagai masalah yang timbul karena perawatannya yang minim. Oleh karena itu agar genset selalu berada pada kondisi prima, Anda harus mengetahui cara merawat genset yang baik dan benar.

Tips Perawatan agar Mesin Genset Bisa Tahan Lama

Merawat mesin genset agar bisa tahan lama sebenarnya tidaklah sulit. Namun prosesnya harus dilakukan secara konsisten sehingga genset selalu siap digunakan kapanpun. Jika Anda seorang pemula maka ada beberapa perawatan genset yang bisa dilakukan. Beberapa diantaranya adalah:

1. Pahami Cara Pengoperasian yang Benar
Hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga mesin genset tetap tahan lama adalah dengan memahami cara pengoperasian yang benar. Dengan membaca buku panduan, Anda tentu bisa mengoperasikan genset dengan benar sehingga berbagai kesalahan yang bisa merusak mesin genset bisa dihindari.

2. Letakkan Genset di Lokasi yang Aman
Agar terhindar dari kerusakan atau bahkan ledakan genset, maka Anda harus menempatkannya di lokasi yang aman. Jika akan meletakkan genset, maka pilih tempat yang kering dan juga jauh dari terpaan sinar matahari yang bisa menyebabkan kerusakan pada genset. Dengan begitu mesin genset akan tetap awet dan tahan lama.

3. Pilih Lokasi Penempatan Genset dengan Sirkulasi yang Baik
Agar mesin dari genset yang dioperasikan dapat berjalan dengan aman, maka Anda harus memilih tempat yang memiliki sirkulasi udara yang cukup. Dengan adanya sirkulasi udara yang cukup, maka hasil pembakaran bisa langsung terbuang ke udara. Dengan begitu mesin genset dapat bertahan lama karena tidak akan cepat rusak.

4. Ganti Spare Part Genset yang Sudah Usang
Agar kondisi mesinnya tetap prima, maka Anda harus mengganti spare part yang sudah using dan tidak berfungsi secara berkala. Oleh karena itu jika Anda menemukan kerusakan pada satu komponen, segera ganti dengan yang baru.

Membiarkan komponen dan spare part rusak akan menyebabkan kerusakan total pada seluruh mesin. Jika sudah demikian tentu genset sudah tisak bisa digunakan lagi dan Anda harus menggantinya dengan genset baru.

5. Matikan Genset Jika Ditemukan Hal yang Mencurigakan
Ketika menjalankan genset adakalanya terjadi sesuatu yang eror pada genset entah suara yang terlalu kencang atau genset bergetar sangat kuat. Hal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal entah karena cara pengoperasiannya yang salah atau memang terjadi masalah pada mesinnya.

Jika seperti itu segera matikan genset dan cek ulang kondisi mesin pada genset.

6. Cek Kondisi Oli dan Ganti Secara Berkala
Agar kondisi mesin tetap terawat, maka Anda harus melakukan penggantian oli genset secara berkala. Sebelum melakukan penggantian, cek kondisi oli terlebih dahulu. Jika oli sudah berwarna hitam dan keruh dan juga volumenya sudah berkurang dari kadar normal, maka segera ganti oli. Umumnya penggantian oli dilakukan setiap 6 bulan sekali.

7. Jaga Selalu Kebersihan Genset
Genset bisa bertahan hingga jangka waktu yang laman juga dipengaruhi oleh faktor kebersihannya. Agar kondisi mesin genset tetap terjaga, maka Anda harus membersihkan genset secara rutin dari berbagai kotoran yang menempel seperti debu, minyak, air, dan kotoran lainnya.

8. Cek Kondisi Kabel Genset
Agar kondisi mesin tetap terjaga, Anda juga harus memperhatikan kondisi kabel-kabel genset. Cek apakah ada kerusakan atau tidak. Perawatan kabel genset juga merupakan salah satu hal penting untuk menjaga kondisi genset tetap baik.
Selain memperhatikan perawatan yang sesuai, pemilihan genset yang berkualitas juga penting dilakukan agar genset bisa awet dan tahan lama. Untuk mendapatkan Harga Genset Bhinneka, kunjungi website resminya.

Selain menghadirkan berbagai penawaran dan promo e-coupon yang menarik, proses pembayarannya juga sangat mudah dan cepat karena bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai macam metode pembayaran.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here