Berhemat dalam Rumah Tangga

0
2163

Sadar atau tidak, banyak orang berperilaku konsumtif dengan gaya hidup melebihi kemampuan finansial. Hal ini tentu akan membuat keuangan menjadi tidak sehat. Dan pada akhirnya, banyak sekali permasalahan di dalam sebuah rumah tangga yang disebabkan karena faktor ekonomi. Anda tidak mau bukan, kalau rumah tangga menjadi tidak harmonis?

Maka, menerapkan pola hidup hemat menjadi solusi yang harus dipilih dan dijalankan. Harus mulai dari mana? Berikut beberapa tipsnya.

1. Membuat daftar belanja
Merencanakan setiap pengeluaran dengan membuat daftar belanja adalah satu hal yang penting. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi kebocoran anggaran dengan pembelian barang-barang yang tidak dibutuhkan.

2. Gunakan listrik dan air bersih sesuai kebutuhan
Di rumah Anda pasti memiliki banyak barang elektronik yang menggunakan listrik. Memang, alat-alat elektronik sangat memudahkan kita dalam berbagai aktivitas. Namun penggunaannya juga harus tetap dikontrol. Listriknya tidak gratis bukan?

Selain mengontrol penggunaannya, Anda juga dapat memakai barang-barang elektronik yang tidak memakan banyak daya listrik. Seperti kulkas hemat energi, misalnya. Omong-omong soal kulkas, jangan lupa untuk menggunakan lemari es anti bau dan bakteri juga, ya. Karena bakteri yang ada di dalam kulkas akan mengkontaminasi makanan Anda. Banyak kasus keracunan makanan yang bermula dari sana. Anda tidak mau jadi korbannya juga bukan?

3. Jangan berbelanja dalam keadaan lapar
Di setiap pusat perbelanjaan biasanya selalu tersedia pujasera (pusat jajanan serba ada) atau biasa disebut food court. Berbelanjalah dalam keadaan kenyang jika Anda tidak ingin ada pengeluaran tak terduga karena tergoda oleh wewangian makanan yang ada di sana.

4. Jauhi kartu kredit
Kartu kredit memang memberikan kemudahan saat berbelanja. Namun dengan kemudahan tersebut Anda justru akan semakin “enteng” dalam penggunaannya. Bahayanya, jika Anda tidak pernah membuat list apa saja yang Anda beli menggunakan kartu kredit, tagihan Anda bisa saja membengkak dan membuat kondisi keuangan menjadi sulit tentunya!

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here