6 Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Mudah

0
1706
Cara mendapatkan uang dari internet
Ilustrasi (Kredit: Pixabay.com)

Ingin mendapatkan uang dari internet? Pasti donk. Namun, banyak dari kita melakukannya dengan cara yang salah dan juga tidak sabar. Padahal ada banyak cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah. Salah satunya, dengan membuat banyak sumber pemasukan.

Menciptakan banyak aliran pendapatan bukan hanya bicara soal teknik bertahan hidup, melainkan juga merupakan strategi untuk membangun kekayaan. Setidaknya begitulah ‘fatwa’ yang kerap kita dengar dari orang-orang yang melabelkan diri motivator atau penasehat keuangan.

Kalau ada yang mengatakan bahwa mendapatkan uang dari internet itu sangat mudah, jangan langsung percaya. Banyak yang sesumbar bahwa menghasilkan $1000 per bulan dari internet itu perkara gampang. Juga jangan percaya. Mereka tak hanya menipu Anda melainkan sedang menipu dirinya sendiri.

Biasanya orang seperti ini memiliki jurus ampuh: menawarkan e-book dan aplikasi yang mampu menghasilkan uang dengan cepat. Tidak ada mesin yang mampu menghasilkan uang secepat mesin ATM. Bahkan, mesin ATM saja baru bisa melaukannya kalau Anda memiliki banyak uang simpanan. Kalau tidak punya, maka Anda akan diusir secara menyakitkan: maaf, saldo Anda tidak cukup!

Karenanya, saat membaca artikel ini, Anda pun jangan langsung percaya. Kenapa? Membaca artikel motivasi tidak lantas membuat Anda langsung kaya mendadak. Tak ada skema kaya mendadak, kecuali orang yang menang lotre dan dapat warisan.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari internet? Belajarlah dari para miliarder dan jutawan. Mereka terbiasa memberi nasehat sederhana untuk orang yang ingin sukses: Anda perlu memiliki banyak sumber pendapatan! Karena menurut mereka, memiliki uang dari berbagai sumber bukan hanya teknik bertahan hidup, itu juga cara untuk membangun kekayaan.

Bagaimana cara jutawan menghasilkan uang?

Sebelum kita kupas lebih jauh cara mendapatkan uang dari internet, ada baiknya kita belajar dari jutawan bagaimana cara mereka menghasilkan uang. Berapa banyak sebenarnya sumber pendapatan/penghasilan yang mereka miliki?

Tidak usahlah kita menyebut Jeff Bezos, Mark Zuckernberg, Elon Musk atau Sergey Brin dan Larry Page. Atau mereka-mereka yang saban tahun masuk dalam daftar orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Sekadar diketahui, mereka menjadi miliarder bukan hanya dari satu bisnis saja, melainkan banyak sumber lain.

Penulis “Rich Habits”, Tom Corley mempelajari kebiasaan para jutawan selama studi lima tahun tentang si kaya dan si miskin. Dalam studinya, ia menemukan bahwa sebagian besar para miliarder memiliki beberapa sumber pendapatan. Menurut dia, sebesar 65 persen jutawan memiliki tiga sumber pendapatan; 45 persen memiliki empat sumber pendapatan; dan 29 persen dari mereka memiliki lima sumber pendapatan bahkan lebih.

Memiliki beberapa sumber aliran pendapatan sama seperti Anda mendiversifikasi portofolio investasi Anda. Misalnya, ketika satu aliran pendapatan tersumbat, maka yang lain menebusnya. Namun, jika semua sumber bekerja dengan baik, maka bersiap-siaplah meraup banyak uang.

Berikut adalah beberapa cara memulai menciptakan beberapa aliran pendapatan dalam hidup Anda sendiri. Katakanlah, Anda memiliki pekerjaan rutin/reguler maka yang harus Anda lakukan adalah membangun bisnis. Anda juga bisa menemukan beberapa aliran/sumber pendapatan untuk dimasukkan ke dalam bisnis yang sudah ada. Cara cari uang lainnya adalah dengan membuat sumber penghasilan pasif atau passive income.

Penghasilan pasif ini mengacu pada uang yang Anda peroleh tanpa harus menukar waktu Anda dengan dollar. Menurut beberapa penasehat keuangan, passive income ini merupakan bentuk akhir dari kebebasan finansial.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari internet?

Nah, lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah? Seperti kita tahu, dewasa ini mencari uang dari internet memang muda. Tapi, tak semuanya berhasil. Kaum muda milenial bahkan memanfaatkan internet untuk mencari penghasilan. Ini bukti bahwa mencari uang sekarang tidak berbatas ruang dan waktu lagi.

Selama ini saya pun mencari uang dari internet. Namun, jumlah yang saya terima belum sebanding dengan waktu yang saya alokasikan. Kalau dihitung, pendapatan dari internet yang saya peroleh setiap hari ini hanya cukup untuk mengganti biaya membayar minuman dan sebungkus rokok. Itu pula yang membuat saya terus saja penasaran dengan dunia digital ini. Ada orang yang begitu mudahnya mendapatkan $1000 per bulan, sementara saya selalu gagal.

Rupanya, setelah dipikir-pikir, saya belum terjun total mencari uang dari internet. Itu misalnya tampak dari minimnya konten blog yang saya hasilkan. Selain itu, trafik blog saya masih kecil, belum mampu mencapai 100 ribu pageviews per hari. Padahal, saya sudah membuat kalkulasi (berdasarkan performa blog saya), bahwa kalau mampu menghasilkan 100.000 pageviews maka saya bisa menghasilkan 20-40 dollar per hari. Makanya, trafik blog menjadi salah satu resolusi saya di tahun 2019 ini.

Dari mana saja sumber penghasilan di internet?

1. Safelink Blogger
Safelink Blogger menjadi mainan baru para blogger di Indonesia untuk mendulang rupiah. Bahkan, platform layanan URL Shortener tersebut mulai menjadi idola para blogger. Meskipun masih baru, Safelink Blogger memiliki rate cpm (per seribu tayang) yang lebih tinggi dibanding platform sejenis.

Cara kerja layanan perpendek ini pun sangat mudah dan sederhana. Siapa pun bisa melakukannya tanpa harus memiliki keahlian khusus. Kita hanya perlu memperpendek sebuah link yang menarik, kemudian membagikannya kepada kolega atau melalui media sosial. Bagaimana kita dibayar? Kita akan mendapatkan bayaran untuk setiap orang yang mengunjungi link yang sudah kita perpendek tersebut.

2. Steemit
Ketika Steemit sedang booming awal 2017, banyak kreator konten mencari penghasilan dari platform blog berbasis blockchain itu. Soalnya, mencari coin yang bisa dikonversi ke bitcoin melalui steemit sangat mudah. Saat itu, harga 1 STEEM berkisar antara Rp100 ribu-Rp120 ribu. Sementara harga SBB pernah mencapai angka Rp170 ribu per 1 SBD. Alhasil, banyak kreator konten bisa menghasilkan paling sedikit Rp500 ribu setiap hari dari memposting konten.

Kini, seiring anjloknya harga Bitcoin yang berpengaruh terhadap mata uang kripto lain, pendapatan seorang kreator konten di Steemit juga menurun. Rata-rata seorang kreator hanya mampu menghasilkan 1-2 Steem dari postingan. Kalau dikonversi ke rupiah berarti hanya mendapatkan Rp12 ribu. Namun, kalau digabung secara keseluruhan (termasuk Steem Power) mereka bisa meraup Rp20 ribu dari satu postingan. Jauh sekali penurunannya dibanding setahun yang lalu.

3. UC News
Awalnya, UC News sangat menjanjikan. Platform besutan Alibaba itu pernah menjadi tambang uang para kreator konten. Di platform ini, pendapatan seorang kreator dihitung berdasarkan jumlah views dari setiap konten yang tayang di UC News. Misalnya, untuk artikel yang mendapatkan 10 ribu views, bisa mendapatkan $1. Kini, banyak kreator mengaku, pendapatan mereka menjadi kecil. Untuk artikel yang memiliki views 40 ribu hanya memperoleh $2. Itulah alasan kenapa banyak yang ingin berhenti menulis di UC News.

4. Program Mitra Quora
Belakangan ini, Quora menjadi salah satu sumber yang dapat diandalkan untuk mencari dollar di internet. Program Mitra Quora yang baru dibuka untuk Quoran di Indonesia membayar pengguna atas setiap pertanyaan yang diajukan. Menariknya, tidak ada batasan berapa pendapatan yang bisa dihasilkan oleh seorang mitra. Dengan semakin banyak bertanya, berarti semakin besar pendapatan yang diperoleh.

Hanya saja, untuk menjadi mitra, seorang pengguna harus diundang untuk bergabung terlebih dahulu. Tidak ada yang tahu apa kriteria agar seseorang diundang menjadi mitra. Sepertinya, mereka yang diundang dipilih secara acak. Sejauh ini, baru ada sekitar 300-an pengguna yang sudah menjadi mitra quora.

5. Unggah Video ke Facebook
Cara mendapatkan uang dari internet juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan Facebook. Media sosial besutan Mark Zuckerberg itu mulai mengikuti jejak Google, yaitu membayar para kreator video. Seseorang yang ingin menghasilkan uang dari mengunggah video ke Facebook, harus memiliki halaman (page) dengan jumlah 10 ribu pengikut. Untuk bisa mengaktifkan jeda iklan (monetisasi), seorang kreator harus memiliki 30.000 tayangan satu menit pada video yang berdurasi minimal 3 menit selama 60 hari terakhir.

6. Bikin Channel YouTube
YouTube masih menjadi sumber pendapatan utama para kreator di internet. Hanya dengan mengunggah video, mereka sudah bisa menghasilkan uang. Namun, belakangan ini, YouTube membuat peraturan baru untuk bisa menghidupkan fitur monetisasi. Yaitu, seorang YouTubers harus memiliki 1000 subscriber, dan sudah mencapai 4000 jam tayang. Jadi, kalau ingin menghasilkan uang dari YouTube wajib punya channel dengan 1000 subscriber dan sudah memiliki 4000 jam tayangan.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah.

NOTE: Tulisan ini masih berupa rintisan.