Coba Sosiago Influencer Marketing: Cara Mudah Monetisasi Blog

0
738
coba sosiago influencer marketing
Coba sosiago influencer marketing

Sudah pernah coba sosiago influencer marketing? Kalau belum, tulisan ini mungkin cocok menjadi sumber inspirasi bagi Anda yang ingin mencoba Sosiago, sebuah platform influencer marketing asli Indonesia.

Sebagai informasi, Sosiago adalah re-branding dari iBlogMarket, sebuah broker yang mempertemukan antara advertiser dan influencer dalam sebuah platform yang sama-sama menguntungkan.

Sosiago membantu advertiser menemukan influencer yang tepat untuk tujuan promosi marketing. Sementara bagi influencer, sosiago bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari aktivitas online.

Nah, kalau Anda adalah seorang blogger aktif, punya banyak follower di media sosial, dan ingin mendapatkan tambahan penghasilan dari internet, saya sangat merekomendasikan untuk melirik Sosiago.

Sebagai platform influencer marketing, SOSIAGO bertindak memediasi dan menghubungkan para influencer dengan pemilik brands/advertiser yang sudah terdaftar di dalam platform sosiago.

Dewasa ini, internet marketing sudah tumbuh pesat, dan banyak advertiser kini lebih memilih promosi secara digital. Bahkan, mereka bersedia membayar lebih mahal demi membangun branding perusahaan mereka. Mereka tidak perlu lagi harus jor-joran mengeluarkan dana untuk biaya iklan di media konvensional seperti koran dan radio. Selain membutuhkan biaya besar, dampaknya juga tidak seberapa, apalagi kalau target mereka adalah kaum milenial.

Kalian pasti bertanya-tanya, makhluk apalagi itu SOSIAGO sampai-sampai situs acehpungo.com perlu memberi perhatian khusus, serta menulis review-nya segala. Inilah yang akan kita kupas dalam tulisan coba sosiago influencer marketing ini.

Apa itu Sosiago

Ceritanya begini, pada 18 Oktober 2018, saya menerima sebuah email dengan subyek “Terima Kasih.” Saya sempat penasaran, “Terima kasih untuk apa?” begitu terbersit di kepala saya.

Karena penasaran, saya membuka email yang pengirimnya iBlogMarket dan membacanya sekilas. Isinya, melalui email tersebut iBlogMarket memberi tahu para influencer (member-nya) soal re-branding iBlogMarket menjadi SOSIAGO Indonesia.

“…Untuk itu, hari ini, pada tanggal 18 Oktober 2018, kami resmi re-branding iBlogMarket menjadi SOSIAGO,” tulis sang pengirim. Mereka beralasan bahwa perubahan itu penting dilakukan setelah melihat perkembangan trend influencer marketing saat ini.

“Kami menyadari pentingnya untuk bisa beradaptasi dan berkembang mengikuti trend sehingga dapat ikut bersaing dan melakukan inovasi di masa depan,” tulis mereka, memberi alasan.

Belum hilang rasa penasaran saya, semenit kemudian masuk lagi sebuah email lain, kali ini pengirimnya berbeda: SOSIAGO Indonesia, dengan subyek yang berbeda pula: Campaign Baru – Lihat Penawaran OFFERING BID Terbaru.

Saya baru ingat, tiga tahun lalu pernah mendaftarkan blog di iBlogMarket untuk mendapatkan job review dan article placement. Email dengan subyek tersebut sudah sering saya terima, tapi sering saya abaikan. Jarang sekali saya mengajukan blog saya untuk mendapatkan job review atau article placement dari mereka.

Alhasil, sejak mendaftar hampir tiga tahun lalu hingga mereka berganti nama menjadi SOSIAGO Indonesia, belum sekali pun blog saya menerima jobs atau task. Teman-teman blogger lain mengaku mendapatkan tambahan penghasilan dari iBlogMarket. Jumlah yang mereka peroleh tentu saja lebih dari cukup untuk mentraktir ngopi kawan-kawannya.

Saya menangkap keseriusan di balik re-branding iBlogMarket menjadi SOSIAGO ini. Mereka menginginkan SOSIAGO menjadi ‘rumah baru’ yang lebih mengasyikkan dan bersahabat bagi seluruh social media influencer.

Tidak hanya hanya bagi para blogger saja seperti selama ini, melainkan juga bagi selebgram, buzzer dan youtubers.

Pihak Sosiago ingin menjadikan SOSIAGO sebagai platform All-in One Influencer Marketing pertama di Indonesia, yang ditandai dengan penambahan banyak fitur andalan. Inilah yang membuat sosiago sebagai influencer marketing patut dilirik.

Coba Sosiago Influencer Marketing

Karena tertarik dengan brand baru mereka, saya pun kemudian merasa perlu untuk Coba SOSIAGO influencer marketing. Sebagai platform influencer marketing, SOSIAGO membantu brands menemukan influencer yang tepat. Brands hanya membutuhkan waktu 60 detik saja, dengan biaya terjangkau dan transparan.

Artinya, jika influencer (blogger, buzzer, youtubers atau selebgram) tidak mengerjakan task/campaign yang sudah diberikan, maka uang yang telah dibayarkan itu akan kembali kepada pemilik brands.

Sosiago Influencer Marketing
Coba sosiago influencer marketing

Sementara bagi influencer, SOSIAGO merupakan sarana untuk mendapatkan penghasilan dari aktivitas blogging dan bermedia sosial. Pendapatan yang akan diterima dari platform influencer marketing ini sangat bervariasi tergantung pada kemampuan brands untuk membayar.

Kalau ingin mendapatkan pundi-pundi rupiah yang lebih banyak, blogger dan influencer media sosial bisa terlibat dalam banyak campaign. Saya sempat melihat pada daftar campaign, harga untuk sebuah postingan lebih dari Rp100.000.

Kalau dipikir-pikir, nilainya tentu saja kecil. Tapi, lihatlah sisi positifnya, bahwa SOSIAGO tidak main-main membangun platform influencer marketing berpengaruh di Indonesia. Mereka ingin menyederhanakan proses dan waktu bagi brand dalam mencari influencer yang tepat.

Bagi blogger pemula, sosiago bisa menjadi salah satu cara monetisasi blog secara sederhana untuk mencari pendapatan tambahan dan uang dari kegiatan nge-blog. Dengan memanfaatkan Sosiago, kita tidak perlu bersusah-payah mencari pemasang iklan atau order tulisan. Pihak sosiago yang akan mencari brands/advertiser untuk kita.

Kita hanya perlu mendaftar (joint campaign) untuk mendapatkan article placement yang biasanya disesuaikan dengan kategori blog (di mana kita bisa mendaftar beberapa blog sekaligus). Blog kita kemudian di-review apakah layak mendapatkan task atau tidak.

Sekilas memang mirip dengan proses lelang, di mana kita harus bersaing dengan banyak blogger lain yang juga ingin mendapatkan job article placement. Yang harus kita lakukan adalah memeriksa email secara rutin untuk memantau task, dan kemudian mendaftar “joint campaign”.

Pengalaman Mencoba Sosiago Influencer Marketing

pendapatan dari sosiago influencer marketing

Sejak mendaftar blog saya, acehpungo.com, pada November lalu, saya sudah mendapatkan empat (4) task di mana masing-masing dibayar Rp112.500 untuk satu artikel sepanjang 300 kata. Asiknya, semua konten sudah disiapkan dan kita tinggal mempublikasikan saja.

Memang, setelah 3 bulan aktif di Sosiago jumlah task yang saya terima masih terbilang sedikit dibanding blogger lain yang lebih senior. Dari 17 campaign yang saya join, baru 4 task saya terima dan semuanya kini berstatus approved.

Awalnya pendapatan dari 4 task tersebut yang belum mencapai angka satu digit mau saya anggap sebagai uang celengan. Namun, pada Kamis pertengahan Januari kemarin, saya mendapatkan konfirmasi bahwa pembayaran dari Sosiago sudah masuk ke rekening saya. Setelah saya cek, memang benar ada dana masuk sebesar Rp420 ribu. Ini sudah lebih dari cukup untuk biaya minum kopi.

Bagi Anda yang merasa dirinya influencer media sosial (youtubers, instagramer, dan buzzer), sudah saatnya Coba SOSIAGO Influencer Marketing sebagai salah satu cara dan medium memperoleh tambahan penghasilan dari aktivitas online dan blogging. Minimal, waktu dan aktivitas bermedia sosial Anda tidak terbuang percuma. Berminat, coba cari tahu informasinya di SOSIAGO.[]