Do Karim Adakan Festival Film Iran

1
222

Banda Aceh-Sekolah Menulis Dokarim kembali dengan Festival Film Iran. Pemutaran film ini bertempat di Minima Theater Episentrum Ulee Kareng Banda Aceh pada tanggal 9-13 Maret 2012. Film yang akan diputar merupakan film-film ternama dari Iran.

Menurut Ketua Panitia Pagelaran Festival Film Iran, Akmal M. Roem, kegiatan ini terjadi dalam rangka “Pekan Budaya Republik Islam Iran” yang juga berlaku serentak di beberapa kota di Sumatera dan Jakarta. Festival Film Iran ini amat penting untuk menjalin silaturahmi kebudayaan serta memperkuat kemesraan sosial antar sesama komunitas Islam dunia.

“Juga paling utama untuk saling belajar tentang bagaimana model-model penerapan syariat Islam di negara paling kuat dan berkarakter di kawasan Timur-Tengah, di tengah dinamika modernitas yang terus bertumbuh pesat. Festival Film ini didukung sepenuhnya oleh Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Jakarta.”

Dalam Festival Film Iran pertama yang digelar di Aceh, Sekolah Menulis Dokarim yang juga secara rutin setiap akhir tahun menggelar Festival Film Arab, akan memutar 9 film panjang (feature) dengan banyak tema. Film-film dengan judul seperti  Kerajaan Nabi Sulaiman, Osemon-e Hasytom (Langit kedepalan) Charkh (Gerobak) dan Hayat (Kehidupan) membawa tema semisal keluarga, persahabatan, mimpi kanak-kanak, dan kisah para Nabi.

“Semua film berlaku untuk semua umur dan sudah disulih-suara (dubbing) ke dalam bahasa Indonesia sehingga memudahkan pemahaman atas jalan untuk para penonton. Festival Film Iran ini juga terbuka untuk umum dan tidak dikutip wang tiket alias gratis,” tambah Akmal.[rel]

1 KOMENTAR

Comments are closed.