DSI Latih 42 Qari-Qariah Aceh

0
113

Banda Aceh– Lembaga Pengembangan Tilawatir Quran (LPTQ) melakukan pembinaan secara insentif pada 42 Qari Qariah Aceh dari berbagai cabang, Senin (12/3). Qari-Qariah terbaik Aceh yang terpilih melalui seleksi ketat, dilakukan oleh LPTQ Aceh beberapa bulan yang lalu.

“Dari 150 Qari-Qariah yang ikut seleksi, hanya 42 peserta yang dinyatakan lulus dan mereka akan mewakili Aceh pada MTQ Nasional ke XXIV di Ambon pada bulan Juni 2012,” demikian disampaikan Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Prof Dr. H. Rusjdi Ali Muhammad, SH, saat mengunjungi pembinaan Qari-Qariah dikomplek keistimewaan Aceh.

Selama 3 bulan ke depan sejak Maret hingga Juni 2012, LPTQ Aceh lebih fokus untuk melakukan pembinaan secara marathon kepada Qari-Qariah. Ini dilakukan guna persiapan kontingen Aceh menghadapi MTQ Nasional ke XXIV yang diselenggarakan di Ambon.

“Pembinaan yang melibatkan pelatih nasional ini, diharapkan mampu meningkatkan status peringkat Aceh dari sebelumnya,” ujar Kadis DSI Aceh.

Pihaknya yakin, Qari-Qariah Aceh bisa bangkit dan mampu memberikan yang terbaik untuk daerah ini sebagai daerah kebanggaan Syariat Islam.

“Jika menjaga disiplin dengan baik.”

Rusjdi, menambahkan, untuk pertama kali pembinaan Qari-Qariah dalam menghadapi MTQ Nasional dipercayakan kepada Dinas Syariat Islam Aceh. Ini merupakan tugas berat yang dibebankan pada DSI, namun mereka optimis mampu mempersembahkan yang terbaik untuk masyarakat Aceh.

“Kami berharap doa untuk menyukseskan program pembinaan yang sedang berlangsung di komplek keistimewaan Aceh,” imbuh mantan Rektor IAIN Ar-Raniry

Adapun nama cabang yang akan diikutsertakan dalam MTQ dan pembinaan tersebut, antaranya cabang Tilawah, Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia, Cabang Tilawah, Cabang Tilawah, Cabang Qiraat Sab’ah, Cabang Syarhil, Cabang Bahasa Arab, dan Cabang Fahmil, Cabang tahfid, Cabang 1 Juz dan 5 Juz, Cabang Bahasa Inggris dan Cabang Khaththil Quran.[rel]