Festival Film Arab Hadir di Ulee Kareng

323

Banda Aceh – Sekolah menulis Do Karim gelar Festival Film Arab selama empat hari, mulai Selasa (6/12). Senarai Festival ini juga mengadakan diskusi film dan budaya pada malam pembukaan.

“Pemutaran film tersebut, bertempat di Episentrum Episentrum Ulee Kareng, Banda Aceh, sebuah ruang budaya swasta pertama di Aceh, dengan jadwal putar film dari pukul 16.00 wib hingga 22.00 wib setiap hari,” terang Akmal M. Roem, aktivis budaya Do Karim.

Menurutnya, festival film ini juga akan menampilkan sebuah film berjudul Captain Abu Raed karya sutradara Yordania, Amin Matalqa. Setelah sebelumnya beberapa kali memutar film Eropa dan ke depan kiranya, akan ada Festival Film China atau Hindustan, kali ini mereka mengambil inisiatif memutar film Arab, sebagai perwakilan empat kebudayaan besar yang kelak membentuk akronim (anekdot) menjadi sebuah Festival Film A-C-E-H.

“Tentu akan muncul titik singgung penting  antara sejarah kebudayaan Arab dan proses Islamisasi di seluruh dunia,” ujarnya.

Dalam Festival Film Arab tersebut, Akmal menuturkan akan menghadirkan dua pembicara yang membuka wacana, yakni Ekky Imanjaya, kritikus Film dari Jakarta dan Saifuddin Bantasyam, pengamat sosial dari Aceh. Film–film yang akan diputar selama festival antara lain:  The Song of Sparrows (Iran), Hassan & Marcus (Mesir), dan Jasmin Birds (Syria).

“Sebagian film ini masih bersarikata (subtitle) Inggris sederhana dan mudah dipahami,” jelasnya.[]

 


 

Tinggalkan komentar Anda