Google Play Tidak Lagi Gratis untuk Pembuat Ponsel Android di Eropa

1
173

ACEHPUNGO.COM – Berbulan-bulan setelah dikenakan denda $5 miliar oleh Uni Eropa, Google membuat perubahan besar pada kebijakannya di Eropa: Google Play tidak lagi gratis untuk pembuat ponsel android di Eropa.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Google akan mengenakan bayaran untuk pembuat ponsel Android yang ingin menjual perangkat dengan Google Play Store dan aplikasi lain yang sudah terpasang sebelumnya.

Di bawah peraturan Eropa baru, yang diperinci oleh wakil presiden senior platform Google Hiroshi Lockheimer, pembuat ponsel Android yang ingin menjual perangkat dengan layanan Google yang sudah terpasang di Eropa harus membayar biaya lisensi kepada Google.

Biaya lisensi itu untuk Play Store dan aplikasi lain (seperti Gmail dan YouTube) tetapi tidak termasuk Google Search atau Chrome, yang keduanya akan tetap tersedia untuk original equipment manufacturer (OEM) 

Google Play tidak lagi gratis

Seperti dikutip dari laman Mashable.com, Rabu (17/10/2018), Google akan, untuk pertama kalinya, memungkinkan pembuat ponsel Android untuk mengirim perangkat dengan Play Store yang sudah dipasang sebelumnya meskipun mereka menjalankan versi Android “forked” (versi khusus Android yang dikembangkan secara independen dari Google). Variasi Android ini telah lama populer di luar AS, tetapi Google tidak secara khusus mengizinkan layanannya untuk dikirimkan pada varian “tidak resmi” ini, dengan Amazon’s FireOS menjadi pengecualian.

Perubahan kebijakan Google tersebut terjadi setelah regulator Eropa mendenda Google lebih dari $5 miliar untuk pelanggaran antitrust terkait Android. Namun, kebijakan Google ini dianggap tidak fair, karena mengharuskan pembuat ponsel Android untuk melakukan pra-instal Google Search, Chrome, dan layanan lainnya di handset sebagai imbalan untuk dapat menggunakan sistem operasi Android secara gratis. Regulator mengatakan ini memberi Google keuntungan yang tidak adil atas pesaing, karena Google Play tidak lagi gratis.

Dalam pernyataannya, Lockheimer menekankan bahwa Google tetap berkomitmen untuk menjaga Android “gratis dan open source,” meskipun ada perubahan baru, dan mencatat bahwa perusahaan masih menarik keputusan E.U. []

Image source: pixabay.com; mashable.com

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here