Google Files: Meningkatkan Kinerja dan Menghemat Ruang Ponsel

0
145
Google Files

ACEHPUNGO.COM – Pengguna ponsel cerdas (smartphones) kerap mengeluh ruang penyimpanan cepat penuh dan kinerja gawai semakin lemot. Kini, dengan Google Files, kita dapat meningkatkan kinerja dan menghemat ruang ponsel hanya dalam beberapa tap saja.

Biasanya, ketika mengalami kondisi kinerja ponsel lambat dan ruang penyimpanan penuh, kita akan menghapus beberapa file seperti foto, video atau dokumen lainnya demi menghemat ruang dan meningkatkan kinerja ponsel. Sekarang, kalian hanya butuh Google Files, sebuah aplikasi dari Google sebagai solusi menghemat ruang smartphone.

Google Files membantu kita melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, semudah menggerakkan telunjuk di layar handphone: mengosongkan ruang ponsel, menemukan file dengan cepat, dan membagikan file secara offline tanpa menguras kuota. Meski gratis, layanan berbagi file secara offline layak diandalkan, karena memiliki kecepatan hingga 480 Mbps.

Google Files

Aplikasi Google Files bukan aplikasi baru, tapi sudah dirilis sejak 1 Desember 2017. Aplikasi ini diupdate terakhir kali pada 5 November 2018, dan sejauh ini sudah diunduh lebih dari 50 juta kali. Ini sebagai pertanda bahwa aplikasi ini benar-benar berguna bagi pengguna ponsel cerdas.

Berdasarkan informasi dari layanan Google Play, Files didedikasikan sebagai aplikasi pengelolaan file. Google Files memiliki fungsi yang sangat canggih, yaitu mengosongkan ruang dengan rekomendasi pembersihan; menemukan file lebih cepat dengan penelusuran dan pencarian yang sederhana; membagikan file offline dengan pengguna lain secara cepat dan tanpa kuota; dan mem-backup file ke cloud (komputasi awan) untuk lebih menghemat ruang di perangkat/gawai.

Google Files

Apa yang membuat Google Files berbeda dengan aplikasi sejenis yang berfungsi untuk menghemat ruang dan meningkatkan kinerja ponsel? Sebagai pengguna ponsel kita sering mendapati istilah dan frasa yang cukup rumit ketika hendak menghapus file, dan kita menjadi bingung sendiri karenanya. Padahal, yang ingin kita lakukan hanyalah menghapus beberapa file tidak penting, dan menyimpan beberapa sisanya. Itu saja. Kini, dengan aplikasi pengosongan ruang dari Google ini, kita dapat melakukannya dengan mudah dan tidak membuat bingung. Sebab, kita tahu file mana yang penting dan mana yang tidak penting.

Menggunakan Google Files dapat meningkatkan kinerja dan performa ponsel milik kita. Soalnya, secara berkala Google Files akan memberi saran kepada kita untuk menghapus beberapa file sampah atau file sementara demi menghemat memori dan mengosongkan ruang penyimpanan.

Google Files

Reputasi Google sebagai mesin pencari tercanggih di dunia juga hadir di Google Files. Melalui Files by Google kita dapat menelusuri file atau membuka langsung melalui kategori dan filter. Dengan demikian kita bisa melakukan dan memperlakukan file di ponsel kita menurut kebutuhan: melihat file, menghapus, memindahkan, mengganti name file, atau membagikan kepada kolega. Semua itu dapat kita lakukan hanya dengan beberapa klik saja.

Jadi, bagi Anda yang kerap mengeluh kinerja gawai lemot dan ruang penyimpanan yang cepat penuh, sudah saatnya menggunakan Google Files. Aplikasi ini tidak akan menghabiskan ruang penyimpanan di ponsel Anda, karena ukurannya kurang dari 10 MB. Sebagai pengembangnya, Google menjaga aplikasi Files ini bebas dari malware atau bloatware, yang sering membuat ponsel kita jadi lemot.

Google Files

Tidak sabar ingin menjajal aplikasi ini? Silakan buka Google Play, cari Google Files atau Files saja. Segera intall. Atau bisa juga langsung download dari link berikut ini: Files by Google.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here