HBO Hapus “Cangkir Kopi” di Game of Thrones 8 Episode 4

1064
Coffee Cup GoT8 Eps 4
Gelas Kopi di Game of Thrones 8 Episode 4. Foto: Gizmodo.com

Serial Game of Thrones 8 Episode 4 yang tayang di HBO pada Minggu (5/5/2019) malam menuai banyak kecaman dari netizen, terutama terkait kematian Rhaegal dan Missandei yang terkesan dipaksakan. Namun, bagi yang mengikuti serial ini sejak musim pertama, ‘kejutan’ demikian sudah sering terjadi.

Dan, puncaknya para penggemar “Game of Thrones” membanjiri internet dengan lelucon tentang sebuah adegan pada episode 4, yaitu keberadaan cangkir kopi yang tidak pada tempatnya, dan tidak patut hadir di dunia fantasi. Kesalahan itu ditutupi oleh HBO dengan menghapusnya, dan menulis ulang sejarah Westerosi.

Seperti kita saksikan bersama, pada sebuah adegan di aula pertemuan Winterfell, saat orang-orang yang selamat dari perang melawan orang mati, muncul sebuah scene yang memperlihatkan gelas kopi di atas meja di sebelah Daenerys Targaryen. Gelas kopi yang menyerupai cup sebuah merek terkenal itu segera menjadi viral di media sosial dan jadi liputan utama banyak media online.

Menyadari kekeliruan yang cukup fatal iji, kurang dari 48 jam setelah episode 4 tayang, pihak HBO menghapus cangkir tersebut dari serial untuk platform streaming HBO. Juru bicara HBO mengonfirmasi bahwa di masa depan, cangkir itu tidak akan terlihat lagi pada pertunjukan TV Kabel.

Benar, Night King yang menakutkan itu telah gagal untuk “menghapus memori Westeros” seperti diungkapkan oleh Bran Stark, tapi HBO mampu melakukannya dengan menggunakan keajaiban pengeditan digital.

The Verge adalah salah satu media yang pertama melaporkan perubahan, dan bahkan membuat GIF keren. Setidaknya kita sudah memiliki cara unik mengonsumsi media hiburan dengan kehadiran pengeditan digital.

Dalam episode 4 berjudul “The Last of the Starks,” adegan awal menunjukkan sekelompok karakter yang merayakan dengan cahaya lilin setelah mengalahkan pasukan mayat hidup di Episode 3. Untuk sesaat, secangkir kopi dapat dilihat di atas meja di depan Daenerys Targaryen, yang dikenal sebagai “Ratu Naga,” yang sedang dalam misi untuk membersihkan dunia para tiran dengan biaya berapa pun.

Basis penggemar yang obsesif pada acara itu, tentu saja, dengan cepat membuatnya jadi bahan olok-olok di media sosial.

Banyak penggemar bercanda bahwa itu adalah pesanan Starbucks, dan perusahaan kopi itu sendiri menumpuk dengan lelucon tentang “Minuman Naga,” ramuan merah muda yang manis. Tapi itu rupanya gelas yang dibuat untuk melayani pemeran yang ingin menikmati kopi dalam perjalanan.
Game of Thrones 8 Episode 4
HBO akhirnya mengakui membuat kesalahan, juga, mengatakan bahwa Daenerys sebenarnya “memesan teh herbal.” Kejadian ‘aneh’ itu setidaknya mengonfirmasi bahwa serapi apapun kerja tim kreatif sebuah film, tetap saja menyisakan kesalahan. Kesalahan ini tentu saja harus ditimpakan kepada penanggung jawab properti yang tidak jeli melihat hal-hal kecil ini.

Nah, jika sebelumnya Anda melihat scene gelas kopi pada episode 4, terutama pada menit 17 dan 38 detik, maka ke depan Anda tidak akan pernah melihatnya lagi. Pihak HBO sudah menghapus ‘gelas kopi’ dalam episode di HBO Go atau HBO Now.