Jembatan Peureulak Terancam Ambruk

0
252
Jembatan Peureulak

Idi—Satu unit jembatan yang terletak di lintasan jalan negara Medan- Banda Aceh di kawasan Kampung Beusa, Peureulak, Aceh Timur, kini terancam ambruk. Pasalnya, kontruksi besi dan aspal pada sambungan jembatan rangka  baja tersebut sudah hancur. Bahkan saat dilintasi kendaraan berbadan besar mengakibatkan jembatan bergetar.

Amatan Aceh Corner, Minggu (25/12), sambungan jembatan itu semakin kritis dan telah mengakibatkan lubang menganga. Lubang tersebut kian mengancam keselamatan pengendara baik roda dua maupun roda empat. Pengendaraan terpaksa melambatkan laju kendaraannya saat melintas pada sambungan jembatan. Ada sekitar 4 titik sambungan jembatan yang kondisinya berlubang.

Rosiana (20), salah seorang pengendara sepeda motor mengaku, jika tidak segera diperbaiki, maka lubang di atas jembatan yang terdapat pada sambungannya sangat mengancam pengguna jalan. Tidak hanya lubang pada sambungan jembatan, kata dia, di atas ruas jembatan juga kini sudah bertabur lubang.

“Pihak terkait memang sudah beberapa kali memperbaiki dengan cara menempel lubang itu,  tapi masih belum efektif,” kata Rosiana.

Menurut dia, jika benar- benar jembatan itu ambruk nantinya, bisa dipastikan tidak ada jalan lain bagi  warga yang hendak berpergian dari Banda Aceh ke Medan atau sebaliknya.

“Jika ini terjadi, maka Aceh semakin terancam secara ekonomi dan sosial. BMCK provinsi harus terus memantau keberadaan jembatan yang menjadi urat nadi warga ini,” demikian Ana.[]