KIP Aceh Usulkan Munawar sebagai Sekretaris

0
198

Banda Aceh – Menyongsong penetapan calon oleh KIP pada Jumat (30/12) besok,  para komisioner KIP Aceh melakukan rapat membahas posisi sekretaris KIP yang akan ditinggalkan oleh Djasmi Has, Kamis (29/12).  Dalam rapat pleno yang berlangsung itu, akhirnya para komisioner KIP Aceh sepakat untuk mengusulkan agar pelaksana tugas (Plt) Sekretaris KIP Aceh diisi oleh orang dalam. Sosok yang ditunjuk oleh komisioner KIP adalah Drs Munawar, yang selama ini menjabat sebagai Kepala Bagian (Kabag) Keuangan, Umum dan Logistik.

Hasil rapat pleno tersebut akan segera disampaikan Ketua KIP Aceh ke Gubernur, untuk selanjutnya meminta persetujuan. “Jika Pemerintah Aceh sudah memberikan rekomendasi, selanjutnya kita akan mengirim surat ke Sekjen KPU di Jakarta untuk melantik beliau,” kata Ketua KIP Aceh Abdul Salam Poroh.

Munawar dianggap sebagai figur yang cocok yang menempati posisi sebagai pelaksana tugas Sekretaris KIP Aceh  mengigat ia adalah seorang staf senior di KIP Aceh.  Lagi pula gaya komunikasi  Munawar dianggap sangat baik, sehingga cocok bekerjasama dengan komisioner KIP.

Jika usulan KIP ini diterima, maka Munawar akan dilantik untuk menjabat posisi sekretaris paling lama enam bulan. Sebelum Munawar dilantik, wewenang dan tanggungjawab sekretariat KIP masih dipegang oleh sekretaris sebelumnya.

Sedangkan Sekretaris sebelumnya, Djasmi Has,  terpaksa meninggalkan jabatan itu karena harus fokus berkompetisi dalam Pemilukada. Djasmi Has maju sebagai calon wakil bupati di Kabupaten Nagan Raya berpasangan dengan  H Asib Amin. Pasangan ini maju melalui jalur perseorangan.

Djasmi sendiri mengaku siap melepas jabatan itu setelah ia dinyatakan sebagai calon dalam Pemilukada di Kabupaten Nagan Raya. “Begitu hasil verifikasi menyatakan saya dan Pak Asib Amin lolos sebagai calon, saya akan mundur dari Sekretaris KIP Aceh,” katanya.   Djasmi sangat yakin kalau ia dan pasangannya akan menjadi lolos menjadi calon dalam Pemilukada ini, makanya persiapan untuk mundur dari Sekretaris KIP Aceh sudah ia lakukan. []