KIP Targetkan Tingkat Partisipasi Pemilih 75 Persen

0
322

Banda Aceh– Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menargetkan tingkat partisipasi pemilih pada pilkada gubernur dan wakil gubernur minimal mencapai 75 persen dari 3,2 juta pemilih.

“Kami berharap target ini bisa tercapai, sehingga bisa melebihi partisipasi masyarakat memilih pada pemilu legislatif dan pemilu presiden 2009 lalu,” kata Yarwin Adi Dharma, komisioner KIP Aceh di Banda Aceh, Kamis (5/1).

Menurut dia, tingkat partisipasi masyarakat pada pemilu legislatif dan pemilihan presiden pada 2009 di atas 70 persen. Karena itu, KIP menargetkan tingkat partisipasi pilkada di atas persentase pemilihan umum sebelumnya.

“Kalau bisa, tingkat partisipasi pada pilkada 2012 ini melebih target. Paling tidak di atas 80 persen. Tingkat partisipasi pilkada ini bisa menjadi tolok ukur pemilu di masa mendatang,” katanya.

Ia mengatakan, tingkat partisipasi pemilih tersebut bisa meningkat kalau masyarakat menyadari pentingnya menggunakan hak pilih pada pilkada dijadwalkan 16 Februari 2012.

“Kami, KIP Aceh, mengajak semua masyarakat yang sudah terdaftar sebagai pemilih berpartisipasi aktif menggunakan hak politiknya dalam menentukan kepala daerah untuk lima tahun ke depan,” ujarnya.

Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Aceh digelar 16 Februari 2012. Pemilihan tersebut digelar serentak dengan pilkada 17 bupati/wali kota dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh

Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Aceh diikuti empat kontestan, yakni pasangan Tgk Ahmad Tajuddin-T Suriansyah, Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan, Darni M Daud-Ahmad Fauzi, dan Muhammad Nazar berpasangan dengan Nova Iriansyah.[Antara]